PENGARUH REWARD DAN RECOGNITION TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT KARYAWAN DALAM BEKERJA DI PT X

  • Agnes Agitza Jaya Universitas Tarumanagara
  • Reza Fahlevi Universitas Tarumanagara
  • Debora Basaria Universitas Tarumanagara
Keywords: Reward dan Recognition, Employee Engagement, Karyawan PT X

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh reward recognition terhadap employee engagement pada karyawan divisi Sales PT X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh signifikan reward recognition terhadap employee engagement. Temuan lainnya mengungkap bahwa pengaruh reward recognition terhadap employee engagement adalah sebesar 29%, sedangkan 71% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi reward recognition meliputi: (1) Kesesuaian reward dengan kebutuhan karyawan, (2) Konsistensi dalam pemberian reward dan recognition, (3) transparansi dan keterbukaan, serta (4) recognition atas kontribusi yang signifikan (Latham & Pinder, 2005). Karyawan di divisi Sales PT X umumnya memiliki tingkat employee engagement dan reward recognition yang tinggi, dimana karyawan dengan reward recognition lebih tinggi cenderung memiliki employee engagement yang lebih tinggi, dan sebaliknya. Penelitian ini merekomendasikan agar penelitian selanjutnya mempertimbangkan faktor lain selain reward recognition, seperti variabel in role dan extra role behavior, serta menambahkan indikator dan referensi yang lebih beragam untuk memperluas cakupan penelitian, khususnya dalam konteks industri yang lebih luas.

References

Abrams, D., & Hogg, M. A. (2010). Social identity and self-categorization. The SAGE handbook of prejudice, stereotyping and discrimination, 1, 179-193.
Aula, S., Hanoum, S., & Prihananto, P. (2022). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Resiliensi Organisasi: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(1), 143–148.
Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2007). The job demands‐resources model: State of the art. Journal of managerial psychology, 22(3), 309-328.
Bakker, A., Demerouti, E., & Schaufeli, W. (2003). Dual processes at work in a call centre: An application of the job demands–resources model. European Journal of work and organizational psychology, 12(4), 393-417.
Baqir, M., Hussain, S., Waseem, R., & Islam, K. A. (2020). Impact of reward and recognition, supervisor support on employee engagement. American International Journal of Business and Management Studies, 2(3), 8-21.
Brun, J. P., & Dugas, N. (2008). An analysis of employee recognition: Perspectives on human resources practices. The International Journal of Human Resource Management, 19(4), 716-730.
Cahyaningtyas¹, A. S., Aeni, A. N., & Adipura, H. N. PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA DAN KETENAGAKERJAAN DI PASAR TENAGA KERJA.
Dulebohn, J. H., Bommer, W. H., Liden, R. C., Brouer, R. L., & Ferris, G. R. (2012). A meta-analysis of antecedents and consequences of leader-member exchange: Integrating the past with an eye toward the future. Journal of management, 38(6), 1715-1759.
Eisenberger, R., Stinglhamber, F., Vandenberghe, C., Sucharski, I. L., & Rhoades, L. (2002). Perceived supervisor support: contributions to perceived organizational support and employee retention. Journal of applied psychology, 87(3), 565.
Kahn, W. A. (1990). Psychological conditions of personal engagement and disengagement at work. Academy of management journal, 33(4), 692-724.
Kurniawan, R., & Anindita, R. (2021). Impact of Perceived Supervisor Support and Rewards and Recognition Toward Performance Through Work Satisfaction and Employee Engagement in Employee Marketing Banks. Business and Entrepreneurial Review, 21(1), 171-192.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Latham, G. P., & Pinder, C. C. (2005). Work motivation theory and research at the dawn of the twenty-first century. Annu. Rev. Psychol., 56, 485-516.
Lawler, E. E. (2003). Reward practices and performance management system effectiveness. Organizational dynamics, 32(4), 396-404.
Margaretha, G. I. E., Ivan, G. S., Elizabeth, R., Hutabarat, R., Soeyono, A., Ratu Erlina, G., ... & Tukiran, M. (2023). Peran Inovasi dan Strategik Manajemen Mendukung Kesiapan SDM Memasuki Dunia Kerja dan Usaha di Era Globalisasi-Revolusi Teknologi 4.0. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 1146.
Othman, R. B., Rapi, R. B. M., Alias, N. E. B., Jahya, A. B., & Loon, K. W. (2019). Factors affecting employee engagement: A study among employees in the Malaysian construction industry. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(7), 784-797.
Sadilla, V., & Wahyuningtyas, R. (2023). THE EFFECT OF REWARD AND RECOGNITION ON EMPLOYEE ENGAGEMENT (CASE STUDY AT PT. X PART DIRECTORATE H).
Saks, A. M. (2006). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of managerial psychology, 21(7), 600-619.
Schaufeli, W. B., Salanova, M., González-Romá, V., & Bakker, A. B. (2002). The measurement of engagement and burnout: A two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness studies, 3, 71-92.
Shadiq, A., Rosita, S., & Lubis, T. A. (2022). Pengaruh reward dan recognition untuk meningkatkan in role dan extra role behavior karyawan yang dimediasi oleh employee engagement di Petrochina International Jabung Ltd. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 403-414.
Shuck, B., Adelson, J. L., & Reio Jr, T. G. (2017). The employee engagement scale: Initial evidence for construct validity and implications for theory and practice. Human Resource Management, 56(6), 953-977.
Srimulyani, V. A. (2020). Talent management dan konsekuensinya terhadap employee engagement dan employee retention. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(4), 538-552.
Yolanda, P., Widiana, H. S., & Sari, E. Y. D. (2022). Kinerja Karyawan: Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Jurnal Diversita, 8(2), 148-157.
Published
2024-07-14
How to Cite
Agnes Agitza Jaya, Reza Fahlevi, & Debora Basaria. (2024). PENGARUH REWARD DAN RECOGNITION TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT KARYAWAN DALAM BEKERJA DI PT X. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1174-1184. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.423