PENGARUH AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESA WISATA BATULAYANG CISARUA, KABUPATEN BOGOR

  • Andika Purnama Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia
Keywords: Aksesibilitas, Desa Wisata, Batulayang, Minat Berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aksesibilitas terhadap minat berkunjung wisatawan di Desa Wisata Batulayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel alternatif jalan dan kondisi jalan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,328 dan 0,549. Sebaliknya, jarak tempuh dan alat transportasi memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,001. Waktu tempuh, meskipun dipertimbangkan oleh sebagian wisatawan, tidak menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,310. Secara simultan, variabel aksesibilitas (alternatif jalan, kondisi jalan, jarak tempuh, waktu tempuh, dan alat transportasi) memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan, ditunjukkan oleh nilai F_hitung sebesar 51,357 dan F_tabel sebesar 3,94, serta signifikansi 0,001. Koefisien determinasi sebesar 73,4% menunjukkan bahwa variasi minat berkunjung dapat dijelaskan oleh variabel aksesibilitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aksesibilitas memegang peran krusial dalam menarik minat wisatawan ke Desa Wisata Batulayang, dengan jarak tempuh dan alat transportasi sebagai faktor utama yang mempengaruhi. Temuan ini memberikan masukan penting bagi pengelola Desa Wisata Batulayang untuk memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur serta fasilitas aksesibilitas guna meningkatkan daya tarik wisata di masa mendatang.

