ARSITEKTUR VERNAKULAR: PENERAPAN ARSITEKTUR VERNAKULAR PADA BANGUNAN RUMAH SINGGAH TUAN KADI DI KOTA PEKANBARU

  • Nasril S Program Studi Arsitektur FTSP Universitas Bung Hatta
  • Elfida Agus Program Studi Arsitektur FTSP Universitas Bung Hatta
Keywords: Rumah Singgah Tuan Kadi,, Kota Pekanbaru,, Arsitektur Vernakular

Abstract

Kota Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau yang memiliki visi untuk mewujudkan identitas kota dengan lingkup budaya Melayu Riau. Upaya pelestarian budaya menjadi langkah yang ditetapkan oleh pemerintah khususnya pada sektor pariwisata. Salah satunya dengan ditetapkannya Rumah Singgah Tuan Kadi sebagai situs cagar budaya yang menjadi objek destinasi wisata kebudayaan dan sejarah dengan ciri khas bangunan tradisional Melayu Riau dari segi eksterior maupun interiornya. Rumah Singgah Tuan Kadi dapat dikunjungi penduduk sekitar maupun wisatawan, kegiatan pemotretan, serta kegiatan kebudayaan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan Arsitektur Vernakular pada bangunan tradisional seperti Rumah Singgah Tuan Kadi sebagai salah satu ciri khas kebudayaan Melayu Riau. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif interpretatif dengan menganalisis data observasi dan dokumentasi pada Rumah Singgah Tuan Kadi disertai dengan wawancara dan keterkaitannya dengan landasan teori mengenai penerapan Arsitektur Vernakular pada bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan identifikasi mengenai penerapan Arsitektur Vernakular pada elemen interior yang ada pada rumah tradisional di Kota Pekanbaru. Dari hasil yang diperoleh pada Rumah Singgah Tuan Kadi dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu yang tersebar pada masa kejayaan kerajaan Siak Sri Indra Pura sebagai tempat persinggahan sultan dan diambil alih oleh Belanda sebagai kantor. Penerapan pada eksterior dan interior pada rumah tradisional dapat menjadi acuan rekomendasi dalam perancangan desain yang merefleksikan identitas budaya pada bangunan ruang publik di Kota Pekanbaru.

References

Wiganti, A. R. R., Huwaida, K., Zahra, T. A., Abdams, V. Q., Shezy, Y. R., & Hanafiah, U. I. M. (2023). Kajian Perubahan Bentuk Dan Fungsi Rumah Gadang Mande Rubiah Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, dan Lingkungan Terbangun, 3(2), 223-234.
Saputri, D. (2023). Kajian Bentuk dan Makna “Rumah Gadang Mande Rubiah” di Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan
Rahmawati, A.L., Arifin, L.S., & Dwisusanto, Y.B. (2023). Pendekatan Mimesis untuk Keberlanjutan Arsitektur Vernakular. Journal of Architecture and Human Experience.
Adininggar, M.I., Sahabuddin, W., & Amin, B. (2023). Penerapan Arsitektur Vernakular Dalam Perancangan Kawasan Wisata Adat Kerajaan Bulutana Di Malino Gowa. TIMPALAJA : Architecture student Journals.
Savitri, S.A., & Nurmiah, N. (2023). Perancangan Wisata Pemancingan Mongaila Di Desa Pohuwato Timur Kabupaten Pohuwato Dengan Pendekatan Arsitektur Vernakular. Venustas.
Labosang, I., Siola, A., & Arifuddin, A. (2022). Pusat Budaya Bolaang Mongondow Di Kota Kotamobagu Dengan Pendekatan Arsitektur Vernakular. Venustas.
Ershaputri, M., & Chandra, S. (2022). Kombinasi Arsitektur Islam Jawa Dan Arsitektur Vernakular Pada Masjid. Jurnal Arsitektur.
Soehindra, C.D., Ischak, M., & Walaretina, R. (2022). Upaya Desain Bentuk Atap Untuk Menampilkan Lokalitas Dengan Pendekatan Arsitektur Vernakular Pada Pasar Godean Yogyakarta. AGORA:Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti.
Matondang, A.E., & Sani, A.A. (2021). Kajian Arsitektur Vernakular (Ruang Dan Struktur) Lampung: Desa Pekon Hujung Lampung Barat. Mintakat: Jurnal Arsitektur.
Published
2023-12-31
How to Cite
Nasril S, & Elfida Agus. (2023). ARSITEKTUR VERNAKULAR: PENERAPAN ARSITEKTUR VERNAKULAR PADA BANGUNAN RUMAH SINGGAH TUAN KADI DI KOTA PEKANBARU. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 969-979. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.278