PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GEN Z DI ARBOREA CAFE MANGGALA WANABAKTI
Keywords:
Dimensi Fisik, Keputusan Pembelian, Gen Z, Arborea Cafe, Eksterior, Interior, Tata Letak Toko, Tampilan Interior
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pengaruh berbagai dimensi fisik kafe terhadap keputusan pembelian konsumen Gen Z, dengan fokus pada Arborea Cafe Manggala Wanabakti. Empat dimensi utama yang dianalisis meliputi: eksterior, interior, tata letak toko, dan tampilan interior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi eksterior tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi 0,349 dan t-hitung 0,940 (lebih kecil dari t-tabel 1,661). Namun, secara simultan, dimensi eksterior tetap penting dalam menciptakan daya tarik awal dan kesan positif. Sebaliknya, dimensi interior menunjukkan pengaruh signifikan dengan t-hitung 2,753 (lebih besar dari t-tabel 1,661) dan koefisien regresi 0,292, menekankan pentingnya dekorasi, penataan ruang, dan suasana yang nyaman. Tata letak toko juga memiliki pengaruh positif signifikan dengan t-hitung 2,740 dan koefisien regresi 0,810, menunjukkan bahwa tata letak yang efektif dapat meningkatkan navigasi dan kenyamanan pelanggan, serta eksposur produk. Dimensi tampilan interior memiliki t-hitung 2,054 dan koefisien regresi 0,576, mengindikasikan bahwa display yang menarik dan informatif berperan penting dalam membentuk persepsi dan preferensi pembelian konsumen. Secara keseluruhan, meskipun dimensi eksterior tidak signifikan secara parsial, semua dimensi lainnya menunjukkan pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menekankan pentingnya penataan interior dan display dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan menggerakkan pembelian di kafe.References
Aldrich Novrian, & Rizki, M. F. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium, 9(1), 81–91. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7444
Anggela, N. L. (2023, February 8). Banyak Gerai Tutup, Bagaimana Prospek Bisnis Makanan dan Minuman di 2023? Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230208/12/1626118/banyak-gerai-tutup-bagaimana-prospek-bisnis-makanan-dan-minuman-di-2023
Aryani, E., Zanaria, Y., & Kurniawan, A. (2022). Analisi Perkembangan Coffee Shop Sebagai Salah Satu Peranan UMKM di Kota Metro. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 3(2), 139–145. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v3i2.3039
Badan Pusat Statistik. (2023, December 22). Statistik Penyedia Makan Minum 2022. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/22/1f688af1ba26ff02e07679ac/statistik-penyedia-makan-minum-2022.html
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management: A Strategic Approach (13th ed.). Pearson.
Budiman, S., & Dananjoyo, R. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision: Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 483–490. https://www.researchgate.net/publication/357367859_The_Effect_of_Cafe_Atmosphere_on_Purchase_Decision_Empirical_Evidence_from_Generation_Z_in_Indonesia
Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4). https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/884
Djaali, H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati, Ed.). PT Bumi Aksara.
Fahimah, DH, A. F., & Hidayat, A. F. (2015). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang). Administrasi Bisnis, 28(2).
Gazali, H. (2019). Islam untuk Gen-Z: Mengajarkan Islam dan Mendidik Muslim Generasi Z, Panduan Bagi Guru PAI (siti kholisoh & K. Anam, Eds.; 1st ed.). Wahid Foundation. https://www.researchgate.net/publication/349640702_Islam_untuk_Gen-Z_Mengajarkan_Islam_dan_Mendidik_Muslim_Generasi_Z_Panduan_Bagi_Guru_PAI
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariatedengan Program IBM SPSS. (10th ed., Vol. 26). Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.
Haddis Adyarinanda, W., & Lili Yuliati, A. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Roemah Kopi Bandung). EProceedings of Management, 4(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4207
Helma Malini. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. Prosiding Seminar Nasional SATIESP 2021, 34–44. https://feb.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/03/5.pdf
Huang, Z., & Benyoucef, M. (2017). The effects of social commerce design on consumer purchase decision-making: An empirical study. Electronic Commerce Research and Applications, 25, 40–58. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2017.08.003
Hutama, C. L., & Subagio, H. (2014). Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus : Domicile Kitchen and Lounge). Manajemen Pemasaran, 2(1).
