STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @idx_channel DALAM MENJANGKAU KHALAYAK LUAS
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi pengelolaan media sosial Instagram @idx_channel dalam menjangkau khalayak luas dengan menggunakan teori 4C (Context, Communication, Collaboration, Connection) oleh Chris Heuer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @idx_channel berhasil memanfaatkan context dengan menyajikan konten yang relevan dan up-to-date terkait pasar modal dan investasi yang sesuai dengan keinginan audiens. Dalam hal communication, IDXChannel telah mengadaptasi gaya komunikasi mereka sesuai dengan kebutuhan audiens dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti. Namun, IDXChannel kurang aktif dalam melakukan komunikasi dua arah dengan audiens. collaboration juga dilakukan dengan melibatkan para influencer, pengusaha, dan institusi keuangan untuk memperluas jangkauan konten dan meningkatkan kredibilitas akun. Terakhir, connection IDXChannel telah berhasil membangun koneksi yang kuat dengan audiens mereka melalui memanfaatkan fitur yang ada pada Instagram. Melalui penggunaan template, IDXChannel tidak hanya menyediakan konten yang menarik, tetapi juga mengundang partisipasi aktif dari audiens.
References
Anisah, A., Amirullah, A., & Ruslan, R. (2019). DAMPAK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT BEUTONG ATEUH PASCA PENUTUPAN PT. EMAS MINERAL MURNI DI KABUPATEN NAGAN RAYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1). https://jim.usk.ac.id/pendidikan-kewarganegaraan/article/view/29720
Ardiyanti, D., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di kota langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 168–178.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
Lumintang, M. S., Senduk, J. J., & Mandey, N. (2020). PERSEPSI MAHASIWA PADA BERITA ONLINE POST TRUTH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31192
Mardhiyanto, R., & Muttaqien, M. (2023). Strategi Promosi Portal Berita Online Serayunews Dalam Membangun Brand Awareness. https://www.academia.edu/download/103786456/8311.pdf
Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan media visual untuk siswa kelas V di SDN Muncul 1. Edisi, 3(2), 225–242.
Ritonga, V. D. S. D., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Pemahaman Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 413–417.
Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348.
Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2735–2742.
Widyaputri, N., Suwu, E. A., & Tumiwa, J. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Dalam Pemasaran Bisnis Online Shop Di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Society, 2(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/41776