PEMANFAATAN MEDIA TELEGRAM DALAM PENINGKATAN FREKUENSI KLIK TAUTAN UNIK DAN KOMISI PENJUALAN PEMASAR AFILIASI E-COMMERCE

  • Monica Aulia Pratiwi Institut Pertanian Bogor
  • Dwi Muharni Ardenis Institut Pertanian Bogor
  • Arlan Nugraha Institut Pertanian Bogor
  • Nisa Zahra Institut Pertanian Bogor
Keywords: Pemasar Afiliasi E-Commerce, Pemasaran Digital, Telegram

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya yaitu bidang bisnis. Salah satu model bisnis baru yang tercipta berkat adanya internet adalah e-commerce. Kemunculan e-commerce melahirkan pekerjaan baru salah satunya adalah pemasar afiliasi. Pemasar afiliasi menggunakan bantuan media sosial untuk ruang kerjanya. Salah satunya adalah media sosial Telegram karena dinilai memiliki beberapa fitur unggul yang dapat mendukung peningkatan frekuensi klik ke tautan unik dan komisi penjualan affiliate marketing seorang pemasar afiliasi. Oleh karena itu, tujuan utama dari riset ini adalah menganalisis efektivitas pemanfaatan media Telegram dalam peningkatan frekuensi klik tautan unik dan komisi penjualan pemasar afiliasi e-commerce. Metode riset ini menggunakan mixed-method. Riset ini melibatkan 75 responden kuesioner, 2 responden informan kunci, dan 2 pakar yang ditentukan melalui teknik non-probability sampling yaitu voluntary sampling dan purposive sampling. Hasil jawaban tersebut kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif, uji beda independent sample t-test, in-depth interview, dan analytical hierarchy process. Hasil dari riset ini yaitu pemanfaatan Telegram sebagai media utama dalam penyebaran tautan unik produk oleh pemasar afiliasi menunjukkan dampak positif yang sangat efektif walaupun belum signifikan secara statistik. Hal tersebut terjadi karena responden riset ini masih tergolong dalam pemasar afiliasi pemula. Adapun strategi yang paling efektif untuk peningkatan frekuensi klik tautan unik dan komisi penjualan pemasar afiliasi e-commerce menggunakan telegram adalah dengan menggunakan strategi gimmick dan personalisasi agar dapat memaksimalkan tujuan yaitu untuk meningkatkan komisi penjualan.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html.
[BPS] Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik ecommerce 2022/2023. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/09/18/f3b02f2b6706e104ea9d5b74/statistik-ecommerce-2022-2023.html.
Ahi, A.A., Sinkovics, N. & Sinkovics, R.R. (2022). E-commerce policy and the global economy: A path to more inclusive development?. Management International Review. 63(1): 27-56.
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). In Forbiswara Forum Bisnis dan Kewirausahaan-Sinta 4 (Vol. 11, No. 2, pp. 228-241).
Black, W., & Babin, B. J. (2019). Multivariate data analysis: Its approach, evolution, and impact. In The great facilitator: Reflections on the contributions of Joseph F. Hair, Jr. to marketing and business research (pp. 121-130). Cham: Springer International Publishing.
Bluish, A. K., & Yahia, H. A. (2019). Evaluation of the Quality of Service Muasalat Oman Company. Journal of Student Research.
Chén, O. Y., Saraiva, R. G., Nagels, G., Phan, H., Schwantje, T., Cao, H., ... & de Vos, M. (2020). The Roles and Challenges of The P-Value. doi:10.48550
Citrawati, N. K., Suwastini, N. K. A., Jayantini, I. G. A. S. R., Artini, N. N., & Dantes, G. R. (2021). Telegram as Social Networking Service (SNS) for enhancing students’ English: A systematic review. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 6(2), 239-260.
Darko, A., Chan, A. P. C., Ameyaw, E. E., Owusu, E. K., Pärn, E., & Edwards, D. J. (2019). Review of application of analytic hierarchy process (AHP) in construction. International journal of construction management, 19(5), 436-452.
Data Indonesia. (2023). Pengguna e-commerce ri Diproyeksi capai 196,47 Juta Pada 2023. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/pengguna-ecommerce-ri-diproyeksi-capai-19647-juta-pada-2023.
Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 47-54.
Dewi, N. C., Sutabri, T., & Putrawansyah, F. (2023). Analisis Penyadapan Pada Telegram Dengan Network Forensic. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 7(2), 183-190.
