PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL, DAN PERTIMBANGAN PASAR TERHADAP PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

  • Aryanto Universitas Pamulang
  • Muhamad Luthfi Muttaqin Universitas Pamulang
Keywords: Penghargaan, Finansial, Pertimbangan Pasar, Pilihan Karir sebagai Akuntan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penghargaan finansial, dan pertimbangan pasar pada pilihan karir sebagai akuntan dan penelitian ini juga bertujuan untuk menyajikan gambaran mengenai kesiapan mahasiswa dalam memilih karir, terutama bagi mereka yang mengambil jurusan akuntansi di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah Purposive Sampling, menghasilkan 30 responden dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa faktor penghargaan finansial dan pertimbangan pasar memainkan peranan penting dalam pemilihan karir seseorang, khususnya dalam profesi akuntan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil tersebut penelitian ini menyimpulkan bahwa penghargaan finansial dan pertimbangan pasar secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan karir sebagai akuntan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 10,975 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Secara individual, penghargaan finansial tidak mempengaruhi secara signifikan pemilihan karir sebagai akuntan, namun pertimbangan pasar memiliki pengaruh yang signifikan.

References

Alhadar and Mochammad Audi. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi dan PPAK Universitas Hasanuddin). Makassar: Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar., 2013.
Andersen, William and Chariri. "Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Dalam Memilih Profesi Sebagai Akuntan." Diponegoro Journal of Accounting Vol. 1, No. 1 (2012).
Bening, D. A., Wahyuningtias, D. and Maryani. "The Effect Of Financial Award On Student Interests In Choosing Career To Be Public Accountant." (2020): Talent Development & Excellence, 12(1), 1593-1601.
Brown, D. "Career Choice and Development." 2002.
Jatmiko, B, et al. "Career Choice as a Public Accountant in Accounting Students in the City of Semarang Indonesia: Aspects that are Considered. I." (2019): international Journal of Accounting and Taxation, 7(2), 2.
Maliki. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.
Oktavia, M. "Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Pemilihan Karir Bagi Mahasiswa Akuntansi." 2005.
Simamora and Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Yogyakarta: STIE YKPN., 2007.
Venni Endina Putri , M. Cholid Mawardi and Arista Fauzi Kartika Sari. "Pengaruh Lingkungan Kerja, Penghargaan Finansial, dan Pertimbangan Pasar Kerja." Malang (2023).
Zen Amalia, Achmad Fauzi and Mardi. Pengaruh Penghargaan Finansial, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Pemilihan Karir sebagai Akuntan pada Mahasiswa Akuntansi di Jakarta. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2021.
Published
2023-12-07
How to Cite
Aryanto, & Muhamad Luthfi Muttaqin. (2023). PENGARUH PENGHARGAAN FINANSIAL, DAN PERTIMBANGAN PASAR TERHADAP PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 250-259. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.139