PEGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

  • Fakhri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi
Keywords: Kualitas Pelayanan Kepuasan Pemustaka Hulu Sungai Utara

Abstract

Kualitas pelayanan adalah suatu hal yang amat penting bagi kepuasan pemustaka sebab, tercapai atau tidaknya tujuan yang diinginkan tergantung pada kepuasan pemustaka. Hal ini dapat diukur dengan membandingkan persepsi para pemustaka atas pelayanan yang mereka terima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu : (1) Perolehan hasil analisis deskriptif dengan nilai rerata baik dari segi kualitas pelayanan maupun kepuasan pemustaka skala penilainnya berada pada angka 3,59 yang menunjukkan kualitas pelayanan dan kepuasan pemustaka sudah baik. (2) Hasil persamaan regresi Y = 1,643+0,962X+e menujukkan bahwa hasil persamaan regresi linear sederhana tersebut, nilai konstanta positif sebesar 1,643 menunjukkan pengaruh positif variabel independen (kualitas pelayanan). (3) Koefisien R Square menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Hulu Sungai Utara sebesar 0,965, yang berarti pengaruhnya sebesar 96,5% (sangat kuat) dan sisanya sebesar 3,5% dipengaruhi oleh faktor lain. (4) Hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dimana nilai thitung sebesar 52,028 sedangkan ttabel sebesar 1,984. Sehingga, menujukkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka. Saran peneliti untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Hulu Sungai Utara agar terus meningkatkan kualitas pelayanan baik fisik maupun non fisik.

References

A. Muri, Yusuf. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif danPenelitian Gabungan, Padang: UNP Pres.
Agung Nugroho, Bhuno. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitiandengan SPSS, Yogyakarta : Andi.
Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : DepartemenPendidikan Nasional Balai Pustaka.
Andriko Firma dan Elva Rahmah, 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Kopertis Wilayah X. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 1, No. 1.
Anshori, Muslich. Sri, Iswati . 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya:Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga.
Anting Somantri dan Sambas Ali Mujahidin, 2006. Aplikasi Statistika dalamPenelitian, Pustaka Setia : Bandung.
Apriani, Ulva. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Tulungagung, Jurnal Benefit, Vol. 5, No.1.
Arikunto, Suhaimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineke Cipta.
Arisal, Andi. 2016. Kualitas Pelayanan Pustakawan Pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis, Vol. 4, No.4.
Arischa, Suci. 2019. Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, JOM FISIP, Vol.6, Edisi 1.
As’ari, Ruli. 2018. Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya, Jurnal GeoEco, Vol. 4,No. 1.
Berselius Candra dan Mecca Arfa. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan STIKES Telogoorejo Semarang, JurnalIlmu Perpustakaan, Vol 6, No.3.
Bungin, Burhan. 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. Darwin, Muhammad, dkk. 2021. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif.Bandung: Media Sains Indonesia.
Eliza, Yulina. 2015. Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas PelayananKantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, SekolahTinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perdagangan Indonesia”, Pekbis Jurnal, Vol. 7, No.1.
Fatmawati, Endang. 2013. Mata Baru Penelitian dari Servqual 1 ke Libqual+TM.Jakarta : Sagung Seto.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariat dengan Program SPSS, (Semarang:Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya, Yogyakarta : Gava Media.
Isbandono, Prasetyo. Dhiah Ayu Pawestri, 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. Journal of Public Sector Innovation, Vol. 4, No.1.
Isywarul Mujab, Ahmad, dkk. 2015. Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 4, No. 2.
Jasmalinda, 2021. Pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Koperindag Mentawai. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 10.
Kanedi, Indra, dkk. 2017. Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Bengkulu, Jurnal Pseudocode, Vol.4, No1.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodelogi Penelitian, Jakarta : Kencana.
Okta Nur Amalia dan Lydia Christiani. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan dengan Metode LIBQUAL+TMS. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol.9, No.2.
Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20,Yogyakarta: Andi Offset.
Qalyubi, Syihabuddin dkk. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi,Yogyakarta: Fak. Adab IAN Sunan Kalijaga.
Rosaliza, Mita. 2015. Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, Vol. 11, No. 2.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : CV. BudiUtama. Siregar, Syofin. 2013. Metode Penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi MediaPublishing. Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. Supangat, Andi. 2017. Statistika, Jakarta : Pranada Media Grup. Suryabrata, Sumardi. 1897. Metode Penelitian. Jakarta : Rajawali.
Taufiqurokhman, Evi Satipsi. 2018. Teori dan Perkembangan ManjemenPelayanan Publik, Tanggerang : UMJ PRESS.
Triyastity, Rahayu. 2013. Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Konsumen Rumah di CV Satria Graha Gedongan, Colomadu, Karanganyar). JurnalEkonomi dan Kewirausahaan, Vol. 13, No. 2.
Umar , Husein. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Zuli Aryanto, Muchammad. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 9. No. 2.
Published
2023-12-29
How to Cite
Fakhri. (2023). PEGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 899-914. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.198