Dixon, S. J. (2023). Biggest social media platforms 2023. Statista. https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/
Duarte, F. (2023). Countries with the highest number of internet users (2024). Exploding Topics. https://explodingtopics.com/blog/countries-internet-users
Fadhilah, L. A. (2022). Pengaruh komunikasi pemasaran dan affiliate marketing akun instagram @nazwaadinda_ terhadap minat pembelian produk pada followersnya. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 3(2), 97-109.
Fox, P. B., and J. D. Wareham. “Governance Mechanisms in Internet-Based Affiliate Marketing Programs in Spain.” International Journal of E-Business Research 6, 1 (2010): 1–18.
Gerald, B. (2018). A Brief Review of Independent, Dependent and One Sample t-test.
Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql. Jurnal Media Infotama, 17(1).
Kedah, Z. (2023). Use of e-commerce in the world of business. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 2(1), 51-60.
Lashwaty, N. D., & Widiati, I. S. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran di Kalangan Wirausahawan Muda. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(2), 277-288.
Leal, J. E. (2020). AHP-express: A simplified version of the analytical hierarchy process method. MethodsX, 7, 100748.
Malbašic, I., Posaric, N., & Gregurec, I. (2019, June). The role of the in-depth interview in the implementation of the management by missions (MBM) model. In Proceedings of FEB Zagreb International Odyssey Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 1, pp. 635-644). University of Zagreb, Faculty of Economics and Business
Mohammad, W., & Maulidiyah, N. R. (2023). Pengaruh Akses Internet Terhadap Aspek Kualitas Kehidupan Masyarakat Indonesia. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 211-221.
Novita, D., Herwanto, A. dan Khasanah, K. 2023. Tiktok affiliate, a new marketing channel for brands. Jurnal Inovasi Penelitian. 3(9): 7467-7472.
Olbrich, R., Bormann, P. M., & Hundt, M. (2019). Analyzing the Click Path Of Affiliate-Marketing Campaigns: Interacting Effects of Affiliates' Design Parameters With Merchants' Search-Engine Advertising. Journal of Advertising Research, 59(3), 342-356.
Oulddjaballah, S. (2023). In-depth interviews: knowledge-producing Dialogue. Journal of Human and Society sciences, 12(01), 449-465.
Palupi, R., Yulianna, D.A., & Winarsih, S.S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU: Journal Informatic Technology And Communication.
Permadi, A. G., & Lubis, M. R. (2022). Penggunaan Video Feedback (VFB) Untuk Meningkatkan Kemampuan Shooting Petanque. Empiricism Journal, 3(1), 25-31.
Puspitasari, R. (2023). Pengaruh Pemasaran Afiliasi E-Commerce pada Media Sosial Terhadap Minat Beli Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 1-9.
Qamar, K., & Riyadi, S. (2018). Efektivitas blended learning menggunakan aplikasi Telegram. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(1), 1-15.
Qotrunnada, F. (2023). Kedudukan hukum jual beli dalam bisnis afiliasi menurut hukum perjanjian. Dinamika. 29(1): 6942-6957.
Saaty, T.L., 2003. Decision-making with the AHP: Why is the principal eigenvector necessary. European journal of operational research, 145(1), pp.85-91.
Sahilah, S., Sukoco, I., Novel, N. J. A., & Barkah, C. S. A. (2023, September). Pengaruh Afiliasi Dalam Pemasaran Digital Dan DampaknyaTerhadap Penjualan Pada PT Shopee International Indonesia. In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 13, No. 1, pp. 228-233).
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif di SMAN 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68-73.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
Turban, E. (2010). Electronic Commerce 2010–a managerial perspective, šesto izdanje.
Yarlina, V. P., & Huda, S. (2021). Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal Umkm Dan Industri Rumah Tangga Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3465-3475.
Zenius. (2022). Pengertian Teknik sampling dalam Penelitian - materi Sosiologi Kelas 10. Zenius Blog - Tempatmu Menjelajahi Dunia Ilmu Pengetahuan. https://www.zenius.net/blog/teknik-sampling-pengertian-contoh
Zikrullah, R. M. R., & Kurniadi, O. (2023). Telegram sebagai Media Pemasaran di Era Pandemi. Jurnal Riset Public Relations, 25-32.
Published
2023-12-31
How to Cite
Monica Aulia Pratiwi, Dwi Muharni Ardenis, Arlan Nugraha, & Nisa Zahra. (2023). PEMANFAATAN MEDIA TELEGRAM DALAM PENINGKATAN FREKUENSI KLIK TAUTAN UNIK DAN KOMISI PENJUALAN PEMASAR AFILIASI E-COMMERCE . Journal of Social and Economics Research, 5(2), 941-955. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.196