PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 04 MADIUN LOR

  • Isti Nur Afifa Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Hanif Universitas PGRI Madiun
Keywords: Hasil Belajar, IPAS, Media Pembelajaran, Pop Up Book.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain post-test only control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran pop up book dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data hasil belajar IPAS diperoleh melalui tes tulis yang dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data menggunakan uji t-test untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal hasil belajar IPAS. Kelompok eksperimen yang menggunakan media pop up book menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil belajar IPAS dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran pop up book dapat secara positif mempengaruhi hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD.

References

Alman, A., & Nugrahaeni, N. (2022). Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 149–55.

Anggraini, M. C., & Kristin, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4207–13.

Anjar Purba Asmara. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156.

Arifin, S. (2016). Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Belajar di Sekolah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. BASIC EDUCATION, 5(34).

Cahyani, Devi Dwi, dan Maya Mustika Kartika Sari. 2020. “Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” 5(1).

Eka Yuliana Sari. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan. Jurnal Pendidikan Dasar.

Fitriani, Ayu, Eko Retno Mulyaningrum, dan Rivanna Cittraning Rachmawati. 2018. Komparasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected dan Webbed melalui LSLC terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 11 Semarang. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5(2): 91–99.

Hasan, Muhammad, Milawati Milawati, Darodjat Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana Masdiana, dan I. Made Indra. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Jannah, Siti Nur, dan Masengut Sukidi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi.

Malfia Arip & Hijrawatil Aswat. 2021. Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1): 261–68.

Nikmah, Shofiatun, Harto Nuroso, dan Fine Reffiane. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2): 264.

Nisaa’, Fitriana Khoirun, dan Zuanita Adriyani. 2021. Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2):89–97.

Susilo, B. E. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. FMIPA UNNES.

Wati, Elis Trisdiana, dan Ulhaq Zuhdi. 2017. Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya.

Published
2023-08-01
How to Cite
Afifa, I. N., & Hanif, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 04 MADIUN LOR. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 132-140. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.173