PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI NINJA POINT V3 DENGAN PENDEKATAN FUZZY-AHP UNTUK EVALUASI PERUSAHAAN

  • Mirza Busthomy Yahya Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Hermansyah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Pemilihan Supplier/Seller, FAHP, Kriteria Kualitas.

Abstract

Pemilihan supplier/seller merupakan masalah multikriteria dimana setiap kriteria yang digunakan memiliki kepentingan yang berbeda dan informasi yang tidak diketahui secara pasti. Pemilihan supplier berdasarkan penawaran harga rendah tidak lagi efisien. PT. AM menghadapi kendala terkait jumlah pemasukan paket yang tidak sesuai dengan data dan pengiriman dalam memenuhi pesanan dan juga tingka keterlambatan pengiriman yang kian tinggi persentasenya. Ketidakstabilan yang terjadi belum tentu karena faktor lain yang cenderung jauh dari rencana dan perkiraan perusahaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi secara terukur dalam pengambilan keputusan perusahaan terhadap pemilihan supplier/seller. Pendekatan penelitian ini menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam proses pendukung pengambilan keputusan dari suatu permasalahan yang kompleks dan terukur. Kompleksitas dan keterukuran ini menggunakan fuzzy untuk mengakomodasi ketidakpastian yang terjadi saat pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan kombinasi metode Fuzzy AHP dan penilaian menggunakan rating scale, diketahui bahwa PT. AM diperoleh hasil perhitungan masing-masing kriteria pada penelitian ini dengan kriteria kualitas 0,2829, kriteria pengiriman 0,2096, kriteria harga 0,1457, kriteria pelayanan 0,0984, kriteria kemampuan packing 0,1466, dan kriteria karakteristik seller 0. 1172. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kriteria kualitas menjadi prioritas utama dalam pemilihan seller.

References

Azar, A., Hemmatinezhad, M., & Alijani, E. (2015). Supplier Segmentation using fuzzy preference relations based AHP (Case study: Fouman Shimi). Journal of Current Research in Science, 3(6), 1.

Chang, D. (1996). Applications of the extent analysis method on fuzzy AHP. European Journal of Operational Research, 95, 649-655.

Dagun, S. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).

Deng, H. (1999). Multicriteria Analysis with Fuzzy Pairwise Comparison. International Journal Approximate Reasoning, 21, 215-231.

Dubois, D., & Prade, H. (1980). Fuzzy Sets and Systems: Theory and Applications. New York: Kluwer Academic.

Elveny, M., & Rahmadsyah. (2014). Analisis Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) Dalam Menentukan Posisi Jabatan. Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 4(1).

Ghodsypour, S., & O'Brien, C. (2001). The Total Cost of Logistic in Supplier Selection, under Conditions of Multiple Sourching, Multiple Criteria and Capacity Constrains. International Journal of Production Economics, 73, 15-27.

Gungor, Z., Serhadlioglu, G., & Kesen, S. E. (2009). A Fuzzy AHP aproach to personnel selection problem. International Journal of Applied Soft Computing, 9, 641-646.

Haq, N. A., & Kannan, G. (2006). Fuzzy analytical hierarchy process for evaluating and selecting a vendor in a supply chain model. International Journal of Adv Manufacture Technology, (29), 862-835.

Harrison, E., & Pelletier, M. (2000). Management Decission: The Essence of Management Decission. Management Decission, 38(7), 462-470.

Hasan, M. (2004). Pokok-pokok Materi Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kaganski, S., Majak, J., & Karjust, K. (2018). Fuzzy AHP as a tool for prioritization of key performance indicators. International Journal of Manufacturing System, 72, 1227-1232.

Kaufmann, A., & Gupta, M. M. (1988). Fuzzy Mathematics Models in Engineering and Management Science. North Holland: Elsevier Science Publisher.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelegence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy: Untuk Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Marimin. (2005). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo.

Naude, M., & Chiweshe, N. (2017). A Proposed Operational Risk Management Framework for Small and Medium Enterprises. South African Journal of Economics and Management Sciences, 20(1), 1-10.

Ozdagoglu, A., & Ozdagoglu, G. (2007). Comparison of AHP and Fuzzy AHP for The Multi-Criteria Decision Making Process with Linguistic Evaluations. 6(11), 65-85.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Reason, J. (1990). Human Error. Ashgate.

Saaty, T. L. (1993). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin: Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Pustaka Binaan Pressindo.

Saaty, T. L., & Vargas, L. G. (2000). Models, Methods, Concepts, & Applications of the analytic hierarchy process.

Salusu, J. (2004). Pengambilan Keputusan Stratejik: Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo.

Samadhan, D. (2013). Validation of Performance Measures for Green Supllier Selecetion in Indian Industries. International Journal of Modern Engineering Research (IJMER), 3(3), 1617-1622.

Soroor, J., Tarokh, M., Khoshalhan, F., & Sajjadi, S. (2012). Intelligent Evaluation of Supplier Bids Using a Hybrid Technique in Distributed Supply Chains. International Journal of Manufacturing System, 31, 240-252.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Syamsi, I. (2000). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tang, Y. C., & Beynon, M. J. (2005). Application and Development of a Fuzzy Analytic Hierarchy Process within a Capital Investment Study. Journal of Economics and Management, 1(2), 207-230.

Turban, E. (1995). Decission Support Systems and Expert Systems. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Wulandari, F. (2005). Pembuatan sistem Pendukung Keputusan Berbasis Teori Fuzzy Untuk Mengembangkan Produk Baru. Jurnal Sains, Teknologi & Industri 2, 62-66.

Hermansyah, M. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jkie, (1), 81–90.

Hermansyah, M. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dimensi, 11(1), 200–210.

Published
2023-07-13
How to Cite
Yahya, M. B., & Hermansyah, M. (2023). PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI NINJA POINT V3 DENGAN PENDEKATAN FUZZY-AHP UNTUK EVALUASI PERUSAHAAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 30-41. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.155