PENGARUH FASILITAS DAN KEAMANAN WISATA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN BERKUNJUNG DI WANA WISATA BATU KUDA CIBIRU WETAN BANDUNG

  • Febrianti Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia
Keywords: Fasilitas Keamanan Wisata, Tingkat Kepuasan Wisatawan, Wisata Batu Kuda Cibiru Wetan Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan keamanan wisata terhadap tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Batu Kuda Cibiru Wetan Bandung. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel fasilitas berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan dengan nilai thitung 3,060 > ttabel 1,66071 dan signifikansi 0,003 < 0,05. Semakin baik fasilitas yang tersedia, semakin tinggi tingkat kepuasan wisatawan. Variabel keamanan wisata juga berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan dengan thitung 6,133 > ttabel 1,66071 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Keamanan yang baik meningkatkan kepuasan wisatawan. Secara simultan, fasilitas dan keamanan wisata berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan dengan fhitung 73,042 > ftabel 2,36 dan signifikansi 0,000. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyediaan fasilitas yang memadai dan keamanan yang terjamin merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan wisatawan di Wana Wisata Batu Kuda Cibiru Wetan Bandung.

References

Administrator. (2023). Mengulas Sejarah Wanawisata Batu Kuda. AyoBandung.Com. https://www.ayobandung.com/netizen/pr-79639829/mengulas-sejarah-wanawisata-batu-kuda
Aisyah, S., & Fadhillah, R. (2023). Analisis Standard Keamanan Wisata Alam Di Pelaruga. JIPSI (Jurnal Ilmiah Pariwisata Imelda), 1(1), 38–41.
Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(2), 180–194. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481/560
Amalia, P. A. I., NMS.Wijaya, & EkaMahadewi, N. P. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Millennial Di Paralayang Wayu, Sulawesi Tengah. JurnalIPTA (Industri Perjalanan Wisata), 10(1), 100–105. https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/81101/45595
Andayani, L. (2018). Pengaruh Fasilitas, Keamanan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Simpang Lima Gumul, Kediri. Jurnal Pariwisata, 4(3), 39–54. https://doc.majapahit.ac.id/PENGARUH_FASILITAS_KEAMANAN_DAN_KENYAMANAN_TERHADAP_KEPUASAN_PENGUNJUNG_DI_SIMPANG_LIMA_GUMUL_KEDIRI.pdf
Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. Open Journal Systems, 14(3), 2235–2248. https://core.ac.uk/download
Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi Chse (Cleanliness, Health, Safety, Environment) Terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri Di Era New Normal Serta Dampaknya Pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1404–1416.
CNN Indonesia. (2024). 2 Mahasiswa Unpad Tewas Tersambar Petir saat Kemah di Batu Kuda. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240225180044-20-1067112/2-mahasiswa-unpad-tewas-tersambar-petir-saat-kemah-di-batu-kuda
Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen, 5(2), 82–92.
Fanani, Z., & Pangestuti, E. (2017). Analisis Keamanan Dan Kenyamanan Objek Wisata Penanjakan 1 Bromo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 49(2), 63–67.
Fanggidae, R. P. C., & Bere, M. L. R. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://iptek.its.ac.id/index.php/jmaif/article/view/6833
Firman, Puji Nurhidayah, R. J. P. (2023). Mengenal Daya Tarik Wisata di Jawa Barat. Jabar Digital Service. https://arcgis.jabarprov.go.id/portal/apps/storymaps/stories/fb87c166a3304f75a1459898b86fa2dd
Ghassani, N., Winarno, G. D., Dewi, B. S., & Harianto, S. P. (2023). Pengembangan Fasilias dan Pelayanan Destinasi Wisata Alam Air Terjun Way Kalam Lampung Selatan Berdasarkan Persepsi Pengunjung. JOFPE Journal, 3(2), 40–50. https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/jopfe/article/download/8204/pdf
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universita Diponogoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Gromang, F. (2003). Tuntunan Keselamatan dan Keamanan. Pradnya Paramita.
Handayani, N. P. M., & Purbadharmaja, I. B. P. (2021). Pengaruh Tingkat Keamanan, Kenyamanan dan Produk Wisata Terhadap Pendapat Masyarakat Di Destinasi Wisata Sangeh. E-Jurnal EP Unud, 10(4), 1656–1685. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56054
Hofifah, N. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi Pada Obyek Wisata Sanggaluri Park Purbalingga.
Husna, Dila Alika Shaffa, I. N. A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-wom) dan Citra Merek terhadap minat menginap di Hotel Dago Highland. Manajemen Dan Pariwisata, 1(2), 215–223. https://karya.brin.go.id/id/eprint/17553/1/Jurnal_Dila Alika Shaffa Husna_STIE Pariwisata Yapari Bandung_2022.pdf
Indrawan, F. H. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Keamanan Pengunjung Terhadap Peningkatan Pengunjung Kebun Binatang Ragunan Jakarta.
Jelvi, U. D., Gunagama, M. G., & Suryanti, N. (2023). Identifikasi Aspek Keamanan dan Kenyamanan Fasilitas Bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Kaliurang, Yogyakarta. Sakapari, 6(1), 598–610.
Junensih, S. A., & Ratnawili. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata, Harga Dan Keamanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Suban Air Panas Curup. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 2(2), 138–145. https://doi.org/https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i2.66
Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 Mengenai Kepariwisataan, (2009).
Lie, T. M., Rusmini, A., & Lestariningsih, T. (2024). Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pengunjung pada Destinasi Wisata. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 80–90. https://jurnal.tiga-mutiara.com/index.php/jimi/article/view/95/78
Mokoginta, R. A., Poluan, R. J., & Lakat, R. M. . (2020). Pengembangan Kawasan Wisata Bahari (Studi : Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur). Jurnal Spasial, 7(3), 325–334. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/spasial/article/download/30873/29644
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (M. S. Sri Rizqi Wahyuningrum (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.
Nurmala, Sullaida, & Damanhu. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78. https://journal.unimal.ac.id/emabis/article/view/861/434
Octafian, R., & Palupiningtyas, D. (2019). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Water Blaster Semarang). Jurnal Manajemen, 5(2), 20–23.
Prastowo, I. (2022). Pelatihan Keamanan Dan Keselamatan Di Destinasi Wisata Sesuai Standar Nasional Maupun Internasional Bagi Pengelola Pariwisata Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 3(1), 37–46.
Purnomo, A. M. (2020). Pemberdayaan Sosial Dalam Pengembangan Ekowisata di Pekon Kiluan Negri, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. SINGULARITY: Jurnal Desain Dan Industri Kreatif, 1(1), 1–12. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JSING/article/view/741
Putri, O. A., & Andriana, A. N. (2021). Analisis Atraksi Amenitas Dan Aksesibilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pantai Biru Kersik Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata (JKTP), 2(1), 51–57. http://www.jurnal.akpar-denpasar.ac.id/index.php/diparojs/article/view/49/50
Putri, S. E., Kamaludin, Santi, F., Murni, T., & Kananlu, P. (2023). Pengembangan Ekowisata Mangrove Melalui Brand Strategy Management Sebagai Tujuan Pariwisata Internasional Potensi Di Kampung Sejahtera Kota Bengkulu. Jurnal Abdimas Bhakti Mulia, 1(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/joall.v8i2.24934
Rumangkit, S., Pratama, Y. A., Khairi, A., Ardi, & Valentino, G. A. (2023). Implementasi faktor manajemen tata kelola ekowisata sebagai strategi dalam mendorong kinerja ekowisata berkelanjutan. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(2), 278–286. https://ejournal.widyamataram.ac.id/index.php/j-mae/article/download/1181/475/3650
Sakti, W., & Manvi, K. I. (2023). Tinjauan Wisatawan Tentang Fasilitas Penunjang di Objek Wisata Pemandian Alam Damai Wisata. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15503–15508. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8832/7209
Samuel, & Ishak, R. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Curug Pangeran, Kawasan Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 236–243. https://doi.org/https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.2.884
Saragih, M. G., Rahayu, S., & B, M. (2022). Manajemen Pariwisata. CV. Tungga Esti.
Setiadi, B. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi pada Objek Wisata Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah.
Sudiarta, I. M., Suharsono, N., & Tripalupi, L. E. (2021). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat. Business and Accounting Education Jurnal, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.15294/baej.v0i1.42765
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Suharto. (2016). Studi Tentang Keamanan dan Keselamatan Pengunjung Hubungannya Dengan Citra Destinasi (Studi Kasus Gembira Loka Zoo). Jurnal Media Wisata, 14(1), 287–304.
Sumayang, L. (2007). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Salemba Empat.
Sya, A., & Said, F. (2020). Pengantar Ekowisata (pp. 4–10). Paramedia Komunikatama.
Taning, N. P., Masyhudi, L., Hulfa, I., Idrus, S., & Martayadi, U. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Destinasi Wisata Alam Aik Nyet Desa Buwun Sejati. Journal Of Responsible Tourism, 2(2), 379–392. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jrt.v2i2.2173
Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, (2009).
Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, (1999).
Viola, & Ginting, N. (2022). Analisa Teori Kepuasan Wisatawan terhadap ObjekWisata. TALENTA, 5(1), 643–648. https://talentaconfseries.usu.ac.id/ee/article/view/1529/1265
Wahyuningsih, R. (2018). Persepsi pengunjung terhadap fasilitas di objek wisata Puncak Ulu Kasok Kabupaten Kampar. JOM FISIP, 5(2), 1–13.
Widiantari, N. P. T., Masyhudi, L., Hulfa, I., Idrus, S., & Martayadi, U. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Destinasi Wisata Alam Aik Nyet Desa Buwun Sejati. Journal Of Responsible Tourism, 2(2), 379–392. https://doi.org/10.47492/jrt.v2i2.2173
Widyanti, N. L. S., Anggreni, M. A., Sumardiana, I. N. J., Yasti, H., & Kurniansah, R. (2020). Manajemen Pengelolaan Toilet Umum Di Daya Tarik Wisata Kuta Lombok Tengah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i1.39.
Published
2024-06-30
How to Cite
Febrianti, & Imam Ardiansyah. (2024). PENGARUH FASILITAS DAN KEAMANAN WISATA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN BERKUNJUNG DI WANA WISATA BATU KUDA CIBIRU WETAN BANDUNG. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 531-546. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.418