GAMBARAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF BERKENDARA SAAT MACET PADA DEWASA AWAL

  • Maria Monica Universitas Tarumanagara
  • Phung Mulan Visaka Rani Universitas Tarumanagara
  • Evelyne Joenett Supardi Universitas Tarumanagara
  • Tria Amelia Universitas Tarumanagara
  • Untung Subroto Universitas Tarumanagara
Keywords: Aggressive Driving, Jenis Kelamin, Dewasa Awal

Abstract

Dalam keadaan lelah lalu terjebak pada kemacetan yang bisa menjadi salah satu penyebab stres, seseorang bisa saja menimbulkan sikap agresif pada tatkala stres. Sebuah studi mendapatkan fakta bahwa pengemudi yang berperilaku agresif pada saat berkendara menunjukan bahwa tingkat stres berkendara yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengemudi yang tidak berperilaku agresif berkendara pada studi Shamoa-nir dan Koslowsky (2010). Agolla and Ongori (2009) menyatakan bahwa stres pada perempuan lebih tinggi ketimbang laki-laki, hal ini disebabkan laki-laki menggunakan defense mechanism berbasis ego agar mereka lebih santai tatkala menghadapi stres. Namun, pada penelitian Pardamean dan Lazuardi (2019) menyatakan tingkatan stres pada laki-laki lebih tinggi (57,2%) ketimbang perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, partisipan dalam penelitian ini adalah perempuan dan laki-laki berumur 20-40 tahun. Hasil dari penelitian mengungkapkan tingkat agresif mengemudi pada dewasa awal yang berusia 20-40 tahun berada di taraf sedang. Selain itu, korelasi antara usia dengan tingkat agresif berkorelasi positif yang berarti semakin tua usia individu maka semakin tinggi pula tingkat agresif mengemudi individu.

References

Angola, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students: The case of University of Botswana. Educational Research and Review. Vol. 4 (2), pp. 063 – 070
Afifah, L. A. K. H. L., Hartoyo, K., Deny, H. M., & Lestyanto, D. L. (2021). Literature Review: Aggressive Driving. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG, 13(2), 319-331. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v13i2.1855
Cox, T. (1987). Stress, coping and problem solving. Work & Stress, 1(1), 5-14. https://doi.org/10.1080/02678378708258476
Dukes, R. L., Clayton, S. L., Jenkins, L. T., Miller, T. L., & Rodgers, S. E. (2001). Effects of aggressive driving and driver characteristics on road rage. The Social Science Journal, 38(2), 323-331. https://doi.org/10.1016/S0362-3319(01)00117-3
Hapsari, Natalia Endah. (2023, April 6). Indeks kemacetan Jakarta naik, posisi berapa di dunia? Republika. https://news.republika.co.id/berita/rsn0az478/indeks-kemacetan-jakarta-naik-posisi-berapa-di-dunia
Hennessy, D. A., & Wiesenthal, D. L. (1999). Traffic congestion, driver stress, and driver aggression. Aggressive Behavior: Official Journal of the International Society for Research on Aggression, 25(6), 409-423.
Hinkle Jr, L. E. (1974). The concept of “stress” in the biological and social sciences. The International Journal of Psychiatry in Medicine, 5(4), 335-357. https://doi.org/10.2190/91DK-NKAD-1XP0-Y4RG
Hollander, E., Tracy, K. A., Swann, A. C., Coccaro, E. F., McElroy, S. L., Wozniak, P., ... & Nemeroff, C. B. (2003). Divalproex in the treatment of impulsive aggression: efficacy in cluster B personality disorders. Neuropsychopharmacology, 28(6), 1186-1197. https://doi.org/10.1038/sj.npp.1300153
Houston, J. M., & Harris, P. (2003). The Aggressive Driving Behavior Scale: Developing a self-report measure of unsafe driving practices. North American Journal of Psychology, 5, 193-202.
Hurlock, E. B. (1986). Developmental Psychology (3rd ed). McGraw-Hill.
Novelino, A. (2022, Juli). Macet parah akibat 22 juta kendaraan melintasi jabodetabek per hari. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220727100750-20-826686/macet-parah-akibat-22-juta-kendaraan-melintasi-jabodetabek-per-hari
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2007). Human development (11th ed.). McGraw-Hill.
Pardamean, E., & Lazuardi, M. J. (2019). The relationship between gender and psychological stress in grade 11 science students at a high school in Tangerang [Hubungan jenis kelamin dengan stres psikologis pada siswa-siswi kelas xi jurusan ipa di sma x Tangerang]. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 7(1), 68-74. http://dx.doi.org/10.19166/nc.v7i1.2226
Putri, P. W. (2017). Efektivitas Anger Management Training (Amt) Terhadap Penurunan Agresivitas Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin [Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945].
Ramady, G. D., & Wowiling, R. G. (2017). Analisa prediksi laju kendaraan menggunakan metode linear regression sebagai indikator tingkat kemacetan. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 12(2), 22-28. http://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/46
Shamoa-Nir, L., & Koslowsky, M. (2010). Aggression on the road as a function of stress, coping strategies and driver style. Psychology, 1, 35-44. http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4083010
Published
2023-12-31
How to Cite
Maria Monica, Visaka Rani, P. M., Supardi, E. J., Tria Amelia, & Untung Subroto. (2023). GAMBARAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF BERKENDARA SAAT MACET PADA DEWASA AWAL. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 925-930. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.109