PENGARUH DIGITAL TOURISM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI MUSEUM DIGITAL GEDUNG JUANG 45 BEKASI

  • Esther Shane Stevenson Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia
Keywords: Digital Tourism, Minat Kunjungan Wisatawan, Museum Digital Gedung Juang 45 Bekasi

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Wisata Digital terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Museum Digital Gedung Juang 45 Bekasi" bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan teknologi digital dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi canggih seperti Augmented Reality (AR), Smart Table, Interactive Book, dan teknologi lainnya di Museum Digital Gedung Juang 45 Bekasi berpengaruh signifikan dalam menarik minat pengunjung. Wisata digital memberikan manfaat dari ketersediaan teknologi canggih di lokasi tersebut sehingga meningkatkan pengalaman berwisata bagi pengunjung. Dengan demikian, penerapan teknologi digital di museum telah berhasil mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep wisata digital melalui penyediaan fasilitas teknologi mutakhir berperan penting dalam memikat minat dan meningkatkan kuantitas pengunjung di destinasi wisata.

References

Albarq, A. N. (2014). Measuring The Impacts Of Online Word-Of-Mouth On Tourisys’ Attitude And Intentions To Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research Vol. 7, No. 1.
Ayuni, Sri, dan Wasitowati. (2022). Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Jawa Tengah Berbasis E-content Marketing dan Influencer Social Media serta E-Trust. EKOBIS Vol. 23, No. 1.
Bougie, dan Sekaran. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Bramantyo, Bagus Dwi & Ismail Pitoyo. (2021). Digital Tourism Museum Nasional Indonesia Melalui Virtual Tour di Masa Pandemi Covid-19. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 20, No.2
Buhalis, Dimitrios. (2020). Technology in tourism-from information communication technologies to eTourism and smart tourism towards ambient intelligence tourism. Emerald Publishing Limited.
Dewanto, K. (2020). Revitalisasi Gedung Juang Bekasi usung konsep digital milenial. Jakarta: antaranews.com.
Falk, John H. (2012). Museum Experience Revisited. Left Coast Press.
Foster. (1985). Travel and Tourism Management. London: Macmillan Press LTD.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Goodchild, Michael. (2001). Geographic Information Science and Systems. Wiley.
Hartini, Sri, dan Sukaris, Cathleya. (2020). Virtual Reality: aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Journal of Business and Banking, Vol. 9, No. 2.
Haryanto. (2014). Pengembangan Ekowisata Dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Daerah Studi Kasus Provinsi DIY. Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol. 19, No. 1.
Hellyani, Catharina, dan Pradana, Ruben. (2023). Implementasi Pemasaran Media Sosial Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Mandalika Lombok. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi: Vol. 2 No. 3 Agustus 2023.
Hidayah, Nurdin. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Alfabeta,cv.
Hubbard, Douglas. (2007). How To Measure Anything: Finding the Value of ‘Intangibles’ in Business. John Wiley & Sons.
Khotimah, K. dan Wilopo, W. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 42(1), 56-65.
Kotler, A. (2016). Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson.
Kotler, P. dan Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga
Krisnadi, A. R. dan Natalia, Dessy. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Kunjungan Wisatawan Berdasarkan Komponen Destinasi Wisata di Kawasan Kuliner, Pasar Lama Tangerang. Destinesia: Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata Vol. 2, No. 1.
Kurzweil, Ray. (2005). The Singularity Is Near. Penguin Publishing Group.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Absolute Media.
Parker, Geoffrey G., dan Van, Marshall W. (2016). Platform Revolution: How Networked Markets Are Transforming the Economy and How to Make Them Work for You. W.W. Norton.
Putri, Ayan, dan Santi, Putu Nia. (2022). Presidensi G20 sebagai Sarana Marketing dan Branding Pariwisata Indonesia serta Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Hotel Melia Bali). Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya, Vol. 1, No. 1.
Sciffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Sondakh, P. M. N. dan A. T. (2016). “Pelayanan, Keamanan, dan Daya Tarik Mempengaruhi Minat Wisatawan yang Berkunjung ke Objek Wisata Alam Gunung Mahawu, Tomohon”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16.
Spillane. (1987). Pengertian Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Sudana, I Made & Setianto (2018). Metode Penelitian Bisnis & Analisis Data Dengan SPSS. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan keenam. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartanto. (2023). Metode Riset Bisnis Dasar-dasar Mendesain dan Melakukan Riset di Konteks Bisnis. Uwala Inspirasi Indonesia.
Sujarweni. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Trisantosa. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Untari, Rini; dkk. (2023). Perencanaan Penyusunan Materi Pemanduan Wisata dengan Pemanfaatan Teknologi Digital di Museum Gedung Juang Bekasi.
UNWTO. (2023). https://www.unwto.org/digital-transformation .
Yulianto, Kresno. (2016). Di Balik Pilar-pilar Museum. Wedatama Widya Sastra.
Yung, R. dan Khoo-Lattimore. (2019). “New Realities: a systematic literature review on virtual reality and augmented reality in tourism research”. Current Issues in Tourism, Vol. 22 No. 17, pp. 2056-2081
Published
2024-06-24
How to Cite
Esther Shane Stevenson, & Imam Ardiansyah. (2024). PENGARUH DIGITAL TOURISM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI MUSEUM DIGITAL GEDUNG JUANG 45 BEKASI. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 237-246. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.416