HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA

  • Fanny Febrianti Universitas Tarumanagara
  • Untung Subroto Universitas Tarumanagara
Keywords: Pola Asuh, Komunikasi Interpersonal, Remaja

Abstract

Keluarga merupakan bagian yang terpenting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Tentu adanya perbedaan antara masing-masing orang tua dalam berkomunikasi kepada anak. Bentuk komunikasi ini dapat berdampak pada perilaku anak di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pola asuh dengan komunikasi interpersonal pada remaja SMA X di Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada 303 siswa-siswi dengan rentang usia 14-18 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Alat ukur rasa syukur yang digunakan adalah The Parenting Styles and Dimensions Questionnaire (PSDQ) dan alat ukur komunikasi interpersonal. Berdasarkan uji beda Kruskal-Wallis Test diketahui bahwa hasil yang diperoleh sebesar 0.000 < 0.05 dengan artian ada hubungan positif signifikan antara pola asuh otoriter, otoritatif dan permisif dengan komunikasi interpersonal pada remaja SMA. Artinya jika pola asuh yang didapatkan baik maka tingkat komunikasi interpersonalnya juga akan tinggi. Sebaliknya apabila pola asuh remaja buruk maka, semakin rendah tingkat komunikasi interpersonalnya. Melalui penelitian ini juga disimpulkan bahwa yang memiliki tingkat komunikasi interpersonal tinggi adalah remaja yang memiliki pola asuh otoratif.

References

Agustina, A., & Appulembang, Y. A. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kualitas hidup siswa pelaku tawuran. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 210-215.
Alang, S. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor Di Smk Negeri 1 Parigi. Kinesik, 1(1): 1-11.
Alo Liliweri, Komunikasi Antar Pribadi (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1991).
Alo Liliweri, Komunikasi Antarpersonal, (Jakarta: Kencana, 2015).
Andriani, N. P. L., & Wahyuni, C. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 106-117.
Ambarita, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Otoritatif Dan Lokus Kendali Internal dengan Psychological well-being Siswa SMA Negeri 12 Medan. Proceeding: The Dream Of Millenial Generation To Grow, 2(1).
Azuni, I. D. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Religiusitas Pada Anak (Studi Kasus di RT 03 RW 05 Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Nganjuk) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran orangtua dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 221-228.
Chen, Y., Haines, J., Charlton, B. M., & VanderWeele, T. J. (2019). Positive parenting improves multiple aspects of health and well-being in young adulthood. Nature human behaviour, 3(7), 684-691.
DeVito, J. A. (2023). The interpersonal communication book. Pearson Education Limited.
Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi covid-19. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 4, 2433-2441.
Efendi, E., Ayubi, M., & Aulia, N. (2023). Model-Model Komunikasi Linear. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3899-3906.
Estlein, R. (2021). Parenting as a communication process: Integrating interpersonal communication theory and parenting styles conceptualization. Journal of Family Theory & Review, 13(1), 21-33.
Fikrina. L., R., Putri. S. A., P., & Agriasm. B. (2023). Perilaku Bullying Ditinjau dari Komunikasi Interpersonal Orang-Tua Anak dan Kontrol Diri. Jurnal Psikologi Prima, 6(1), 20-27.
Firdausi, R., & Ulfa, N. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 133-145.
Hariyanto, D. (2021). Buku ajar pengantar ilmu komunikasi. Umsida Press, 1-119.
Hayek, J., Schneider, F., Lahoud, N., Tueni, M., & de Vries, H. (2022). Authoritative parenting stimulates academic achievement, also partly via self-efficacy and intention towards getting good grades. Plos one, 17(3).
Haidar, G & Apsari, N. (2020). Pornografi pada Kalangan Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 7. 136.
Isti’adah, F. N., & Permana, R. (2017). Peranan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 8.
Mulham, A. F. (2019). Peran Komunikasi Interpersonal terhadap Burnout (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Mulyana, D. (2005a). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Mutiarani, A. (2020). Hubungan Antara Konformitas dalam Pergaulan dengan Kepercayaan Diri pada Remaja di Desa Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Bayumas. SKRIPSI Diajukan Kepada (Doctoral dissertation, IAIN).
Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91-96.
Novia, N. H., & Dwikurnaningsih, Y. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Interpersonal Dengan Interaksi Sosial Remaja Karang Taruna Grogol RW 07 Blotongan Salatiga. Jurnal Ilmiaah Wahana Pendidikan, 9(1), 310-317.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2023). Experience Human development (15th ed). McGraw-Hill.
Praptiningsih, N. A., & Putra, G. K. (2021). Toxic relationship dalam komunikasi interpersonal di kalangan remaja. Communication, 12(2), 132-142.
Repetti, R. L., Taylor, S. E., & Seeman, T. E. (2002). Risky families: family social environments and the mental and physical health of offspring. Psychological bulletin, 128(2), 330.
Riany, Y. E., Cuskelly, M., & Meredith, P. (2018). Psychometric properties of parenting measures in Indonesia. Makara Human Behaviour Studies in Asia, 22(2), 75-90.
Risnita, K. R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Bambel (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Rizal, M. (2023). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Kompetensi Sosial Pada Remaja Awal (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Rosida, I., & Widiastuti, N. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Peran Guru, dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 1-20.
Santrock, J. W. (2020). A Topical Approach To Life-Span Development (10th ed). McGraw-Hill Education.
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923-930.
Sareong, I. P., & Supartini, T. (2020). Hubungan komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap keaktifan belajar siswa di sma Kristen pelita kasih Makassar. Jurnal ilmu teologi dan pendidikan agama Kristen, 1(1), 29-42.
Sriwongo, L., Tumanggor, R. O., & Tasdin, W. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian pada Anak Remaja. PROSIDING SERINA, 2(1), 423-426.
Sun, Y., & Wilkinson, J. S. (2020). Parenting style, personality traits, and interpersonal relationships: A model of prediction of internet addiction. International Journal of Communication, 14, 23.
Sutisna, I. (2021). Mengenal model pola asuh baumrind. ARTIKEL, 1(6659).
Suriati, S., Samsinar, S., & Rusnali, N.A. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Akademia Pustaka.
Utomo, B. T. S. (2019). Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Proses Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Balap Wh19 Racing School (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Wood, J. T. (2017). Communication mosaics: An introduction to the field of communication (8th ed). Cengage Learning.
Yuliana, R., & Rahadi, D. R. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan DiMasa Pandemi Covid-19. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 27-35.
Zulfikar, A., L., M. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja Siswa Kelas X dan XI SMKN 2 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Published
2023-12-28
How to Cite
Fanny Febrianti, & Untung Subroto. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 799-811. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.183