PENGELOLAAN KAMPANYE DIGITAL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @rumah.aman MENGENAI STIGMA NEGATIF TERHADAP MASYARAKAT ADAT

  • Shinta Aprillia Kusuma Wardhani Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Muria Putriana Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Soegiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Anggun Nadia Fatimah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: management, social media, stigma, AMAN

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana pengelolaan media sosial Instagram @rumah.aman mengenai stigma negatif Masyarakat Adat dengan menggunakan teori POAC (Planning Organizing Actuacting Controlling) oleh George R Terry. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @rumah.aman berhasil menjalankan planning dengan melakukan penyusunan rencana konten mingguan. Dalam hal organizing, AMAN berhasil melakukan pembagian tim dengan jobdesk kemampuan timnya. Dalam menjalankan actuating, AMAN melakukan produksi konten dengan rencana yang telah disusun. AMAN juga melakukan kolaborasi dengan NGO lain untuk memperkuat jangkauan kampanye. Terakhir, dalam menjalankan controlling melakukan evaluasi dengan laporan monitoring yang berisi matriks untuk mengukur keberhasilan kampanyenya. Namun, AMAN sering kali mengalami keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaannya sehingga menyebabkan inaktif akun.

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62.

Faizal Mulia Z. (2022). Implementation Of Organizational Culture on Village Owned Enterprises (Bumdes) Village Karangpapak Cisolok Subdistrict Sukabumi District. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 3(1).

Fitriandari, M., & Winata, H. (2021). Manajemen Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Journal of Management Studies, , 15, 3–4.

Fuadi, M. H., Novita, L., & Aziza, D. K. (2024). Strategi Public Relations Dalam Membangun Narasi Politik Di Pilpres 2024: Analisis Komunikasi Kampanye

Calon Presiden Anis-Muhaimin Di Media Sosial. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 10.

Imsah, M. A., Sari, W. P., & Putriana, M. (2023). Efektivitas Media Baru dalam Penyampaian Pesan Kampanye Kesehatan Mental. Jurnal Komunikasi Dan

Penyiaran Islam, 1.

https://doi.org/https://doi.org/10.15408/interaksi.v3i1.31837

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat.

Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8, 188– 189.

Obed Edotalino Sudiro, & Suharto, S. (2024). Perlindungan Hukum Kawasan Hutan Adat dan Hak Ulayat. Jurnal Hukum, Politik Dan Humaniora, 1(3), 275–276.

Sitoyo, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Tampubolon, M. H. R. (2010). Konsepsi Masyarakat Adat dan Problematika Pengakuan dan Perlindungannya. Risalah Hukum Fakultas Hukum Unmul, 6(2), 71–82.

Published
2025-06-19
How to Cite
Shinta Aprillia Kusuma Wardhani, Wina Puspita Sari, Muria Putriana, Asep Soegiarto, & Anggun Nadia Fatimah. (2025). PENGELOLAAN KAMPANYE DIGITAL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @rumah.aman MENGENAI STIGMA NEGATIF TERHADAP MASYARAKAT ADAT . Journal of Social and Economics Research, 7(1), 394-401. https://doi.org/10.54783/jser.v7i1.880