PENGARUH KUALITAS INFORMASI, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN APLIKASI PENJUALAN E-COMMERCE GOTO GRUP

  • Sharene Olivia Dermawan Universitas Katolik Parahyangan
  • Sylvia Fettry Elvira Maratno Universitas Katolik Parahyangan
Keywords: kualitas informasi, online customer review, minat beli, keputusan pembelian, aplikasi e-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, ulasan pelanggan online, dan niat membeli terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi e-commerce GoTo Group. Kualitas informasi yang tinggi, ulasan pelanggan online, dan niat membeli dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengguna pada aplikasi e-commerce GoTo Group. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal, yang berupaya membangun hubungan sebab-akibat atau menunjukkan bahwa variabel independen mempunyai dampak terhadap variabel dependen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan data primer melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms kepada generasi milenial dan Generasi Z yang akrab dengan teknologi. Teknik purposive sampling khusus menyasar pengguna aplikasi e-commerce GoTo Group sehingga menghasilkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi pengujian data instrumen, pengujian asumsi klasik, pengujian hipotesis, pengujian koefisien determinasi, dan pengujian regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas informasi dan niat pembelian mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi e-commerce GoTo Group, sedangkan ulasan pelanggan online tidak mempunyai pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi e-commerce GoTo Group. Namun pada pengujian secara simultan ditemukan bahwa kualitas informasi, ulasan pelanggan online, dan niat membeli mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi e-commerce GoTo Group.

Kata kunci: kualitas informasi, online customer review, minat beli, keputusan pembelian, aplikasi e-commerce.

References

Anisa, Nida Rohadatul. 2021. “Pengaruh Label Halal dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Online Pada Pengikut Instagram @Safiindonesia).” Jurnal Indonesia Sosial Sains 2(12):2138–46. doi: 10.36418/jiss.v2i12.453.
Asosiasi e-commerce Indonesia. 2023. “Asosiasi yakini e-commerce tetap bertumbuh di 2023.” Diambil 9 September 2023 (https://www.antaranews.com/berita/3397572/asosiasi-yakini-e-commerce-tetap-bertumbuh-di-2023).
Delone, Wiliam H., dan Ephraim R. McLean. 2003. “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update.” Journal of Management Information Systems 19(4):9–30. doi: 10.1080/07421222.2003.11045748.
Fianto, Achmad Yanu Alif. 2020. “The Antecedents of Purchase Decision for Hijab Fashion Products.” Jurnal Manajemen 12.
Jansen, Cornelia Ferny, Jenny Morasa, dan Anneke Wangkar. 2018. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Keahlian Pemakai Terhadap Kualitas Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan).” GOING CONCERN : JURNAL RISET AKUNTANSI 13(04). doi: 10.32400/gc.13.03.19994.2018.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Ketler. 2016. Marketing Management. London: Pearson Education.
Laudon, Kenneth C., dan Jane P. Laudon. 2015. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat.
Liu, Hermanto. 2019. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat).” Business Management Journal 15(1). doi: 10.30813/bmj.v15i1.1560.
Puspitawati, Lilis, dan Neneng Putri Utami Haq. 2020. “Fit Model Test Kualitas Informasi Akuntansi Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah (Survei pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Bandung).” Jurnal Riset Akuntansi 12(2):25–37. doi: 10.34010/jra.v12i2.3123.
Putri, Latifa, dan Harimukti Wandebori. 2016. “Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention In Indonesia Based On Online Review.” Hlm. 255–63 dalam International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.
Risdianto, Eko. 2019. “Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.” Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sari, Melinda Ika, dan Keni Keni. 2019. “PENGARUH INFORMATION QUALITY DAN RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP UNCERTAINTY REDUCTION DAN PURCHASE INTENTION.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 3(1):112. doi: 10.24912/jmieb.v3i1.3490.
Schiffman, Leon, dan Joseph L. Wisenblit. 2014. Consumer Behavior, 11th Edition. London: Pearson.
Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. 2016. Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutanto, Monica Adhelia, dan Atik Aprianingsih. 2016. “The Effect Of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: A Study In Premium Cosmetic In Indonesia.” Hlm. 218–30 dalam International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.
Syahputra, Eqqi. 2023. “Betulkah E-Commerce Masih Jadi Favorit UMKM dan Konsumen?” Diambil 9 September 2023 (https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230630192429-37-450313/betulkah-e-commerce-masih-jadi-favorit-umkm-dan-konsumen).
Published
2023-10-28
How to Cite
Dermawan, S. O., & Sylvia Fettry Elvira Maratno. (2023). PENGARUH KUALITAS INFORMASI, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN MINAT BELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN APLIKASI PENJUALAN E-COMMERCE GOTO GRUP. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 88-98. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.104