ARSITEKTUR VERNAKULAR: ZONASI KAWASAN CAGAR BUDAYA NASIONAL (KCBN) PEMUKIMAN ADAT NAGARI SIJUNJUNG, KAB. SIJUNJUNG SUMATERA BARAT

  • Elfida Agus Program Studi Arsitektur FTSP Universitas Bung Hatta
  • Nasril S Program Studi Arsitektur FTSP Universitas Bung Hatta
Keywords: Sijunjung,, pemukiman adat,, cagar budaya,, kaum.

Abstract

ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejarah dan perkembangan Kawasan Cagar Budaya Kampung Adat Padang Ranah dan Padang Bato Nagari Sijunjung Kabupaten Sijunjung yang merupakan kampung cagar budaya yang akan dikembangkan sebagai wisata kampong budaya. Perkampungan Adat Jorong Padang Ranah dan Tanah Bato, Nagari Sijunjung pada saat ini telah masuk daftar altenatif warisan dunia UNESCO. Sebelumnya perkampungan adat ini hanya untuk tempat mengadakan acara-acara ninik mamak cucu kemenakan. Sekarang Perkampungan Adat telah menjadi salah satu geoshet dari Geopark Ranah Silokek. Salah satu pendukung Geopark Silokek. Satuan ruang geografis Kawasan Perkampungan Adat Nagari Sijunjung merupakan representasi perkampungan masyarakat matrilineal Minangkabau dari kelarasan Koto Piliang (aristokrasi) dan Bodi Chaniago (demokrasi) yang hidup berdampingan. Dalam kawasan ini terdapat sekumpulan (77 buah) rumah tradisional Minangkabau (rumah gadang) yang merupakan simbol kaum (clan) berbasis matrilineal yang masih berfungsi (living monument) dan tertata rapi dalam satu landskap kawasan. Metode yang digunakan dalam menyusun penelitian ini menggunakan teknik pendekatan sistematis dengan membagi kegiatan dalam empat tahap seperti tahap persiapan, tahap inventaris, tahap analisis, tahap sistesis dan tahap rekomendasi zonasi. Hasil penelitian ini berupa menyusun zonasi serta membagi recana pengembangan dalam indikasi program.

