HUBUNGAN LONELINESS DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PERANTAU

  • Puspitasari Ambarwati Universitas Tarumanagara
  • Monty P. Satiadarma Universitas Tarumanagara
  • Untung Subroto Universitas Tarumanagara
Keywords: Prokrastinasi, Loneliness, Mahasiswa Perantau

Abstract

Mahasiswa perantau menghadapi tantangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang sering kali berbeda dengan lingkungan asalnya. Kesulitan menyesuaikan diri ini dapat memicu perasaan kesepian (loneliness), yang selanjutnya berdampak pada perilaku menunda tugas akademik atau prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara loneliness dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada 393 mahasiswa perantau yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Loneliness Scale oleh de Jong- Gierveld dan Kamphuls dan modifikasi Skala Penundaan Akademik (APS) oleh McCloskey dan Scielzo. Hasil uji Spearman menunjukkan nilai p < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,601, yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara loneliness dan prokrastinasi akademik. Hasil perhitungan ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat loneliness pada mahasiswa perantau, semakin tinggi pula kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi akademik.

References

Abdi Zarrin, S., & Gracia, E. (2020). Prediction of academic procrastination by fear of failure and self-regulation. Educational Sciences: Theory and Practice, 20(3), 34-43.
Alvia, I., Saparahayuningsih, S., Sinthia, R. (2024). The Corelations of Loneliness with Social Media Addiction to Academic Procrastination in Adolescents. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 8(3). 1363- 1374. Doi : 10.31316/gcouns.v8i3.5899.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47.
Anam, M. K., & Hitipeuw, I. (2022). The correlation between loneliness and academic procrastination among psychology students at State University of Malang. KnE Social Sciences, 323-332.
Arumdina, A. F. (2013). Pengaruh kesepian terhadap pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal yang masih lajang (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Asmawan, A. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51-57.
Ayu, R. S., Hamid, A., Lita. (2021). The Comparison Of Loneliness And Family Support In The Elderly In Pstw With Elderly In Environment. Jurnal Keperawatan Hang Tuah (Hang Tuah Nursing Journal). 2(1). 114-128. https://www.doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss1.564.
Barreto, M., Victor, C., Hammond, C., Eccles, A., Richins, M. T., & Qualter, P. (2021). Loneliness around the world: Age, gender, and cultural differences in loneliness. Personality and individual differences, 169, 110066.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143-148.
Bruno, F. J. (2000). Conquer Loneliness, Menaklukkan Kesepian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Cinthia, R. R., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa(Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Daniel, K. (2013). Loneliness and depression among university students in Kenya. Global Journal of Human-Social Science Research, 13(4), 11- 18.
Dayakisni, T. (2009). Psikologi sosial.
De Jong Gierveld, J., Van Tilburg, T., & Dykstra, P. A. (2006). Loneliness and social isolation. Cambridge handbook of personal relationships,485–500
Giyarto, G., & Uyun, Z. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam mengerjakan skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Jan, R., & Hussain, A. Procrastination among Male and Female College Students.
Khatib, saleh. 2005. Exploring the relationship among loneliness, self esteem, self efficacy and gender in united arab emirates college students. Europe’s journal of psychology. No.8
Kurniawan, W. (2016). Agung, dan Zarah Puspitaningtyas. Metode Penelitian Kuantitatif.
Lee, J. S., Koeske, G. F., & Sales, E. (2004). Social support buffering of acculturative stress: A study of mental health symptoms among Korean international students. International Journal of Intercultural Relations, 28(5), 399-414.
Marta, S. (2014). Konstruksi makna budaya merantau di kalangan mahasiswa perantau. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(1), 27-43.
Masi, C. M., Chen, H. Y., Hawkley, L. C., & Cacioppo, J. T. (2011). A meta- analysis of interventions to reduce loneliness. Personality and social psychology review, 15(3), 219-266.
McCloskey, J., & Scielzo, S. A. (2015). Finally!: The development and validation of the academic procrastination scale. Manuscript submitted for publication.
Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). Teori Psikososial Erik Erikson: Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. Vox Edukasi, 12(2), 548423.
Muhid, A. (2010). Hubungan antara self-control dan self-efficacy dengan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1).
Muttaqin, V. A & Hidayati, I. A. (2022). Pengalaman Kesepian Pada Mahasiswa Rantau Selama Pandemi Covid-19. Psikostudia Jurnal Psikologi. 11(4). 587-602. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4.
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67.
Ramadhani, N. V., & Wibowo, D. H. (2023). The Relationship Between Loneliness and Self-Discovery in Teenagers Using K-Pop Roleplayer Accounts on Twitter. Journal of Social Research, 2(12), 4291-4299.
Rosenstreich, E., & Margalit, M. (2015). Loneliness, mindfulness, and academic achievements: A moderation effect among first-year college students. The Open Psychology Journal, 8(1).
Sabrina, K. N., Syakarofath, N. A., Karmiyati, D., Widyasari, D. C. (2022). Loneliness dan Internalizing Problems Remaja. Psychopolytan: Jurnal Psikologi. 5(2). 142-149.
Santrock, J. (2002). A topical approach to life-span development. Boston: McGraw-Hill.
Sembiring, K. D. R. (2017). Hubungan antara Kesepian dan Kecenderungan Narsistik pada Penggunaan Jejaring Sosial Media Instagram. Jurnal Psikologi, 16(2), 147-154.
Steel, P., & Ferrari, J. (2013). Sex, education and procrastination: An epidemiological study of procrastinators’ characteristics from a global sample. European Journal of Personality, 27(1), 51-58.
Tajalli, P., & Ganbaripanah, A. (2010). The relationship between daily hassles and social support on mental health of university students. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 5, 99-103.
Tulak, A. G & Sosialita, T. D. (2024). Hubungan Antara Social Support dengan Loneliness pada Mahasiswa Merantau: Tinjauan Literatur.
Ummah, A. K., & Murdiana, S. Gaya Kelekatan dan Kesepian pada Mahasiswa Perantau. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 5(1), 8-15.
Yunita, M.M., Isabel, K., Keziah, B. E., Natasya, M. C., Wijaya, S. C. (2022). Self-Esteem Dan Kesepian Pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Psikologi Malahayati. 4(2). 114-128. DOI : 10.33024/jpm.v4i2.6126.
Published
2025-01-07
How to Cite
Puspitasari Ambarwati, Monty P. Satiadarma, & Untung Subroto. (2025). HUBUNGAN LONELINESS DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PERANTAU. Journal of Social and Economics Research, 6(2), 637-651. https://doi.org/10.54783/jser.v6i2.669