Optimasi Strategi Pemasaran Digital Pada Toko Hesti Grosir dan Eceran
Abstract
Toko Hesti adalah usaha ritel yang berupaya meningkatkan daya saing di tengah persaingan yang ketat dan perubahan perilaku konsumen akibat teknologi dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital Toko Hesti dengan menerapkan pendekatan 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence). Meskipun saat ini Toko Hesti telah menggunakan platform digital sederhana seperti WhatsApp dan Tiktok, terdapat potensi untuk meningkatkan efektivitas pemasaran melalui konten promosi yang lebih menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran dan menemukan cara beradaptasi dengan tren digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi dan strategi pemasaran yang efektif sangat penting untuk menarik dan mempertahankan pelanggan di era digital saat ini, sehingga Toko Hesti dapat menjadi pilihan utama masyarakat.
References
Amir, N. O., & Mustikawati, D. (2019). PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG BUNGA DI DESA SIDOMULYO KOTA BATU. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 3, 681–688. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.3
Ananda, T. A., Dewi, N. K., & Saleh, M. Z. (2023). Fenomena Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 98–107. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2738
Arum Wahyuni Purbohastuti. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1).
Benius, Raysharie, P. I., Irawan, A., Tesalonika, D. C., Berlian, B., Indriasari, F., Datubara, K., Farida, Jaya, M., Sukma, M. N., & Oktavianus. (2024). Strategi Sukses: Memahami Pengaruh Marketing Mix 7P terhadap Perilaku Keputusan Pembelian. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(3), 524–533. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1261
Dermawan, A. A. (2024). Strategi Digital Marketing dan Implementasi. In Digital Marketing (Strategi Pemasaran Pada Era Digital) (p. 19). Media Sains Indonesia.
Devi, A. S., Hotimah, K., Sakha, R., Karimullah, A., & Anshori, M. I. (2022). Mewawancarai Kandidat: Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas. MASMAN : Master Manajemen, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.59603/masman.v2i2
DIGITAL 2024. (2024, January 31). Https://Wearesocial.Com/Id/Blog/2024/01/Digital-2024/. Di akses 4 Februari 2025.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
Gunawan et al. (2024). Digital Marketing (Strategi Pemasaran Pada Era Digital). Media Sains Indonesia.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Ismail, A. (2013). PERAN VALUE CHAIN PADA PEDAGANG GROSIR DALAM HUBUNGANNYA STRATEGY PEMASARAN. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 1–8.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran : Edisi 13 Jilid 1 / Philip Kotler; Kevin Lane Keller (B. Sabran, Trans.). Erlangga.
Muslimin, Zabir Zainudin, Muh, & Kepin Saputra. (2022). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA UMKM SEDERHANA (Studi Kasus Desa Konda Kec. Konda) 0leh: Muslimin. Sultra Journal Of Economic and Business, 3(2).
Poltak et al. (2021). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada Era Digital). Media Sains Indonesia.
Prayogi, R., & Nufzatutsaniah. (2025). Transformasi Perilaku Konsumen di Era Transaksi Digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 831–835. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/index
Puspitaningrum, Y., & Aji Damanuri. (2022). ANALISIS LOKASI USAHA DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN BISNIS PADA GROSIR BERKAH DOHO DOLOPO MADIUN. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2). https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.977
Rahayu, H. P., Alhada, M., & Habib, F. (2023). Strategi Pemasaran Novi Ulvia Mua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Edunomika, 8(1).
Ramadhan, M. A., & Sugiyono, S. (2015). PENGEMBANGAN SUMBER DANA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 340. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6488
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sari, F. P., Liantifa, M., Yuliansyah, M., Irawan, D. A., Budaya, I., Setiawan, Z., Efdison, Z., Rahmayani, M. W., Sudrajat, J., Syamil, A., Iswahyudi, M. S., Nurcahyo, R., Pabulo, A. M. A., & Chatra, M. A. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN & PEMASARAN UMKM : Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books/about/STRATEGI_PENGEMBANGAN_PEMASARAN_UMKM_Teo.html?id=WC7AEAAAQBAJ&redir_esc=y . Di akses 8 Maret 2025.
Setiyono, J., & Sutrimah. (2016). ANALISIS TEKS DAN KONTEKS PADA IKLAN OPERATOR SELULER (XL DENGAN KARTU AS). Jurnal Pedagogia, 5.
Sono, M. G., Erwin, E., & Muhtadi, M. A. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04). https://doi.org/10.58812/jekws.v1i04.712
Sukma, B. N., & Sudarma, A. (2024). PERAN TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PEMASARAN BISNIS DI ERA DIGITAL (E-COMMERCE). TECHNOPEX-2024 Institut Teknologi Indonesia.

















