ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA MASSA DALAM PENYEBARAN PESAN PEMBANGUNAN PERTANIAN (STUDI PADA KANTOR BADAN PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KABUPATEN KONAWE)

  • Abdul Sarlan Menungsa Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
Keywords: Media Massa; Pesan; Pembangunan; Pertanian

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Konawe memanfaatkan media massa sebagai saluran komunikasi dalam penyebaran pesan pembangunan pertanian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media massa sebagai saluran komunikasi dalam penyebaran pesan pembangunan pertanian di Kabupaten Konawe. Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah diharapkan dapat menambah dan memperluas wawasan tentang komunikasi. Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kabupaten Konawe dalam memanfaatkan media komunikasi. Secara metodologis sebagai bahan informasi tambahan bagi peneliti selanjutnya dalam rangka memperkaya literatur hasil penelitian khususnya yang berkaitan dengan komunikasi pemasaran.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang ditelaah dengan menggunakan deskriptif analisis kualitatif. Lokasi penelitian pada Kantor Pertanian Kabupaten Konawe dengan pertimbangan bahwa masih terbatasnya pengetahuan petani di daerah pedesaan wilayah Kabupaten Konawe dalam pengolahan lahan yang ada, sehingga mengakibatkan banyak lahan yang tidak produktif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan bentuk analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media massa dalam penyebaran pesan pembangunan pertanian pada kantor Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Konawe adalah dengan menggunakan media cetak dan media elektronik dan media apapun yang digunakan, pada prinsipnya harus dapat meningkatkan efektivitas dan kelancaran proses belajar terutama dalam memperjelas materi yang dipelajari sehingga dapat mempercepat terjadinya perubahan perilaku (pengetahuan, keterampialn dan sikap) dikalangan kelompok sasaran.

References

Hafiar, H., Puspitasari, L., & Anwar, R. K. (2014). LITERASI INFORMASI MEDIA: Studi Kasus Manfaat Media Massa Terhadap Difusi Inovasi Pertanian di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Edulib, 4(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v4i1.1170
Pramono, M. F. (2016). KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DAN MEDIA MASSA Suatu Telaah Historis, Paradigmatik dan Prospektif. ETTISAL Journal of Communication, 1(1), 41. https://doi.org/10.21111/ettisal.v1i1.1053
Rufaidah, V. W., & Andriani, J. (2022). KEBUTUHAN INFORMASI Agriculture Extension Workers Behavior In Fulfillment of Information Needs. 31(2014), 28–36. https://doi.org/10.21082/jpp.v31n1.2022.p28
Sarlan Menungsa, A. (2021). Peran Media Massa Dalam Mencegah Paham Radikalisme Pada Kalangan Remaja Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(2), 74. www.liputan6.com
Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial (A. Gunarsa (ed.); Edisi 3, M). PT. Refika Aditama.
Suratini, S., Muljono, P., & Tri Wibowo, C. (2021). Pemanfaatan Media Sosial untuk Mendukung Kegiatan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Penyuluhan, 17(1), 12–24. https://doi.org/10.25015/17202132302
Syahruddin. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa. Kareba: Jurnal Komunikasi Unhas, 7(1), 81–90. https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/10368
Syahruddin, S., Menungsa, A. S., Mahdar, M., Asmurti, A., & Muslan, M. (2023). Fenomena Komunikasi di Era Virtualitas (Komarudin (ed.); 1st ed., Vol. 1, Issue 1, pp. 1–240). CV. Green Publisher Indonesia. https://greenbook.id/product/fenomena-komunikasi-di-era-virtualitas-sebuah-transisi-sosial-sebagai-dampak-eksistensi-media-sosial/%0A
Tripambudi, S. (2003). Radio Komunitas Sebagai Media Penyiaran Alternatif Untuk Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan. Jurnal Agrimansion, 3(2), 324–344. http://agrimansion.unram.ac.id/index.php/Agri/article/view/101
Published
2023-09-21
How to Cite
Menungsa, A. S. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA MASSA DALAM PENYEBARAN PESAN PEMBANGUNAN PERTANIAN (STUDI PADA KANTOR BADAN PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KABUPATEN KONAWE). Journal of Social and Economics Research, 5(1), 271 - 279. https://doi.org/10.54783/jser.v5i1.98