PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GEN Z DI KOPI NAKO RAWAMANGUN

  • Christy Karunia Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia
Keywords: Aktifitas, Minat, Opini, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian secara Parsial dan Stimultan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, Penelitian ini menggunakan data Primer yaitu wawancara, observasi dan kuesioner serta menggunakan data sekunder berupa buku-buku dan artikel jurnal penelitian. Subjek penelitian adalah konsumen yang memutuskan untuk membeli Kopi Nako Rawamangun, sedangkan objek pada penelitian ini adalah Kopi Nako Rawamangun. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji relibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi dengan diolah menggunakan aplikasi IBM Statistic SPSS 26, Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktifitas secara parsial menunjukkan hubungan dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. dengan nilai thitung sebesar 2,345 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1.660881, serta nilai signifikansi sebesar 0,021 yang lebih kecil dari 0,05. Minat secara parsial menunjukkan hubungan dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai thitung sebesar 2,613 yang memiliki nilai lebih besar dari ttabel sebesar 1.660881, serta nilai signifikansi sebesar 0,010 yang lebih kecil dari 0,05. Opini secara parsial menunjukkan hubungan dan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai thitung sebesar 5.797 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1.660881, serta nilai signifikansi memiliki nilai 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Aktifitas, Minat, Opini berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian bagi konsumen, dengan nilai fhitung 33.269 lebih besar dibandingkan ftabel 2.14, dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.

