ANALISIS SWOT PADA UMKM PRODUK HALAL OLAHAN IKAN TONGKOL DI KECAMATAN SEPULUH, KABUPATEN BANGKALAN

  • Nurul Fitriyah Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Trischa Relanda Putra Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Tripitono Adi Prabowo Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Keywords: Analisis SWOT, UMKM, Produk Halal, Olahan Ikan Tongkol.

Abstract

Produk halal olahan ikan tongkol merupakan salah satu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berpotensi untuk dikembangkan di Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja UMKM tersebut dengan menggunakan analisis SWOT. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM ini memiliki kekuatan (strengths) berupa ketersediaan bahan baku, permintaan pasar yang tinggi, produk yang berkualitas dan bersertifikat halal, serta dukungan pemerintah dan lembaga terkait. Namun, UMKM ini juga menghadapi kelemahan (weaknesses) seperti keterbatasan modal, teknologi, sumber daya manusia, pemasaran dan manajemen. Peluang (opportunities) yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM ini antara lain adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk halal, adanya pasar ekspor, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta kerjasama dengan mitra strategis. Sedangkan ancaman (threats) yang dihadapi oleh UMKM ini meliputi persaingan dengan produk sejenis, fluktuasi harga bahan baku, perubahan selera konsumen, serta peraturan dan standar yang ketat. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi yang dapat diterapkan oleh UMKM ini adalah strategi SO (strengths-opportunities), yaitu memanfaatkan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah meningkatkan produksi dan diversifikasi produk, memperluas jangkauan pasar baik lokal maupun internasional, memanfaatkan media sosial dan online untuk promosi dan penjualan, serta menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang relevan.

References

Abdullah, S., Wianti, N. I., Tadjuddah, M., & Buana, T. (2022). Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Nelayan Melalui Olahan Ikan Tongkol di Desa Saponda Laut Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 127-140.

liyah, R., Gumilar, I., & Maulina, I. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon di Kota Bandung). Jurnal Perikanan Kelautan, 6(2 (1)).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan. (2015). Nelayan di Laut dan Nelayan Perairan Umum Menurut Kecamatan dan Statusnya. Diakses dari: https://bangkalankab.bps.go.id/statictable/2015/02/16/132/nelayan-di-laut-dan-nelayan-perairan-umum-menurut-kecamatan-dan-statusnya-2013.html.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

DM, Y. S., & Tahir, R. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) di Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jurnal INSAN TANI, 2(1), 153-161.

Farid, A. (2015). Peningkatan Kualitas Lingkungan di Kawasan Nelayan Sepuluh-Madura. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 8(2), 95-102.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.

Ilyas, M. (2017). Sertifikasi dan Labelisasi Produk Halal Perspektif Maslahat. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 4(2), 357-376.

Junianingsih, I. (2014). Strategi pengembangan usaha pengolahan tradisional ikan tongkol asap di Desa Jangkar Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmu Perikanan, 5(1), 31-38.

Makhtum, A., & Farabi, M. E. (2021, August). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal Pada Sektor Produk Makanan dan Minuman Unggulan di Kabupaten Bangkalan. In Annual Conference of Ihtifaz: Islamic Economics, Finance, and Banking (Vol. 2, No. 2, pp. 214-225).

Melina, S., Sobariah, S., & Yuniarti, T. (2021). Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan melalui Pelatihan dan Pendampingan Usaha Olahan Kerupuk Ikan Tongkol pada Kelompok Istri Nelayan di Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. PELAGICUS, 2(3), 127-140.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Novia, C., Yahya, Y., & Soedarmadji, W. (2019). Peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat melalui aneka olahan ikan Tongkol. JMM-Jurnal Masyarakat Merdeka, 2(1).

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. In Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, dan Isu Plagiarisme, 1–7.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Wulandari, S. H., & Hasan, D. B. N. (2023). Analisis tingkat literasi label halal pengusaha umkm kerupuk di desa Dakiring (studi kasus desa dakiring, kecamatan Socah, kabupaten Bangkalan). Kaffa: Journal of Sharia Economic & Bussines Law, 2(1), 33-47.

Published
2023-12-19
How to Cite
Fitriyah, N., Putra, T. R., & Prabowo, T. A. (2023). ANALISIS SWOT PADA UMKM PRODUK HALAL OLAHAN IKAN TONGKOL DI KECAMATAN SEPULUH, KABUPATEN BANGKALAN. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 564-579. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.237