References

Buku
Abdullah, T. 1987. Adat dan Islam: Suatu Tinjauan Tentang Konflik di Minangkabau. Dalam Sejarah dan Masyarakat: Lintasan Historis Islam di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Inndonesia & Pustaka Firdaus.
Adrin, T. 2015. Eksistensi Rumah Gadang Pada Masyarakat Minangkabau (Studi: Perkampungan Adat Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang.
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif (Sebuah Upaya Mendukung Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Alfarizi, R. 2019. Upaya dan Kendala Dalam Pengembangan Pariwisata di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. (Skripsi). Tidak dipublikasikan. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang.
Amril, F. 2018. Management of Cultural Heritage sites: A case study of Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. In Budianta, et.al. Cultural Dynamics in a Globalized World. London: Taylor *& Francis Group. ISBN 978-138-62664-5.
Arsya, D. 2016. Rumah Gadang di Perkampungan Kuno Minangkabau. Dalam Cagar Budaya Itu Penting: Cagar Budaya Sebagai Modal dan Problematika Pelibatan Publik Dalam Pelestariannya. Batu Sangkar: BPCB Provinsi Sumatera Barat.
Asnan, G. 2006. Pemerintahan Sumatera Barat Dari VOC Hingga Reformasi. Yogyakarta: Citra Pustaka.
2016. Sungai dan Sejarah Sumatera. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Aisyah. 2018. Pola Dasar dan Makna Ukiran Motif Rumah Gadang Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak Sumatera Barat. Narada, Jurnal Design & Seni, Universitas Mercu Buana Volume 5 Edisi 3. Jakarta.
Agustina, Dkk. 2010. Ragam HiasUkiran Minangkabau Sebagai Sumber Inspirasi Inovasi Batik Pada Industri Kecil Dan Industri Rumah Tangga. Laporan Penelitian Tahun I Hibah Kompetitif Penelitian Sesuai Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2010. Universitas Negeri Padang. Padang.
Atmojo, Yunus Satrio. 2012. Arkeologi Untuk Publik: Peranan Arkeologi Dalam Pembangunan Jati Diri Dan Karakter Bangsa; Perlindungan Warisan Budaya Daerah Menurut Undang Undang Cagar Budaya. Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia. Jakarta.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2022. Kabupaten Sijunjung Dalam Angka Tahun 2022. Sijunjung: BPS Kabupaten Sijunjung.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2022. Kecamatan Sijunjung Dalam Angka Tahun 2022. Sijunjung: BPS Kabupaten Sijunjung.
BPCB Sumbar. 2015. “Perkampungan Adat Nagari Sijunjung: Representasi Perkampungan Dan Masyarakat Matrilineal Minangkabau”. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/perkampungan-adat-nagari-sijunjung-representasi-perkampungan-dan-masyarakat-matrilineal-minangkabau/ (diakses pada 25 Januari 2021).
BPCB Sumbar. 2019. “Konservasi Kawasan Perkampungan Adat Sijunjung Menuju Warisan Dunia https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/konservasi-kawasan-perkampungan-adat-sijunjung-menuju-warisan-dunia/ (diakses pada 25 Januari 2021).
Cleere, Henry F. 1990. Introdudtion: the rationale of archaeological management, dalam henry f. Cleree(ed), archaeological heritage management in the modern world. London Unwin-Hyman.
Creswell, W. J. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Devi, S. 2015. Modal Sosial Masyarakat Nagari Sijunjung Dalam Batobo Konsi. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 1(2), 146-163.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumater Barat. 2014. “Menyigi Perkampungan Adat Nagari Sijunjung”. https://sumbarprov.go.id/home/news/2399-menyigi-perkampungan-adat-nagari-sijunjung.html (diakses pada 25 Januari 2021).
Erinaldi. 2016. “Ini Keunikan dan Indahnya Desa Adat Sijunjung”. https://www.liputan6.com/regional/read/2447010/ini-keunikan-dan-indahnya-desa-adat-sijunjung (diakses pada 25 Januari 2021).
Fahriansyah, E, dkk. 2018. Gadang House in Documentary Film of the Adat Nagari Sijunjung District. Jurnal Seni Media Rekam, 10(1), 78-90.
Hall, dkk. 2005. Rural Tourism and Sustainable Business. Great Britain: Cromwell Press.
Haryono, Timbul. 2003. "Pengembangan dan Pemanfaatan Aset Budaya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah". Makalah disampaikan pada Rapat Koordinasi Kebudayaan dan Pariwisata diselenggarakan oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata di Jakarta pada tanggal 25-27 Maret 2003.
http://www.indopedia.gunadarma.ac.id/pdf/225.pdf (diakses pada tanggal 20 September 2022).
https://infopublik.sijunjung.go.id/sekilas-sijunjung/sejarah/ (diakses pada tanggal 20 September 2022).
https://posmetropadang.co.id/kampung-adat-sijunjung-representasi-matrilineal-minangkabau/ (diakses pada 25 Januari 2021).
Jhe, M. 2020. “Kampung Adat Nagari Sijunjung, Peraih API 2019”. https://genpi.id/kampung-adat-nagari-sijunjung-peraih-api-2019/ (diakses pada 25 Januari 2021).
Laporan Kajian Pokja Pengembangan dan Pemanfaatan. 2020. Pengembangan Potensi Kawasan Perkampungan Adat Padang Ranah Kabupaten Sijunjung-Provinsi Sumatera Barat. Batusangkar: Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat.
Lubis, A. 2020. “Perkampungan Adat Sijunjung, Berdiri Kokoh 76 Rumah gadang”. https://padek.jawapos.com/pariwisata/04/09/2020/perkampungan-adat-sijunjung-berdiri-kokoh-76-rumah-gadang/ (diakses pada 25 Januari 2021).
