ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LANGGANAN PELANGGAN TERHADAP FMX ATAU ONESTREAM MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK BINER DENGAN ALAT PYTHON
Abstract
Keputusan untuk berlangganan (subscribe) layanan FMX dan Onestream yang merupakan layanan TV Anywhere atau TV Streaming, memiliki tantangan yang menarik untuk dianalisis, terutama dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor- faktor utama yang memengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan subscribe FMX dan Onestream. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi logistik biner dengan bantuan Phyton. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 415 Responden pengguna FMX dan Onestrean yang dipilih secara acak. Variabel independen meliputi berbagai aspek seperti (1) Desain, (2) Kemudahan, (3) Responsif, (4) Hiburan, (5) Content, (6) Harga, (7) informasi, (8) Aplikasi dan (9) Paket, sementara variabel dependen adalah keputusan berlangganan (subscribe). Data survei diolah menggunakan Phyton, dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan subscribe adalah kualitas konten dan responsive aplikasi yang memuaskan. Faktor lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan subscribe. Berdasarkan analisis terhadap 415 responden, model regresi logistik berhasil memprediksi bahwa sebanyak 308 konsumen akan berlangganan (subcribe) dan 0 konsumen tidak akan melakukannya, dengan tingkat akurasi model sebesar 74,2 %. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi kami dan penyedia layanan serupa untuk memfokuskan strategi pemasaran pada kualitas aplikasi (responsive) dan variasi konten guna untuk meningkatkan keputusan pelanggan untuk subscribe.
References
Annisa, A., Wulandari, A., Hariandja, E. N. B., & Heikal, J. (2025). Identifying key drivers of repurchase intentions for Sari Roti products using binary logistic regression analysis. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 569–580. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.8716
Armstrong, G., Kotler, P., & Opresnik, M. O. (2023). Marketing: An introduction (15th ed.). Pearson.
Caroline.Id. (2025). Phyton program: Case study Caroline.Id. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(3), 543–559.
Faisal, F., Sari, I. R., Saraswati, I., & Heikal, J. (2024). Analisis pengaruh karakteristik produk terhadap niat beli ulang pelanggan menggunakan metode regresi logistik biner. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1182–1190.Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2009). Basic econometrics (5th ed.). McGraw-Hill Education.
Humaira, P. S., Nurwanda Putri, A., Pratiwi, P., & Heikal, J. (2025). Analysis of factors influencing consumers in using loyalty rewards programs in Indonesian convenience stores using binary logistic regression method. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 1807–1815. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i3.8124
Nielsen. (2024). Waktu yang dihabiskan untuk streaming melonjak menjadi lebih dari 40% di bulan Juni, pangsa penggunaan TV tertinggi dalam sejarah The Gauge™ Nielsen. Retrieved June 5, 2025, from https://www.nielsen.com/id/news-center/2024/time-spent-streaming-surges-to- over-40-percent-in-june-2024/
Pompeo, J. (2022, April). Surprised at the speed: Behind the scenes of CNN+’s stunning fall. Vanity Fair. Retrieved June 23, 2025, from https://www.vanityfair.com/news/2022/04/behind-the-scenes-of-cnns-stunning-fall?srsltid=AfmBOopF6kv_cHnSI9XEj120DktorLTP9REDs3P6IWDieL2I9Bm-UFLG
Statista. (2024). Number of Disney Plus subscribers worldwide from 1st quarter 2020 to 1st quarter 2024. Retrieved June 23, 2025, from https://www.statista.com/statistics/1095372/disney-plus-number-of-subscribers-us/

















