PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROSES, & PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMODERASI KETERAMPILAN TENAGA PENJUAL PADA APLIKASI DIGITAL “KAWAN CUSTOMER” PT WOM FINANCE TBK CABANG DAAN MOGOT

  • Roland Andi Setia Universitas Kristen Krida Wacana
  • Bernard T. Widjaja Universitas Kristen Krida Wacana
  • Saparso Universitas Kristen Krida Wacana
Keywords: Kualitas Produk, Proses, Promosi, Keputusan Pembelian, Keterampilan Tenaga Penjual, WOM Finance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, proses, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada aplikasi digital "KAWAN Customer" PT WOM Finance Tbk Cabang Daan Mogot, dengan keterampilan tenaga penjual sebagai variabel moderasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data berbasis uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai P Values masing-masing 0.000 dan 0.009. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai path coefficient 0.531. Keterampilan tenaga penjual tidak memoderasi hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian (P Values 0.546), namun memiliki peran moderasi positif yang signifikan pada hubungan antara proses dan keputusan pembelian (P Values 0.006), serta promosi dan keputusan pembelian (P Values 0.002). Dengan demikian, peningkatan kualitas produk dan proses yang baik dapat langsung meningkatkan keputusan pembelian, sementara efektivitas promosi dapat diperkuat dengan keterampilan tenaga penjual yang memadai.

References

Gusti Ayu Widyasti. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Yotta Kota Palopo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Juran, J. M., & Godfrey, A. B. (2019). Juran's Quality Handbook: The Complete Guide to Performance Excellence (7th ed.). McGraw-Hill Education.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson.
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management (6th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Laksana. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath Zumar.
Kotler, P., & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas. Erlangga.
Sofiah, M., Ramadhani, S., & Bi Rahmani, N. A. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 122. https://doi.org/10.26623/jreb.v16i2.7288
Tisa Agustina. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada E-Commerce Jd.Id (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Pakuan).
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Fandy Tjiptono. 2017. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Alma, Buchari. 2016. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Johnston, M. W., & Marshall, G. W. (2016). Sales Force Management: Leadership, Innovation, Technology (12th ed.). Routledge.
Published
2024-12-31
How to Cite
Roland Andi Setia, Bernard T. Widjaja, & Saparso. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROSES, & PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMODERASI KETERAMPILAN TENAGA PENJUAL PADA APLIKASI DIGITAL “KAWAN CUSTOMER” PT WOM FINANCE TBK CABANG DAAN MOGOT. Journal of Social and Economics Research, 6(2), 1385-1400. https://doi.org/10.54783/jser.v6i2.719