References

Adisasmita, S. A. (2011). Jaringan Transportasi : teori dan analisis / sakti adji adisasmita (1st ed.). Graha Ilmu.
Ananda, I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Desa Wisata di Indonesia: A Systematic Literature Review. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(4).
Andian, S. A., & Aliyah, I. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. Cakra Wisata: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 22 (3)(1).
Ardiansyah, I., & Maulida, R. G. (2020). KAJIAN ATRAKSI, AMENITAS DAN AKSESIBILITAS UNTUK PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN DI TAMAN WISATA ALAM GUNUNG PANCAR KABUPATEN BOGOR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4).
Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Simbiosa.
Arikunto, S. (2009). Metodologi Penelitian ( Edisi Revisi). Bina Aksara.
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor. (2023, February 28). Kabupaten Bogor Dalam Angka 2023. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Damanik, J., & Weber, F. H. (2006). Perencanaan ekowisata dari teori ke aplikasi (1st ed.). CV Andi Offset.
Dewi, K., Sudirman, I., & Andriani, R. (2021). Pengaruh Service Excellence, Aksesibilitas, dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Wisatawan serta Implikasinya terhadap Keputusan Kunjungan Wisata Halal di Kabupaten Bandung Barat. Media Wisata, 19(2), 154–166. https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.129
Endang Susumaningsih, Purnawan, & Yossyafra. (2020). STUDI AKSESIBILITAS OBJEK WISATA DI KABUPATEN PASAMAN. Rang Teknik Journal, 3(1), 40–45. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/RANGTEKNIKJOURNAL/article/view/1702
Ernadia, L., Murtini, T. W., & Rukayah, R. S. (2017). PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN TATA RUANG RUMAH TINGGAL DI DESA WISATA KANDRI. Tesa Arsitektur, 15(1), 41. https://doi.org/10.24167/tesa.v15i1.1006
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). ANALISIS KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG: CITRA DESTINASI DAN AKSESIBILITAS PADA GEOPARK MERANGIN JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh Kualitas Daya Tarik Wisata Budaya terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Kotagede. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(2).
Hasanah, N. (2022). PENGARUH HARGA, AKSESIBILITAS, FASILITAS, DAYA TARIK WISATA, DAN BIAYA PERJALANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA MANGROVE PANTAI KERTOMULYO KABUPATEN PATI. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.
Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. (2024). Desa Wisata Batulayang. Pesona Indonesia.
Khairunnisa, R., & Martilova, N. (2023). ANALISIS PENGARUH HARGA TIKET DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA PUNCAK LAWANG KABUPATEN AGAM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(6).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce. STIE Yapan.
Masitah, I. (2019). PENGEMBANGAN DESA WISATA OLEH PEMERINTAH DESA BABAKAN KECAMATAN PANGANDARAN KABUPATEN PANGANDARAN. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 45–56.
Miarsih, G. S., & Wani, A. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBYEK WISATA RELIGI MASJID GEDHE KAUMAN YOGYAKARTA. Journal of Tourism and Economic, 1(2). https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.28
Muchammad Satrio Wibowo, Adinda Aulia, Aji Baskoro, Ana Lutfiana Azizah, & Anisa Dewi Sinta. (2023). Penilaian Atraksi, Amenitas, Dan Aksesibilitas Objek Daya Tarik Wisata Di Semarang(Studi Kasus: Semarang Zoo). Sapta Pesona : Jurnal Kepariwisataan, 1(1), 7–15.
Muharromah, G. L., & Anwar, M. K. (2020). PENGARUH ATRAKSI WISATA, AMENITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA RELIGI MAKAM KH. ABDURRAHMAN WAHID. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p152-164
Mustofa, D. (2018). AKSESIBILITAS OBJEK WISATA AIR TERJUN SINAR TIGA DI DESA HARAPAN JAYA KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN. Universitas Lampung.
Nasution, M. N. (2004). Manajemen Transportasi (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Nuraeni, B. S. (2014). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN SEMARANG. Jurnal Bisnis Strategi, 23(1), 1–20.
Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah, A. (2021). PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AKSESBILITAS, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI OBJEK WISATA DANAU CIPONDOH, KOTA TANGERANG. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456
Pasaribu, A. P., & Ismayuni, T. U. (2023). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Taman Eden 100. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 510. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1806
Payangan, R. O. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata (Cet. 1). Bogor: IPB Press.
Pemda Kabupaten Bogor. (2019). Sejarah Kabupaten Bogor. Portal Resmi Kabupaten Bogor.
Peraturan Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Nomor PM.26/UM.001/MKP/2010 Tentang Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Pnpm) Mandiri Pariwisata Melalui Desa Wisata, Pub. L. No. PM.26/UM.001/MKP/2010 (2010).
Pradana, T., & Stefanus Purba, A. (2023a). Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Gunung Dago, Bogor. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 275–288. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.242
Pradana, T., & Stefanus Purba, A. (2023b). Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Gunung Dago, Bogor. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 275–288. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.242
Putra, P. K., & Sunarta, I. N. (2018). Identifikasi Komponen Daya Tarik Wisata Dan Pengelolaan Pantai Labuan Sait, Desa Adat Pecatu, Kabupaten Badung. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 6(2), 292. https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2018.v06.i02.p13
Rokhayah, E. G., & Ana Noor Andriana. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
Rossadi, N. R., & Widayati, E. (2018). PENGARUH AKSESIBILITAS, AMENITAS, DAN ATRAKSI WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN KE WAHANA AIR BALONG WATERPARK BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 109–116.
Rumalatu, G. A. (2020). Determinan Minat Kunjungan Wisata Berdasarkan Aksesibilitas, Fasilitas Pendukung Pariwisata & Norma Subyektif. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 1(2), 231–246. https://doi.org/10.51135/PublicPolicy.v1.i2.p231-246
Ruray, T. A., & Pratama Rheza. (2020). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan. Kawasa Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Politik, 10(2).
Salim, A. (2000). Manajemen Trnasportasi (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Sari, D. R. (2022). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80–90. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i2.217
Sari, N. R., Rahayu, P., & Rini, E. F. (2021). POTENSI DAN MASALAH DESA WISATA BATIK: STUDI KASUS DESA GIRILAYU, KABUPATEN KARANGANYAR. Desa-Kota, 3(1), 77. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v3i1.34437.77-91
Sidiq, A. J., & Resnawaty, R. (2017). PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DI DESA WISATA LINGGARJATI KUNINGAN, JAWA BARAT. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 38. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i1.14208
Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi (Vol. 33). Pustaka Baru Press.
Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. PT. Rosda Karya Remaja.
Suranny, L. E. (2023). ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN WISATA PADA DESA WISATA SENDANG KABUPATEN WONOGIRI. Inisiasi, 153–165. https://doi.org/10.59344/inisiasi.v12i2.156
Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung Authors. RISK: JURNAL RISET BISNIS DAN EKONOMI, 1(1).
Susilo, B. H. (2014). Dasar-dasar rekayasa transportasi. Universitas Trisakti.
Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1980 Tentang Jalan (1980).
Wangiang, W. (2016). Freeway Travel Time Estimation Based on Spot Speed. Virginia Polytechnic Institute and State University.
Yulianandaris, Made Adhi Gunadi, & Meizar Rusli. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Wisata Umrah terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Lansia di Annisa Travel Jakarta. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 2(02), 39–48. https://doi.org/10.53050/ejtr.v2i02.137
Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi (A. M. Mahmudi, Ed.). e-Gov Publishing.
Published
2024-07-15
How to Cite
Andika Purnama, & Imam Ardiansyah. (2024). PENGARUH AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESA WISATA BATULAYANG CISARUA, KABUPATEN BOGOR. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1266-1284. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.422