PENERAPAN MEMBACA Q.S. AL-HUJURAT PADA SISWA KELAS X SMA EKASAKTI PADANG MELALUI PEER TEACHING METHODS

  • Slamet Riyadi
  • Nur Adilah Universitas Ekasakti
  • Suwardi Universitas Ekasakti
Keywords: QS. AL_Hujarat, SMA Ekasakti, peer teaching methods

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian   tindakan ini adalah: (a) bagaimana penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi QS. Al Hujurat? (b) Bagaimana hasil metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca QS. Al Hujurat? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: (a) gambaran obyektif dari penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi QS. Al Hujurat? (b) hasil metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca QS. Al Hujurat? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ekasakti Padang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa   prestasi belajar   siswa     mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (71,8%), siklus II (87,5%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode tutor sebaya dapat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Membaca QS. Al Hujurat Siswa X SMA Ekasakti Padang

Published
2022-01-20
How to Cite
Slamet Riyadi, Nur Adilah, & Suwardi. (2022). PENERAPAN MEMBACA Q.S. AL-HUJURAT PADA SISWA KELAS X SMA EKASAKTI PADANG MELALUI PEER TEACHING METHODS . Journal of Social and Economics Research, 3(2), 175-183. https://doi.org/10.54783/jser.v3i2.31