PENINGKATAN BRANDING DAN EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH: PENDAMPINGAN BAGI PERUSAHAAN DAUR ULANG MELALUI MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL

  • Rahma Wahdiniwaty Universitas Komputer Indonesia
  • Ariya Rangga Nugraha Universitas Komputer Indonesia
  • Taruna Wijaya Universitas Komputer Indonesia
  • Muhammad Raihan Universitas Komputer Indonesia
  • Dias Restuyali Rizqi Universitas Komputer Indonesia
  • Devan Raditya Pratama Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Strategi Branding, Edukasi Pengelolaan Sampah, Pendampingan Digital, Perusahaan Daur Ulang, Media Sosial, Kesadaran Lingkungan, Daur Ulang

Abstract

Salah satu kontributor pencemaran lingkungan yang cukup besar adalah sampah. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat yang tergabung dalam Tri Darma perguruan tinggi harus dilakukan. Sebab, masyarakat masih membutuhkan kontribusi kampus untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul. Salah satu permasalahan yang berkembang di masyarakat adalah kurangnya strategi branding dan minimnya edukasi pengelolaan sampah bagi masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat menyadari maanfaatnya pengolahan limbah yang tepat dan fungsi dari daur ulang. Metode yang digunakan antara lain dengan membuat konten edukasi, wawancara dengan pemilik dan mengoptimalkan media sosial. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan peningkatan visibilitas perusahaan, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, dan meningkatkan pertumbuhan pelanggan. Keterlibatan masyarakat dalam aktivitas pengelompokan, penyortiran, dan pemasaran sampah bertambah pesat. Ada kenaikan jumlah sampah yang telah didaur ulang dan pengurangan sampah yang sebelumnya berakhir di TPA. Dengan demikian, strategi branding berbasis digital dapat menjadi solusi yang efektif bagi perusahaan daur ulang untuk meningkatkan daya saing dan kesadaran lingkungan di masyarakat.

References

Harimurti, S. M., Rahayu, E. D., Yuriandala, Y., & Athallah , N. K. (2020). PENGOLAHAN SAMPAH ANORGANIK: PENGABDIAN MASYARAKAT MAHASISWA PADA ERA
TATANAN KEHIDUPAN BARU. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3.
Joleha, Elianora, Fitri, K., Ichsanuddin, M., & Anjeri, W. M. (2023). Mewujudkan masyarakat peduli sampah melalui bank sampah: Aksi nyata untuk bumi yang lebih hijau. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 644-655.
Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. (2021). PELATIHAN LITERASI LINGKUNGAN DAN PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK UNTUK KERAJINAN DI SDN KRAWITAN
YOGYAKARTA. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII at-Thullab, 372-382.
Mutiara, S., Laila, S. N., & Azima, M. F. (2021, Agustus). PELATIHAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DARI BARANG. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 308 – 313.
Rusdiono, Zhan, F. F., Jalius, A. A., & Shadrina, D. N. (2023, September). Community- Based Waste Management: Pengelolaan Sampah Plastik Kepada Masyarakat Desa Punggur Kecil Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.
Sulistiyani, R. (2022). Pelatihan Daur Ulang Sampah Botol Plastik Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Sampah Dan Kreativitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS), 1.
Tiandho, Y., Aldila, H., Widyaningrum, Y., Kusmita, T., Indriawati, A., Kurniawan, W., & Afriani, F. (2021). Pelatihan PemanfaatanLimbah Plastik Menjadi Berbagai Kreasi Daur Ulang Bagi Masyarakat Desa Penyak. Journal of Appropriate Tehnology For Community Services, 2(2), 60-69.
Published
2025-06-07
How to Cite
Rahma Wahdiniwaty, Ariya Rangga Nugraha, Taruna Wijaya, Muhammad Raihan, Dias Restuyali Rizqi, & Devan Raditya Pratama. (2025). PENINGKATAN BRANDING DAN EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH: PENDAMPINGAN BAGI PERUSAHAAN DAUR ULANG MELALUI MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL. Journal of Social and Economics Research, 7(1), 307-312. https://doi.org/10.54783/jser.v7i1.800