PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

  • Indah Mawarni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sjakhyakirti Palembang
Keywords: budaya organisasi,, kinerja pegawai

Abstract

Tujuan penelitian adalah: Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Komering Ilir. Badan Narkotika Nasional (disingkat BNN) adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol. BNN dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Penelitian mengambil sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara hubungan (hipotesis asosiatif) dua variabel yaitu variabel X (Budaya Organisasi) dan variabel Y (Kinerja Pegawai). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ogan Komering Ilir sebanyak 29 responden dengan mengisi kuesioner skala likert. Nilai t-hitung> t-tabel 0.547) dan Signifikansi pada angka (0,000 < 0,05). Artinya dapat disimpulkan bahwa Budaya Organisasi (X) Berpengaruh secara Positif dan Signifikan Terhadap Kinerja Pegawai (Y).

References

Anwar Prabu Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Refika Aditama, Bandung.
Arfiyanto, D., & Andini, I. Y. (2016). Pengendalian Sumber Daya Manusia pada Pegawai Universitas Wiraraja Bagian Struktural dalam Pencapaian Prestasi Kerja. In Performance (Vol. 6, No. 2, pp. 61-73). Universitas Wiraraja Sumenep.
Ester Silvyana Siburian, dkk. (2021). “Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat di Kantor Kelurahan Sinaksak Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.” Jurnal Governance Volume 1. Nomor.2
Indriyani, Etty dan Christologus WH Petrus. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadapa Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening pada Workshop SMK Katholik.
Jamaluddin, Rudi Salam, Harisman Yunus & Haedar Akib. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 4, No. 1.
Kartiningsih. (2007). Analisis Pengaruh Budaya organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Brawijaya.
Malayu S.P Hasibuan. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Mangkunegara, AA Anwar Prabu. (2008). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional
Prihayanto Susandi. (2012). Analsis Pengaruh Budaya organisasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Tanuwibowo & Sutanto. (2014). Hubungan Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasional Pada Kinerja Pegawai. Trikonomika, 13(2), 144.
Published
2023-06-30
How to Cite
Indah Mawarni. (2023). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Journal of Social and Economics Research, 5(1), 289-297. https://doi.org/10.54783/jser.v5i1.363