Kopkarhutan. (2024). Usaha Arborea Cafe. Kopkarhutan.Menlhk.Go.Id. https://kopkarhutan.menlhk.go.id/usaha/list/arborea-cafe
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., Keller, kevin, Manceau, D., & Goujot, A. H. (2019). Marketing Management (16th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (B. Molan, Ed.; 12 jlid 1, Vol. 12). PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Krisito, R. E., Yacob, S., & Yuniarti, Y. (2020). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Coffee Shop Lucky Coffee Kota Jambi. Dinamika Manajemen, 8(3), 2355–8148. https://media.neliti.com/media/publications/86465-ID-pengaruh-store-atmosphere-suasana-toko-t.pdf
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2018). Retailing Management (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Mais, M., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. Ch. (2024). Pengaruh Lifestyle, Cafe Atmosphere, dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Kalangan Anak Muda Pada De"Kersen Cafe Manado. Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 37–49.
Nestiti, L. G., Yusuf, Y., & Resdati. (2022). Budaya Konsumsi Kopi Sebagai Gaya Hidup The Leisure Class Pada Generasi Z di Coffee Shop Ugoku.co dan Titik Kumpul Coffee Brewers Kecamatan Sekupang Kota Batam. Cakrawala Ilmia, 1(10). https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/2591/1828
Nurhayati, H. (2023, May 16). GDP growth rate for the food and beverage manufacturing sector in Indonesia from 2018 to 2022. Statista.Com. https://www.statista.com/statistics/1302675/indonesia-gdp-growth-rate-of-food-and-beverage-manufacturing-sector/
Oktavia, F., & Indriyani, S. (2022). Perception of Value and Quality of Service to Customer Satisfaction at Coffee Shop in Bandar Lampung. Economic and Business, 1(1), 17–24. https://jurnal.peradabanpublishing.com/index.php/PJEB/article/view/4/2
Ongkohadi, Y. (2014). Perancangan Interior Magnum Kafe di Surabaya. INTRA, 2(2), 421–425.
Pratama, F., & Sarudin, R. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Produk Food and Beverage di Starbucks BSD. Global Education, 4(4), 2447–2454.
Pratama, H. C. (2012). Cyber Smart Parenting: Kiat Sukses Menghadapi dan Mengasuh GENERASI DIGITAL. Visi Press.
Putri, D. N., & Deliana, Y. (2020). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z Antara Coffee Shop Besar dan Coffee Shop Kecil di Kecamatan Cobong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2685
Rahayu, I. T. (2021). Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen pada Sub Sektor Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).
Saputra, A. J. R., Santoso, C. W. P., & Mustiadi, T. (2023). Perancangan Aplikasi Android Untuk Pemesanan Makanan Di Cafe Fourture. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains, 2.
Sari, E. S., & Fitriyah, H. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 -2020). Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 2(1), 13. https://doi.org/10.47134/innovative.v2i1.35
Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono. (2021). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business, 1(1), 26–33. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jiabi/article/view/12787
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Sunarto). Alfabeta.
Suhartanto, D., Tjetjep Djatnika, R., & Ni Nyoman Triyuni. (2017). Ritel Pengelolaan dan Pemasaran. ALFABETA.
Tapscott, D. (2008). Grown Up Digital: How the Net Generation Is Changing Your World. McGraw Hill Professional.
Wulandari, D. P., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konusmen Pada Sejiwa Coffee. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 57–71. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i1.179
Anggela, N. L. (2023, February 8). Banyak Gerai Tutup, Bagaimana Prospek Bisnis Makanan dan Minuman di 2023? Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230208/12/1626118/banyak-gerai-tutup-bagaimana-prospek-bisnis-makanan-dan-minuman-di-2023
Aryani, E., Zanaria, Y., & Kurniawan, A. (2022). Analisi Perkembangan Coffee Shop Sebagai Salah Satu Peranan UMKM di Kota Metro. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 3(2), 139–145. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v3i2.3039
Badan Pusat Statistik. (2023, December 22). Statistik Penyedia Makan Minum 2022. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/22/1f688af1ba26ff02e07679ac/statistik-penyedia-makan-minum-2022.html
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management: A Strategic Approach (13th ed.). Pearson.
Budiman, S., & Dananjoyo, R. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision: Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 483–490. https://www.researchgate.net/publication/357367859_The_Effect_of_Cafe_Atmosphere_on_Purchase_Decision_Empirical_Evidence_from_Generation_Z_in_Indonesia
Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4). https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/884
Djaali, H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati, Ed.). PT Bumi Aksara.
Fahimah, DH, A. F., & Hidayat, A. F. (2015). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe Malang). Administrasi Bisnis, 28(2).
Gazali, H. (2019). Islam untuk Gen-Z: Mengajarkan Islam dan Mendidik Muslim Generasi Z, Panduan Bagi Guru PAI (siti kholisoh & K. Anam, Eds.; 1st ed.). Wahid Foundation. https://www.researchgate.net/publication/349640702_Islam_untuk_Gen-Z_Mengajarkan_Islam_dan_Mendidik_Muslim_Generasi_Z_Panduan_Bagi_Guru_PAI
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariatedengan Program IBM SPSS. (10th ed., Vol. 26). Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.
