PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPERCAYAAN DIRI, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

  • Yolanda Citra Melissa Universitas Trisakti
  • Marchelia Grace Universitas Trisakti
  • Christina Dwi Astuti Universitas Trisakti
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada Mahasiwa Program Studi Akuntansi pada Universitas di Jakarta. Peneliti menyebarkan kuesioner online ke 300 Mahasiswa. Dari total keseluruhan kuesioner yang disebarkan memiliki ketidaksesuaian kriteria sehingga jumlah kuesioner yang dapat digunakan untuk analisis penelitian sebanyak 294 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, (2) Kepercayaan Diri tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dan (3) Perilaku Belajar berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Akuntansi, J., & Syariah, P. (2022). Jamasy : Jamasy : 2, 76–89.
Arminiasih, K. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2019). Pengaruh pengendalian diri, budaya, kepercayaan diri (self-confidence) terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 angkatan tahun 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 104–112.
Berlianawati, N. L. P., & Putri, I. G. A. M. A. D. (2022). Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual, Motivasi Belajar, dan Pemahaman Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Akuntansi, 32(1), 3556. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i01.p18
Elizabeth Ni Putu Novitasari, Gde Herry Sugiarto Asana, & Made Christin Dwitrayani. (2022). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Triatma Mulya. Journal Research of Accounting, 3(2), 253–264. https://doi.org/10.51713/jarac.v3i2.63
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Bisnis Multivariete dengan Program IBM SPSS 21.Universitas Semarang.
Hafsah, H., Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMSU. Owner, 7(1), 312–321. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1260
I. Halimah, R. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Adversity Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 326–335.
Jondo, A. M. C., & Demu, Y. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Undana. Jurnal Akuntansi : Transparansi Dan Akuntabilitas, 7(2), 111–121. https://doi.org/10.35508/jak.v7i2.1701
Lestari, W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Kuantan Singingi). ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 143–151.
Menne, F., Setiawan, A., & Nasriati, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Universitas Bosowa Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
Nugroho, F. B. A., Rispayanto, & Kristianto, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Kompetensi Dosen dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14(2), 351–360.
Prayoga, A., Dongoran, P., & Widayati, N. (2022). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang) Angga Prayoga 1. JEB: Ekonomi Bisnis, 28(1), 36–43. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/2396
Rasyid, M. F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak. Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi, 11(1), 11–25. https://jurnal.untan.ac.id
Sihite, M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kampus terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya). UBHARA Accounting Journal, 1(November), 281–289.
Suwi Novita Devi, M., Sujana, I. K., & Pradnyantha Wirasedana, I. W. (2020). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Adversitas pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(4), 897. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i04.p08
Yogi, ginajar; N. H. (2022). Akuntansi, Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Feb Unikal 2022, 686–697.
Published
2023-12-31
How to Cite
Yolanda Citra Melissa, Marchelia Grace, & Christina Dwi Astuti. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPERCAYAAN DIRI, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1732-1745. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.275