PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO MAGETAN

  • Putri Kartika Sari Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Hanif Universitas PGRI Madiun
Keywords: Articulate Storyline, Hasil Belajar IPAS, Multimedia Interaktif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis articulate storyline terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Tambakrejo Magetan dan untuk mengetahui efektifitas dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan design one group pretest-posttest. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Tambakrejo yang berjumlah 21 siswa. Teknik yang digunakan ialah tes yang berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 66,19 dan berada pada kategori cukup yaitu 52,38%, sedangkan rata-rata posttest adalah 82,85% berada pada kategori sangat baik yaitu 71,43%. Hasil analisis menggunakan uji-t, diketahui bahwa nilai t Hitung = 13,68 dengan taraf signifikan 0,05, maka t Tabel adalah 1,725, sehingga t Hitung > t Tabel. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis articulate storyline berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN Tambakrejo Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.

References

Alhadi, D. F., & Chollik, M. (2021). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Intelraktif Belrbasis Articulatel Stolrylinel Pada Mata Pellajaran Gambar Telknik Kellas X SMK Nelgelri 1 Sidolarjol. Jurnal Pelndidikan Telknik Melsin, 11, 126–132.

Amiroh, A. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Arwanda, P. Irianto, S. & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbaisis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. AL-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204.

Dani, A.U., Arief, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 216-221.

Gelminiawan, I. P. H. El., Reldhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2018). KARAKTElRISTIK MULTIMElDIA INTElRAKTIF MATA PElLAJARAN IPA SMP. Jurnal Pelndidikan dan Pelmbellajaran Sains Indolnelsia (JPPSI), 1(2), 91.

Gulo, S., Harefa, A., O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educavito: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Mufidah, El., & Kholri, N. (2021). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Articulatel Stolrylinel untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Selkollah Dasar di Masa Pandelmi Colvid 19. IBTIDA’, 2(2), 124–132.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18.

Rohmah, F. N., dan Bukhori, I. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Ecoducation: Economic & Education Journal, 2(2), 169-180.

Safira, A. D., Sarifah, I. & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 237-254.

Saski, N., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118-1124.

Sinta, N. A. K., Astawan, I. G., Suarjana, I. M. (2021). Belajar Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 211-219.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Melningkatkan Hasil Bellajar Siswa Mellalui Stratelgi Pelmbellajaran Belrbasis Masalah pada Mata Pellajaran IPS di Kellas V SDN 2 Limbol Makmur Kelcamatan Bumi Raya. Jurnal Krelatif Tadulakol Olnlinel, 3(1), 90-103.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Wahyuni, S., dk. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110.

Wardani, K., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Komunikasi Telepon dalam Bahasa Inggris di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(1), 1-12.

Published
2023-08-01
How to Cite
Sari, P. K., & Hanif, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO MAGETAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 153-161. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.175