MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

  • Zalfa Mufidah Institut Agama Islam Al Zaytun
  • Maharani Amelia Putri Institut Agama Islam Al Zaytun
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Al Zaytun
Keywords: Presentasi, Komunikasi dan Metode

Abstract

Salah satu aspek penting dalam komunikasi adalah keterampilan presentasi. Namun, meskipun pentingnya keterampilan presentasi dalam konteks ini, banyak mahasiswa menghadapi tantangan dalam mengatasi kecemasan saat berbicara di depan umum. Oleh karena itu, meningkatkan keterampilan presentasi menjadi hal sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap mahasiswa. Dengan begitu, mereka mampu menghindari kecemasan yang membuat mereka ragu akan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan metode serta model yang efektif dalam meningkatkan keterampilan presentasi mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam untuk mengatasi kecemasan yang sering kali menghambat mereka. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, metode serta model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan presentasi diantaranya adalah mind mapping, jigsaw & Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, pembelajaran berbasis drama dan Thing Talk Write. Terbukti memang dapat membantu meningkatkan keterampilan presentasi untuk mahasiswa. Hal ini ditinjau dari beberapa referensi Jurnal yang ditemukan. Dengan demikian berdasarkan penelitian ini disarankan bagi mahasiswa ataupun dosen bisa menerapkan metode dan model pembelajaran di atas. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami materi dengan baik serta mampu meningkatkan keterampilan presentasi.

References

Buzan, T. (2005). The Ultimate Book of Mind Maps. London: Harper Collins Publisher Ltd.
Charisma Asri Fitrananda, R. A. (2018). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN PRESENTASI BAGI SISWA SMAN 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat MADANI, 4. Retrieved from https://ejournal.upnvj.ac.id/madani/article/view/507/381
Istarani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Lewis, C. (2005, July). Power Mapping: An Expression of Radiant Thinking. Training Journal, 37.
Mahardika, D. (2015). Cerdas Berbicara di Depan Publik. Yogyakarta: FlashBooks.
Muhammad Rizqy, N. S. (2023, Januari). Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 1. Retrieved from https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALADALAH/article/view/146
Novita, K. (2019, November). STRATEGI MEMBANGUN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN PUBLIC SPEAKINGMELALUI METODE PRESENTASI DAN ROLE PLAYINGMISS UNIVERSE ASEAN. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9, 21-28. Retrieved from http://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/172/131
Padilah, A. N. (2022). Pengaruh Self-Talk pada Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Yang Mengalami Kecemasan Berbicara saat Presentasi Di Depan Kelas. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4, 1431-1437. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/10743/8173
Pane, I. (2013). Smart Trust Public Speaking. Jakarta: Prenada Media.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sri Hartini, T. S. (2022, Agustus). Pelatihan Teknik Presentasi Bagi Remaja Karang Taruna Taruna di Desa Bakulan, Cepoho, Boyolali. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01. Retrieved from http://www.kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/103/86
Winda Septa Riani, Y. A. (2014, Juni). HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN KECEMASAN SAAT PRESENTASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL. Jurnal Psikologi, 12. Retrieved from https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/HUBUNGAN-ANTARA-SELF-EFFICACY-DAN-KECEMASAN-SAAT.pdf
Wulan Kusuma Wardani. Rini Asnawati, S. S. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Ditinjau Dari Peningakatan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika.
Published
2024-01-23
How to Cite
Zalfa Mufidah, Maharani Amelia Putri, & Meity Suryandari. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1344-1350. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.224