PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI THE GREAT ASIA AFRICA, LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Alexander Mervin Cahyana Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia
Keywords: Pengembangan Karir, Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai faktor daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di The Great Asia Africa, Lembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atraksi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 dan nilai Thitung sebesar 2,773. Sebaliknya, aksesibilitas, amenities, dan aktivitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, masing-masing dengan nilai signifikansi sebesar 0,279, 0,146, dan 0,207. Namun, ancillary service menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 dan nilai Thitung sebesar 2,278. Secara simultan, daya tarik wisata yang meliputi atraksi, aksesibilitas, amenities, aktivitas, dan ancillary service memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 35,690 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3,94, dengan signifikansi sebesar 0,000. Koefisien determinasi sebesar 65,5% menunjukkan bahwa variasi keputusan berkunjung dapat dijelaskan oleh variabel daya tarik wisata, sementara sisanya sebesar 34,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola The Great Asia Africa, Lembang untuk fokus pada peningkatan atraksi dan ancillary service guna meningkatkan minat berkunjung wisatawan.

References

Aditia, A. (2019). Pengaruh Self Esteem dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Psikologi Perkembangan, October 2013, 1–224.
Afifah, R., Anisa, & Hakim, L. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Hijau pada Bangunan Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Herbal di Lembang Bandung. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 2(2), 93–98. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/2688
Agustina, T., Eva, N., Lestari, P., & Yanti, S. R. (2019). Hubungan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Tunas Mobilindo Parama Jakarta Selatan. 17(2).
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Amin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Kecamatan Tarumajaya. Stie, 1(3), 41–52. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/716/476
Angraini, D. (2015). Kerjasama United Nations World Tourism Organization (Unwto) Dengan Indonesia Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Di Pangandaran, Jawa Barat Tahun 2011-2013. Jom Fisip, 2(1), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/32063-ID-kerjasama-united-nations-world-tourism-organization-unwto-dengan-indonesia-dalam.pdf
Daulay, S. H. P. P. D. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Creative Agung, 12(2), 1–19.
Dewi, K., Sudirman, I., & Andriani, R. (2021). Pengaruh Service Excellence, Aksesibilitas, dan Word of Mouth (WOM) terhadap Minat Wisatawan serta Implikasinya terhadap Keputusan Kunjungan Wisata Halal di Kabupaten Bandung Barat. Media Wisata, 19(2), 154–166. https://doi.org/10.36276/mws.v19i2.129
Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Mahpudin, & Maulana, A. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Lokasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Candi Jiwa Batujaya Pada Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.5850354
MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.117-128
Undang Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, (2004).
Undang-Undang nomor 10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, (2009).
Prawira, D., & Trisna, P. (2022). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1178–1184.
Rokhayah, E. G., & Ana Noor Andriana. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
Rossadi, L. N., & Widayati, E. (2018). Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.27
Ruray, T. A., & Pratama, R. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Bekunjung pada Objek Wisata Pantai Akesahu Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Kawasa, 11(2), 29–38. http://www.jurnal.ummu.ac.id/index.php/kawasa/article/view/443
Sindi, & Althalets, F. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Serta Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan. ETNIK : Jurnal Ekonomi - Teknik, 1(7), 557.
Sugiyono. (2019a). Bab Iii (3). Metodologi Penelitian, 102.
Sugiyono. (2019b). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.
Wulandari, R., Yuliar, A., & Widyaningsih. (2021). Pengaruh Potensi Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Hutan Pinus Pasekan Wonogiri. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(3), 325 329.
Published
2024-06-24
How to Cite
Alexander Mervin Cahyana, & Imam Ardiansyah. (2024). PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI THE GREAT ASIA AFRICA, LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 263–275. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.419