Maunati, Y. 2001. “Komodifikasi Budaya Dayak Dalam Konteks Industri Pariwisata di Kalimantan Timur”. Makalah dipresentasikan pada Simposium dan Lokakarya Internasional II di Padang pada tanggal 18-21 Juli 2001.
Minawati, R. 2013. Komodifikasi: Manipulasi Budaya Dalam (Ajang) Pariwisata. Jurnal Ekspresi Seni, 15(1), 117-127.
Moleong, J. L. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, E. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Navis, A. A. 1986. Alam Terkembang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: PT. Temprint.
Nopriyasman. 2013. Jejek-Jejak Sejarah dan Warisan Budaya di Kabupaten Sijunjung. Analisis Sejarah, 03, 1-11.
Nopriyasman. 2018. “Menelaah Sejarah Masyarakat Nagari Sijunjung”. Makalah Penelaah dalam Kegiatan Fokus Gruop Diskusi (FGD) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bertempat di Wisma Keluarga Muaro Sijunjung pada tanggal 17 Desember 2018.
Noranda, Alfa. 2013. Evaluasi Manajemen Kebencanaan Pada Cagar Budaya; Studi Kasus Kota Padang, Sumatera Barat. Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Novianti, Y. 2020. Tranformasi Nilai Budaya di Kawasan Seribu Rumah Gadang Pada Etnis Minangkabau di Kabupaten Solok Selatan. JBS (Jurnal Berbasis Sosial), 1(2), 43-49. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jbs
Nurmatias & Silvia, D. 2014. Padang Ranah dan Tanah Bato Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat Sebagai Perkampungan Tradisional Minangkabau Untuk Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Dunia ke UNESCO. Laporan Penelitian. Padang: BPNB Provinsi Sumatera Barat.
Nofrial., Dkk. 2021. Ukiran Ornamen Tradisional Minangkabau Untuk Dekorasi Pelaminan. Corak, Jurnal Seni Kriya, Vol 10, No 2. Hal 153-168.
Peronika, O. T. 2019. Perkampungan Adat di Kabupaten Sijunjung Sebagai Museum Terbuka (Tinjauan Historis). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Bukittinggi.
Picard, M. 2006. Bali: Pariwisata Budaya dan Budaya Pariwisata. Jakarta Selatan: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).
Pitana, I. Gde & Dirata, Surya, I Ketut. 2019. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rahmaini, S. I. 2019. Transformasi Sosial Kawasan Wisata Adat Saribu Rumah gadang: Analisis Figurasi Sosial Nobert Elias. Prosiding Seminar Nasional KMP UNY tahun 2019 dengan tema “Membangun Kemandirian bangsa Melalui Kolaborasi Riset dan Inovasi Dalam Dunia Pendidikan” pada 16 November 2019 di Yogyakarta. UNY Press. Hal. 125-134.
Rauf, A & Eriyanti, F. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Nagari Sijunjung Melalui Pemanfaatan Rumah Gadang Sebagai Tempat Penginapan Wisatwan Geopark Silokek. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2(3), 172-180. ISSN. 2622-1748.
Saputra, I. 2019. “Pesona 76 Rumah Gadang di Kampung Adat Nagari Sijunjung”. https://langgam.id/pesona-76-rumah-gadang-di-kampung-adat-nagari-sijunjung/ (diakses pada 25 Januari 2021).
Setyowati. 2006. Etnografi Sebagai Metode Pilihan Dalam Penelitian Kualitatif di Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(1), 35-40.
Siat, Hasni., Dkk. 1998/1999. Ukiran Tradisional Minangkabau. Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan. Padang.
Spradley, P. J. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiharta, S, dkk. 2018. Perkampungan Adat Padang Ranah dan Tanah Bato Nagari Sijunjung. Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutihat, A, dkk. 2016. Delineasi dan Zonasi Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. Laporan Hasil Kajian. Sijunjung: Dinas Parsenibudpora Kabupaten Sijunjung.
Syobrial. 2017. Potensi Perkampungan Adat Sijunjung Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupayten Sijunjung. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Geografi, STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.
Tanudirjo, Daud Aris. 2003. Warisan Budaya Untuk Semua: Arah Kebijakan Pengelolaan Warisan Budaya Indonesia.
Tenggara, R. 2019. “Perkampungan Adat Nagari Sijunjung Masuk Daftar Unesco”. https://tenggaranews.com/2019/06/23/perkampungan-adat-nagari-sijunjung-masuk-daftar-unesco/ (diakses pada 25 Januari 2021).
Tim Ahli Cagar Budaya Nasional. 2016. Naskah Rekomendasi Penetapan Satuan Ruang Geografis Perkampungan Adat Jorong Padang Ranah dan Tanah Bato Nagari Sijunjung Sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional.
Triharyantoro, Edi. 2012. Arkeologi Untuk Publik: PERANAN ARKEOLOGI DALAM PEMBANGUNAN JATI DIRI DAN KARAKTER BANGSA; Pengelolaan Cagar Budaya Dalam Aspek Politik. Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia. Jakarta.
Yoeti, A. O. 2016. Pariwisata Budaya Masalah dan Solusi (cet. 2). Jakarta Timur: Balai Pustaka.
Zakiah, K. 2008. Penelitian Etnografi Komunikasi: Tipe dan Metode. Mediator, 9(1),181-188.
Zed, M (ed.). 2001. Riwayat Hidup Ulama Sumatera Barat dan Perjuangannya. Padang: Angkasa Raya.
Zulkifli. Tanpa Tahun. Ragam Motif Ukiran Minangkabau.
Regulasi
Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.
Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026.
Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sijunjung Tahun 2011-2031.
Published
2023-12-31
How to Cite
Elfida Agus, & Nasril S. (2023). ARSITEKTUR VERNAKULAR: ZONASI KAWASAN CAGAR BUDAYA NASIONAL (KCBN) PEMUKIMAN ADAT NAGARI SIJUNJUNG, KAB. SIJUNJUNG SUMATERA BARAT. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 989-1005. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.280