ANALISIS PENYEBAB KECACATAN PRODUK AMDK UNTUK MEMINIMALISIR REJECT DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA

  • M Rizqi Hidayatullah Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Hermansyah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Jurnal, Cacat Produk, AMDK, Six Sigma, DMAIC.

Abstract

Era globalisasi dengan persaingan sangat ketat dan informasi dapat diakses dengan mudah menuntut perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk guna memuaskan konsumen. Kemudahan akses informasi membuat konsumen lebih mudah memilih produk yang sesuai dengan keinginan. Sehingga perusahaan perlu memproduksi produk berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian kualitas pada proses produksi AMDK dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kerusakan produk. Penelitian ini berbasis deskriptif dengan populasi hasil produksi AMDK yang mengalami kerusakan selama bulan Desember 2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk rusak selama bulan Desember 2022 yang terdata setiap harinya oleh bagian Quality Control yang tidak sampai ke tangan konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah Six Sigma melalui fase Define, Measure, Analyze, improve, Control (DMAIC). Hasil analisis menyatakan bahwa sebesar 56.55% tingkat kecacatan produk AMDK terdapat pada faktor label tidak sempurna. Selain itu level sigma setelah menggunakan metode tersebut menjadi 4.35. Angka tersebut menunjukkan bahwa produk AMDK dengan menggunakan metode six sigma DMA mengalami peningkatan level sigma sebesar 0,18. Artinya, terdapat peningkatan kualitas produk AMDK walaupun tidak ada peningkatan secara signifikan. Jenis kecacatan yaitu label tidak sempurna, tutup miring, dan tutup putus.

References

Alberto, G., & Aritonang, Y. K. Penerapan Metode Six Sigma DMAIC untuk Meningkatkan Mutu Kain Denim Corak 1328 di PT Bina Usaha Cipta Prima.

Anastasya, A., & Yuamita, F. (2022). Pengendalian Kualitas pada Produksi Air Minum dalam Kemasan Botol 330 ml Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PDAM Tirta Sembada. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(I), 15-21.

Dewi, A. M., & Puspitasari, N. B. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma pada Produk AMDK 240 Ml PT. Tirta Investama Klaten. Industrial Engineering Online Journal, 7(4).

Fransiscus, H., Juwono, C. P., & Astari, I. S. (2014). Implementasi Metode Six Sigma DMAIC untuk Mengurangi Paint Bucket Cacat di PT X. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 3(2), 53-64.

Hermansyah, M., Pratikto, P., Soenoko, R., & Setyanto, N. W. (2013). Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) Produksi Maltosa dengan Pendekatan Good Manufacturing Practice (GMP). JEMIS (Journal of Engineering & Management in Industrial System), 1(1).

Karenza, G. M., Adianto, H., & Liansari, G. P. (2016). Pengurangan Jumlah Produk Cacat Kue Kering Nastar Keju di PT. Bonli Cipta Sejahtera Menggunakan Metode Six Sigma. Reka Integra, 4(2).

Wardhana, W., Harsono, A., & Liansari, G. P. (2015). Implementasi Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma untuk Mengurangi Jumlah Cacat Produk Sajadah pada Perusahaan PT. Pondok Tekstil Kreasindo. Reka Integra, 3(1).

Wibowo, H., & Khikmawati, E. (2014). Analisis Kecacatan Produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) sebagai Upaya Perbaikan Kualitas dengan Metode DMAIC. Spektrum Industri, 12(2), 153.

Widyarto, W. O., Firdaus, A., & Kusumawati, A. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Air Minum Dalam Kemasan menggunakan Metode Six Sigma. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(1), 17.

Wisnubroto, P., & Rukmana, A. (2015). Pengendalian Kualitas Produk dengan Pendekatan Six Sigma dan Analisis Kaizen Serta New Seven Tools sebagai Usaha Pengurangan Kecacatan Produk. Jurnal Teknologi, 8(1), 65-74.

Yuliani, R. K., Wahyani, W., & Kurniawati, D. (2020). Analisa Kecacatan Produk Air Minum dalam Kemasan Telaga Tanjung dengan Pendekatan Six Sigma. Cyber-Techno, 14(2), 44-55.

Zakariya, Y., Mu’tamar, M. F. F., & Hidayat, K. (2020). Analisis Pengendalian Mutu Produk Air Minum dalam Kemasan Menggunakan Metode New Seven Tools (Studi Kasus di PT. DEA). Rekayasa, 13(2), 97-102.

Published
2023-07-13
How to Cite
Hidayatullah, M. R., & Hermansyah, M. (2023). ANALISIS PENYEBAB KECACATAN PRODUK AMDK UNTUK MEMINIMALISIR REJECT DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 72-83. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.160