PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IX SMPN 4 KARANG ANYAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 4 Karang Anyar Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan Metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IX. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan guru, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 74,00% pada siklus I menjadi 82,2% pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan sebesar 8,2%, yang dapat dikategorikan sebagai peningkatan yang sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS bagi siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Karang Anyar Tahun Pelajaran 2021/2022.
References
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305-315.
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924-930.
Anhusadar, L. (2020). Evaluasi pelaksanaan standar produk hasil belajar pada satuan pendidikan anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(1), 34-45.
Fairus, F., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 538-549.
Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Siswa pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 6(1).
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181.
Istiana, I. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Simulasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha dan Energi pada Siswa Kelas X IPA MAN Nagekeo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 202-215.
Kristanti, N. N. D., & Sujana, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan IPS pada Materi Kenampakan Alam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2).
Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis pada Google Classroom. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 141-148.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan model problem based learning berbantuan media audio visual meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80-92.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.
Misbah, S. (2022). Penerapan Metode Umpan Balik (Feed Back Partner) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 143-154.
Mulyadi, M., Helty, H., & Vahlepi, S. (2022). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 303-316.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94.
Nurjanah, S. (2021). Objek Asesmen Dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 85-91.
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem based learning terintegrasi STEM di era pandemi Covid-19 untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 193-204.
Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter film animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253-1263.
Qomaruddin, F. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di MA Nasyi’in Sidoarjo. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 6(2), 251-268.
Resya, N. F. S., & Diantoro, F. (2021). Sistem Pendidikan Nasional di Pondok Pesantren. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 209-230.
Rosidah, I., Sauri, S., & Syaodih, C. (2022). Implementasi pembelajaran life skill pada program kesetaraan paket C untuk membekali warga belajar yang siap memasuki lapangan kerja. Jurnal Eduscience, 9(1), 182-194.
Struyf, A., De Loof, H., Boeve-de Pauw, J., & Van Petegem, P. (2019). Students’ engagement in different STEM learning environments: integrated STEM education as promising practice?. International Journal of Science Education, 41(10), 1387-1407.
Tahisa, M., & Kusumawati, W. (2020). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Proses Penalaran Klinis pada Mahasiswa Keperawatan: Literature Review. The Shine Cahaya Dunia Ners, 5(1).
Utaminingrum, R. (2023). Strategi Peningkatan Manajemen Mutu di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen IV. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 730-739.
Walangadi, H., Umar, E., Rahmat, A., & Saleh, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 647-658.
Warsah, I., & Habibullah, H. (2022). Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 213-225.