HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BIDAN DALAM MEMBERIKAN ASUHAN SAYANG IBU TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU BERSALIN

  • Asmita Dahlan
Keywords: tingkat kepuasan, mutu pelayanan, asuhan sayang ibu, bidan

Abstract

Salah satu keharusan dalam memberikan pelayanan kesehatan   adalah terjaminnya mutu pelayanan sehingga pelanggan  (pasien) yang dilayani akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Pasien baru merasa akan puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperoleh sesuai sama atau melebihi harapannya. Asuhan sayang ibu adalah asuhan yang menghargai budaya, kepercayaan dan keinginan seorang ibu. Variabel dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan kebidanan dan tingkat kepuasaan pasien. Desain penelitian berupa analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil dengan usia kehamilan ≥ 36 minggu yang berada di wilayah Puskesmas Kota Padang tahun 2017. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive sampling. Analisis menggunakan Uji Korelasi. Hasil penelitian ditemukan tingkat kepuasaan sebesar 82,8% ibu puas, 68,6% mutu pelayanan bidan kategori baik, 71,4% dimensi mutu kehandalan bidan termasuk baik, 54.3% dimensi mutu ketanggapan bidan kategori baik, 68,6% dimensi mutu jaminan bidan kategori baik, 68,6% dimensi mutu perhatian bidan kategori baik, 68,6% dimensi mutu bukti fisik bidan termasuk kategori  baik. Hasil Uji korelasi nilai r = 1, ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan bidan dalam memberikan asuhan sayang ibu terhadap tingkat kepuasan ibu bersalin. Disarankan bidan untuk dapat mempertahankan mutu pelayanan bidan dalam asuhan sayang ibu dan meningkatkan mutu pelayanan pada dimensi ketanggapan

Published
2020-06-30
How to Cite
Asmita Dahlan. (2020). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN BIDAN DALAM MEMBERIKAN ASUHAN SAYANG IBU TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU BERSALIN . Journal of Social and Economics Research, 2(1), 006-022. https://doi.org/10.54783/jser.v2i1.11