References

Alwi, M. H., Nurfaridah, K., Purba, S. A. B., Hati, S. P., & Nasution, F. (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13067–13075.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.
Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. Invest: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15–31.
Arfah, Y. (2022c). Keputusan pembelian produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
Ashoer, M., Syahnur, H., & Murdifin, I. (2019). Bagaimana Gaya Hidup mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Online. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 52–65.
Augusta, C. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Coffee Shop (Studi Pada Konsumen Coffee Toffee Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb Universitas Brawijaya, 6(2).
Azzahra, M., Abdurahman, A. I., & Alamsyah, A. (2023). Fenomena Ngopi di Coffee Shop Pada Gen Z. Social Science Academic, 1(2), 493–506.
Bado, B., Tahir, T., & Supatminingsih, T. (2023). Studi Social Climber Gen-Z dan Perilaku Ekonominya. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 4(1), 503–526.
Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 68–78.
Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi Z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).
Chotimah, T. H., & Parantika, A. (2022). Analisis Perilaku Pelanggan Generasi Y dan Z Dalam Memilih Coffee Shop Brand Lokal. Media Bina Ilmiah, 17(5), 975–982.
Danuri, P. P., Maisaroh, S., & Prosa, P. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Samudra Biru (Anggota Biru).
Donatus, S. K. (2016). Pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmu sosial: Titik kesamaan dan perbedaan. Studia Philosophica et Theologica, 16(2), 197–210.
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Haq, R. L. A., & Noorrizki, R. D. (2022). Perilaku Preferensi Menjadi Pengangguran oleh Milenial dan Gen Z dalam Karir Dan Pekerjaan. Flourishing Journal, 2(5), 384–391.
Harwani, Y., Suharjo, B., Nurmalina, R., & Suprayitno, G. (2018). Minat pemilihan perguruan tinggi dan peran kelompok referensi serta komunikasi pemasaran terintegrasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 186–207.
Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1–13.
Hutagaol, C. D. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan.
Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press.
Jailani, M. S. (2023a). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Jailani, M. S. (2023b). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).
Laksono, D., & Iskandar, D. (2018). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HELM KBC. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3, 145–154. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.113
Lubis, R. H., & Izzah, N. (2022). Faktor Penentu Gaya Hidup Halal Generasi Z di Sumatera Utara. Bypass.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Matondang, Z., & Nasution, H. F. (2022). Praktik Analisis Data: Pengolahan Ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Merdeka Kreasi Group.
Nainggolan, N. P., Purba, T., & Heryenzus, H. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP, ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA. JURSIMA, 11(1), 68–73.
Nopianti, R., Anugraha, B., & Putri, A. S. (2023). Analisa Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Persaingan Menggunakan Matriks SWOT Pada Cafe Ruang Ketiga Di Tanjungpinang. SNHRP, 5, 808–817.
Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51–59.
Prakosa, A. (2019). Generasi third wave coffee: Perspektif milenial terhadap kopi gelombang ketiga. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 2(2), 106–118.
Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679–686.
Pratiwi, R. W., & Kom, A. D. S. I. (2022). Persepsi Anak Muda Di Surabaya Mengenai Coffee Shop Sebagai Gaya Hidup Masyarakat Perkotaan. The Commercium, 5(02), 238–249.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Putri, D. N., & Deliana, Y. (2020). Perbedaan preferensi konsumen Generasi Z antara coffee shop besar dan coffee shop kecil di Kecamatan Coblong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77–89.
Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., Sukayat, Y., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Consumer Behavior: Purchase Pattern Of Coffee, Preferences, Satisfaction And Loyalty Of Coffee Shop Consumer. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 969–984.
Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152–164.
Risnawati, R., & Wardoyo, C. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 430–436.
Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan media sosial Instagram Haloa Cafe sebagai komunikasi pemasaran online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190.
Roziq, M. A. F., Romadhon, S., & Gunaningrat, R. (2024). Pandangan Gen Z Terhadap Live Music Yang Menambah Minat Konsumen Coffee Shop Di Kota Solo. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 137–147.
Setyobekti, A. B., Wariki, V., & Anu, K. J. M. (2024). Potret Solusi Alkitab bagi Generasi Z Penderita Sindrom Fear of Missing Out. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 96–113.
Siagian, F. (2020). Pengaruh kerjasama tim terhadap kinerja pegawai di akademi maritim cirebon. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 20–26.
Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2), 96–103.
Stepy, Y., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Gaya Hidup Remaja Di Kota Palembang (Studi Pada Budaya Tongkrong). Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1534–1541.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Subaida, I., & Hakiki, F. N. (2021). Pengaruh pengetahuan keuangan dan pengalaman keuangan terhadap perilaku perencanaan investasi dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 14(2), 152–163.
Sugianto, N., & Kiky, A. (2023). SOCIAL MEDIA DAN MINAT BELI GEN Z (STUDI KASUS INSTAGRAM STARBUCKS INDONESIA). Modus, 35(2), 258–279.
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The master book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.
Sukatmadiredja, N. R. (2017). Analisa Perubahan Perilaku Konsumen Terhadap Pertumbuhan Warung Kopi Di Kecamatan Rungkut Surabaya. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(1), 15-Halaman.
Susanti, A., Dewi, P. S. T., & Putra, I. W. Y. A. (2021a). Desain interior coffee shop di Denpasar dan loyalitas konsumennya: Generasi Y dan Z. Waca Cipta Ruang, 7(1), 1–17.
Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersand di Jakarta). LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 1–12.
Sya’diyah, K., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh literasi media terhadap perilaku penyebaran hoax di kalangan generasi Z. KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(02), 142–159.
Tambingon, J., Tasik, F., & Purwanto, A. (2016). Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi di Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 1(043).
Ulfa, R. (2021a). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.
Ulfa, R. (2021b). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.
Vidyanindita, A. N., Agustin, R. W., & Setyanto, A. T. (2017). Perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari konsep diri dan tipe kepribadian antara mahasiswa lokal dan perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Wacana, 9(2).
Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510–521.
Yakin, A., Herlina, H., & Saputra, H. Y. (2023). EKSISTENSI KOPI LOKAL TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN CAFE TRADISIONAL DAN CAFE MODERN DI KOTA BANDUNG, JAWA BARAT DAN KOTA MATARAM, NTB. Media Bina Ilmiah, 17(8), 1855–1872.
Yulianah, S. E. (2022). Metodelogi Penelitian Sosial. CV Rey Media Grafika.
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515.
Zakia, A., Adisti, A. A., & Asmarani, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli dan Tingkat Konsumsi (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 449–457.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1–18.
Published
2024-06-24
How to Cite
Christy Karunia, & Imam Ardiansyah. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GEN Z DI KOPI NAKO RAWAMANGUN. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 247-262. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.417