PENGARUH LAYANAN ADMINISTRASI, LAYANAN DOKTER DAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BATURUSA KABUPATEN BANGKA
Abstract
Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Kepuasan pasien menjadi salah satu indikator penting dalam menilai mutu layanan kesehatan. Terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan serta meningkatnya keluhan terkait pelayanan dapat disebabkan oleh menurunnya kepuasan pasien. Faktor-faktor seperti waktu tunggu yang lama, Pelayanan administrasi, dan pelayanan dokter menjadi faktor yang mempengarui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan administrasi, layanan dokter, dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Baturusa Kabupaten Bangka. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan intsrumen berupa kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Pendekatan dilakukan dengan metode deskriptif dan verifikati dengan software SMART-PLS 4. Sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik random sampling sebanyak 108 responden yang merupakan pasien lama di puskesmas Baturusa Kabupaten Bangka. Hasil penelitian didapatkan layanan administrasi terhadap kepuasan pasien menunjukkan nilai t statistik 5,321 > 1,96 atau nilai p values 0,000 < 0,05, H1 diterima maka terdapat hubungan layanan administrasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel layanan dokter terhadap kepuasan pasien memiliki t statistik 4,066 > 1,96 atau nilai p value 0,000 < 0,05 maka H2 diterima sehingga terdapat pengaruh Pelayanan Dokter terhadap Kepuasan Pasien. Variabel waktu tunggu terhadap kepuasan pasien medapat nilai t statistik 3,010 > 1,96 ataul nilai p value 0,001 < 0,05 maka H3 diterima sehingga terdapat hubungan antara waktu tunggu dan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas baturusa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara Layanan administrasi, layanan dokter dan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Baturusa Kabupaten Bangka.
References
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Aprina, dkk (2019). Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 7 No. 1
Azwar, A. (2014). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: pustaka sinar harapan
Brayn, dkk (2023). Patient Behaviors that Impact Patient Satisfication. Patient Experience Journal, Vol 10, No. 2.
Cilvia dkk (2018). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mopuya Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal KESMAS, Vol. 7, No.5
Dedi, dkk (2019). Analisis Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Maccini Sombala. Jurnal Kesehatan, Vol 12, No. 2.
Delafrooz, N., Taleghani, M., & Taghineghad, M. (2013). The impact of service innovation on consumer satisfaction. International Journal of Marketing and Technology, 3(5),
Devina, N., Febrian, F., & Murniwati, M. (2018). Hubungan dimensi kualitas pelayanan petugas administrasi pengelola bpjs kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di poliklinik rsud dr. Rasidin padang. Andalas Dental Journal, 6(1).
Ervuaningsih, dkk (2020). Kebijkan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Bandung: Penerbit Widina
Gede Muninjaya, A.A. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2 Jakarta, ECG
Guspianto, Maya, Rizaliah (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ) Vol 7, No.1
Lukiyana dan Arsinta. (2018). Pengaruh Pelayanan Tenaga Administrasi Dan Kualitas Kerja Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Yang Dimoderasi Oleh Kepercayaan Pasien. Jurnal Bisnis Manajemen. Vol 14.
Neti M. B., (2015). Analisis Lama Waktu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara.
Ni made (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan Uptd Puskesmas Ii Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik, Vol. 1 No. 2.
Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi penelitian kesehatan
Paulu PP, Tucunan A.A.T, Kandou G.D (2018). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dokter dan Perawat di Puskesmas Tanawangko Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal KESMAS, Vol 7, No. 4