Haddis Adyarinanda, W., & Lili Yuliati, A. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Roemah Kopi Bandung). EProceedings of Management, 4(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4207
Helma Malini. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. Prosiding Seminar Nasional SATIESP 2021, 34–44. https://feb.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/03/5.pdf
Huang, Z., & Benyoucef, M. (2017). The effects of social commerce design on consumer purchase decision-making: An empirical study. Electronic Commerce Research and Applications, 25, 40–58. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2017.08.003
Hutama, C. L., & Subagio, H. (2014). Analisa Pengaruh Dining Experience Terhadap Behavioral Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus : Domicile Kitchen and Lounge). Manajemen Pemasaran, 2(1).
Kopkarhutan. (2024). Usaha Arborea Cafe. Kopkarhutan.Menlhk.Go.Id. https://kopkarhutan.menlhk.go.id/usaha/list/arborea-cafe
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., Keller, kevin, Manceau, D., & Goujot, A. H. (2019). Marketing Management (16th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (B. Molan, Ed.; 12 jlid 1, Vol. 12). PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Krisito, R. E., Yacob, S., & Yuniarti, Y. (2020). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Coffee Shop Lucky Coffee Kota Jambi. Dinamika Manajemen, 8(3), 2355–8148. https://media.neliti.com/media/publications/86465-ID-pengaruh-store-atmosphere-suasana-toko-t.pdf
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2018). Retailing Management (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Mais, M., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. Ch. (2024). Pengaruh Lifestyle, Cafe Atmosphere, dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Kalangan Anak Muda Pada De"Kersen Cafe Manado. Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 37–49.
Nestiti, L. G., Yusuf, Y., & Resdati. (2022). Budaya Konsumsi Kopi Sebagai Gaya Hidup The Leisure Class Pada Generasi Z di Coffee Shop Ugoku.co dan Titik Kumpul Coffee Brewers Kecamatan Sekupang Kota Batam. Cakrawala Ilmia, 1(10). https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/2591/1828
Nurhayati, H. (2023, May 16). GDP growth rate for the food and beverage manufacturing sector in Indonesia from 2018 to 2022. Statista.Com. https://www.statista.com/statistics/1302675/indonesia-gdp-growth-rate-of-food-and-beverage-manufacturing-sector/
Oktavia, F., & Indriyani, S. (2022). Perception of Value and Quality of Service to Customer Satisfaction at Coffee Shop in Bandar Lampung. Economic and Business, 1(1), 17–24. https://jurnal.peradabanpublishing.com/index.php/PJEB/article/view/4/2
Ongkohadi, Y. (2014). Perancangan Interior Magnum Kafe di Surabaya. INTRA, 2(2), 421–425.
Pratama, F., & Sarudin, R. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Produk Food and Beverage di Starbucks BSD. Global Education, 4(4), 2447–2454.
Pratama, H. C. (2012). Cyber Smart Parenting: Kiat Sukses Menghadapi dan Mengasuh GENERASI DIGITAL. Visi Press.
Putri, D. N., & Deliana, Y. (2020). Perbedaan Preferensi Konsumen Generasi Z Antara Coffee Shop Besar dan Coffee Shop Kecil di Kecamatan Cobong Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 77. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2685
Rahayu, I. T. (2021). Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen pada Sub Sektor Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019. Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).
Saputra, A. J. R., Santoso, C. W. P., & Mustiadi, T. (2023). Perancangan Aplikasi Android Untuk Pemesanan Makanan Di Cafe Fourture. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains, 2.
Sari, E. S., & Fitriyah, H. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 -2020). Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 2(1), 13. https://doi.org/10.47134/innovative.v2i1.35
Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono. (2021). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business, 1(1), 26–33. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jiabi/article/view/12787
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Sunarto). Alfabeta.
Suhartanto, D., Tjetjep Djatnika, R., & Ni Nyoman Triyuni. (2017). Ritel Pengelolaan dan Pemasaran. ALFABETA.
Tapscott, D. (2008). Grown Up Digital: How the Net Generation Is Changing Your World. McGraw Hill Professional.
Wulandari, D. P., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konusmen Pada Sejiwa Coffee. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 57–71. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i1.179
Published
2024-06-24
How to Cite
Windy Ivana Weun, & Imam Ardiansyah. (2024). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GEN Z DI ARBOREA CAFE MANGGALA WANABAKTI. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 292-307. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.421
Section
Articles