PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE

(Study Kasus Generasi Y di Lubuk Sikaping)

  • Erdawati Program Study Manajemen, Institut Teknologi dan Ilmu Social Khatulistiwa
  • Endarwita program Studi Manejemen, Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa Indonesia
  • Ria Widiasari program Studi Manejemen, Institut Teknologi dan Ilmu Sosial Khatulistiwa Indonesia
Keywords: Electronic Word Of Mouth (e-WOM),, Kualitas Produk,, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh  Electronic Word Of Mouth (e-WOM) dan  kualitas Produk terhadap keputusan pembelian SkinCare MS.Glow di Lubuksikaping. Jenis penelitian bersifat  Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel   accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 responden generasi Y yang memakai skincare MS. Glow, berjenis kelamin perempuan,  dengan rentang  usia 28 - 42 tahun. Teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data yaitu dari hasil angket yang telah di isi oleh responden, dokumentasi dan wawancara dengan pengolahan data menggunakan SPPS versi 16.0. Hasil dari penelitian untuk uji t  variabel  Electronic Word of Mouth  dan kualitas produk memiliki nilai signifikan < 0,05 artinya berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan nilai koefisien Adjusted R Square sebesar  0,627 atau 62,7% variabel Keputusan pembelian dipengaruh oleh  variabel   Electronic Word of Mouth dan kualitas produk.

References

Assauri, Sofjan. 2006. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press, Jakarta
Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces
Deni Istiono & Nita Hernita (2022) Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Studi JNE Kabupaten Majalengka
Firmansyah, F..& Haryanto, R. (2017) “Manajemen Kualitas jasa Peningkatan kepuasan & Loyalitas pelanggan“. (A. Fauzi (ed.). Duta Media Publishing.
Harjadi, D,, & Arraniri, L (2021) “ Experiantal Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Millenial”. Insani.
Humaniora, “Pasar Potensial Untuk Produk Perawatan Kulit Indonesia”, 05 Oktober2019.https://mediaindonesia.com/humaniora/263774/indonesia
Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication –. Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. PenerbitSalemba Empat. Jakarta.
Lyons, S. (2004). An exploration of generational values in life and at work. ProQues Dissertations and Theses, 441-441. Retrieved fromhttp://ezproxy.um.edu.my/docview/305203456?accountid=28930
Maramis, Sepang dan Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.3. Hal.1658 – 1667
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Published
2023-07-19
How to Cite
Erdawati, Endarwita, & Ria Widiasari. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE. Journal of Social and Economics Research, 5(1), 184-190. https://doi.org/10.54783/jser.v5i1.82