PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (SURVEI PENGGUNA SHOPEE DI PACITAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian di Shopee. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan purposive sampling atau pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu dengan jumlah 100 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil penelitian pada uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua pernyataan mengenai harga, kualitas pelayanan, promosi dan keputusan pembelian dinyatakan valid karena p-value < 0,05 dan reliabel karena cronbach’ alpha ≥ 0,60. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel telah lolos uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas berdistribusi normal. Hasil analisis regresi linear diperoleh persamaan Y = 0,290 + 0,415 X1 + 0,140 X2 + 0,327 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee. Hasil uji F diperoleh bahwa model regresi yang digunakan dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan besarnya sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 87 % sisanya 13% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti.
References
Alma, B. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. 2021. Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. Jurnal EMBA., Vol. 9,No. 2, hlm. 663-674.
Anonim. 2019. Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonomi. Unisri Press. Surakarta.
Assauri, S. 2020. Manajemen Pemasaran. Edisi 14. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Bakti, M. J., & Sari, D. E. 2024. the Effect of Live Streaming, Promotions, and Viral Marketing on Shopee Purchasing Decisions Among College Students. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE)., Vol. 7,No. 1, 1887–1906.
Budianto, C., Hidayah, T., & Qomaruzzaman Ratu Edi, B. 2023. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis dan Informatika., Vol. 4,No. 1, June, hlm .66-80.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Harmayani, H., Marpaung, D., Hamzah, A., Mulyani, N., & Hutahaean, J. 2020. E- commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. 2020. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, Vol. 6. No. 1, Juni, hlm. 31- 42.
Intan, D. E. I. P., & Ely, E. M. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Ponorogo di Marketplace Lazada. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research., Vol. 3. No. 1, Juni, 214–236.
Jacob, M. A. J., & Sarah, S. 2024. Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Blibli. Media Mahardika, Vol. 22. No. 2, Januari, hlm. 280-288.
Kasmir. 2017. Customer Services Excellent Teori Dan Praktik. Rajawali Pers. Jakarta.
Kotler, P., & Amstrong, G. 2016. Principles of Marketing 15 ed.. Pearson Education, Inc, United States. London.
Kotler, P., & Keller, L. . 2016. Marketing Manajemen. Pearson Pretice Hall. Leviana. 2023. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Shopee. Skripsi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Universitas Telkom. Bandung.
Maya Sari, R. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Lazada Di Kota Medan. Balance : Jurnal Akuntansi dan Manajemen., Vol. 1. No. 2, Agustus, hlm. 282–291.
Nasikah, D., & Fuadi, S. 2022. Tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut memperkuat pengaruh keputusan pembelian pada. Jurnal manajemen, Vol. 16. No. 1, hlm. 162–173.
Pamungkas, V. H. 2024. Garansi Tepat Waktu dari Shopee Bikin Belanja Online Jadi Lebih Nyaman. TribunMataram.com. https://mataram.tribunnews.com/2024/03/05/garansi-tepat-waktu-dari- shopee-bikin-belanja-online-jadi-lebih-nyaman.diakses pada tanggal 24 Agustus 2024
Putri, R. lestari. 2023. Analisis Faktor Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Shopee (Survei pada Mahasiswa FE UNISRI). Skripsi (tidak dipublikasikan) Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (1) 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis Edisi 6.
Salemba Empat. Jakarta Selatan.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2) 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis Edisi 6.
Salemba Empat. Jakarta Selatan.
Silaban, B. E., & Rosdiana, D. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Online Shop Sociolla. Jurnal Manajemen Bisnis., Vol. 23. No. 3, hlm. 202-224.
Sudarsono, H. 2020. Buku ajar: Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi. Jember.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sunyoto, D. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS. Jember.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi Offset. Yogyakarta. Tjiptono, F., & Chandra, G. 2020. Pemasaran Strategik Domain, Determinan, Dinamika. Andi. Yogyakarta
Tjiptono, F., & Diana, A. 2020. Pemasaran. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Umar, H. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi 2. Rajawali Pers. Jakarta.