PENGARUH PERMAINAN BAKIAK TENDEM UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 2 WERUNGOTOK NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Warsini Universitas PGRI Madiun
  • Parji Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Hanif Universitas PGRI Madiun
Keywords: Bakiak Tendem; Disabilitas; Interaksi; Komunikasi

Abstract

Siswa berkebutuhan khusus adalah siswa dengan keterbatasan baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang mempengaruh tumbuh kembang siswa sehingga memiliki perbedaan dengan siswa lainnya. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi sosial dan komunikasi verbal terhadap teman, guru, warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan permainan bakiak tendem dapat memberikan peningkatan kompetensi interaksi sosial dan komunikasi verbal, untuk menjelaskan ada tidaknya penerapan permainan bakiak tendem terhadap peningkatan komipetensi interaksi sosial dan komunikasi verbal pada siswa berkebutuhan khusus di SDN 2 Werungotok Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Wawancara dilakukan bersama guru pembimbing khusus dan wali kelas untuk pengambilan data.

References

Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Dharmamulya, S. (2005). Permainan Tradisional Jawa. Kepel Press.

Hasanah, N. I., & Pratiwi, H. (2016). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hurlock, E. B., & Perkembangan, P. (1980). Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Kencana.

Martini, J. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Galia Indonesia.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Narce. (2022). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial melalui Permainan Tradisional Kabente Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Purnama Desa Liwulompona Kabupaten Buton Tengah. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PG-Paud.

Nurni, Y. (2020). Model Pembelajaran SFAE Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX pada Materi Pokok Perdagangan Internasional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 985-992.

Prantoro, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak dan Engklek terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan.

Pratama, B. D., Hidayah, R. N., & Hargiyansari, T. (2019, March). Peran pendidik dalam menumbuhkan perilaku prososial anak dengan media permainan tradisional. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 20-23).

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Susilawati, E., Meiesyah, N. S. L., & Soerawidjaja, R. A. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan terhadap Peningkatan Interaksi Sosial pada siswa kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Kunciran 9 Tangerang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 2(2), 129-129.

Tantriyani, A. N., & Sunaryo, I. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama melalui Permainan Konstruktif pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Published
2023-06-23
How to Cite
Warsini, Parji, & Hanif, M. (2023). PENGARUH PERMAINAN BAKIAK TENDEM UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 2 WERUNGOTOK NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 393-399. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.146