EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 04 MADIUN LOR

  • Winda Seyra Martina Ayu Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Hanif Universitas PGRI Madiun
Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, IPAS, Metode Talking Stick.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan metode talking stick terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SDN 04 Madiun Lor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 04 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan di akhir kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen berupa modul ajar dan soal evaluasi dengan jenis pilihan ganda yang diuji instrumen terlebih dahulu sebelum digunakan pada penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran talking stick lebih efektif digunakan dan berpengaruh pada hasil belajar pada pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN 04 Madiun lor jika dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional.

References

Albab, M. U. (2022). Pengaruh Implementasi Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati Gurah Kediri Tahun Ajaran 2021-2022.

Andre Suhardiana, I. P. (2019). Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 41–54. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.704

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran (R. Damayanti (ed.)). Bumi Aksara.

Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran (S. S. Mukrimah (ed.); 1st ed.). Sifa Siti Mukrimah. https://www.slideshare.net/SyifaMukrimaa/53-metode-pembelajaran-ebook

Murtiningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pembahasan Konsep Dasar Model Pembelajaran Kooperatif. 99–106. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/12.pdf

Nadhirah, Y. F., Alfisyah, I., & Juhji, J. (2022). Talking Stick Method Toward Student Learning Activities in Islamic Cultural History Lessons. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 151–158. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.2044

Noviana, E., & Desta, C. T. (2018). Enhancing Primary Students’ Achivement in Civic Education with Talking Stick Approach. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 1(1), 44. https://doi.org/10.33578/jtlee.v1i1.5393

Prima Sari, A. S., & Br Sembiring, R. K. (2019). Improving Students’ English Speaking Skill Through the Implementation of Talking Stick Method to the Fifth Grade Students of State Primary School 028226 Binjai. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 507–513. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.552

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Rusilowati, A., Juhaidi, & Widiayatmoko, A. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. FMIPA Universitas Negeri Semarang. https://mipa.unnes.ac.id/v3/2022/04/konsep-desain-pembelajaran-ipas-untuk-mendukung-penerapan-asesmen-kompetensi-minimal/

Sari, W. (2016). The Influence of Using Talking Stick Technique to the Speaking Ability of Eleventh Grade Students at SMAN 1 GondangNganjuk. English Education: Journal of English Teaching and Research, 1(1), 69–77. https://doi.org/10.29407/jetar.v1i1.262

Susanti, Affrida, Z., & Fahyuni, E. F. (2017). Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran. Umsida, 1(1), 5–6.

Published
2023-08-01
How to Cite
Ayu, W. S. M., & Hanif, M. (2023). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 04 MADIUN LOR. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 141-152. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.174