MOM SHAMING SETELAH MELAHIRKAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (ANALISIS SEMIOTIKA)

  • Zumiarti Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Ekasakti
Keywords: mom shaming,, setelah melahirkan,, semiotika,, TIK TOK

Abstract

Mom Shaming atau perundungan pada seorang ibu menjadi salah satu momok menakutkan bagi semua perempuan yang menjadi ibu. Kritik, cacian bahkan perundungan atas berbagai pola parenting yang diterapkannya membuat banyak ibu tertekan. Bullying tersebut bahkan bisa mengganggu kesehatan mental karena para ibu kewalahan menghadapi tekanan yang dialaminya. Seperti pola makan, berat badan, pilihan susu formula atau ASI sampai pemberian gawai pada anak menjadi tema yang kerap dijadikan bahan kritikan. Rasa bersalah dan rasa malu yang dimiliki seorang ibu dapat menimbulkan pikiran bahwa diri ini entah bagaimana terlihat salah, rusak, tidak memadai, tidak cukup baik, dan tidak cukup kuat untuk menjadi seorang ibu. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk ujaran Mom Shaming yang ada di media sosial Tik Tok dan mengungkap efek perlokusi dari ujaran tersebut. Subjek penelitian ini adalah akun Tik Tok ibu-ibu yang di cari berdasarkan hastag Mom Shaming. Penelitian ini dilakukan karena melihat maraknya fenomena mom shaming yang terjadi saat ini, terutama ibu-ibu muda yang mengalami Mom Shaming. Namun, banyak masyarakat yang belum   mengetahui istilah Mom Shaming, sehingga mereka tidak tahu apa itu Mom Shaming dan seperti apa bentuk ujaran Mom Shaming tersebut.

References

Akbar, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna pada Bisnis Transportasi Ojek Online. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, Universitas Bakrie, Jakarta, Mei 2-3.
Annur, C. M. (2020). GoPay dan GoFood, Layanan Gojek yang Paling Sering Digunakan selama Pandemi. Diakses dari: databoks.kata.com
Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022, Juni). Profil Internet Indonesia 2022. Diakses pada: 16 Juli 2022.
Bungin, B. (2012). Penelitian Kualitatif komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media.
Bungin, B. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Emeilia, R. I., & Muntazah, A. (2021). Hambatan Komunikasi dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akrab Juara, 6(2), 155-156.
Harapan, E. (2014). Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Hidayatullah, S., Waris, A., Permata, Y., Adrian T., et al. (2018). Eksistensi Transportasi Online (GoFood) Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kota Malang. Seminar Nasional Sistem Informasi 2018, pp. 1423-1429, UNMER Malang.
Kustanti, M. C. (2020). Hambatan Komunikasi Interpersonal pada Physical Distancing di Situasi Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 57-64).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Roihan, A. (2022, Maret 27). Profil dan Sejarah Perusahaan Gojek, Startup
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suranto, Aw. (2014). Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiawan, T., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong. Manajemen IKM, 13(2), 116-126).
Taufik, M. A., Kurniawan, L., & Karno (2020). Peranan Platform Food Delivery Service dalam Mendukung Marketing Mix UKM di Masa New Normal. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(2), 121-129
Published
2023-07-08
How to Cite
Zumiarti. (2023). MOM SHAMING SETELAH MELAHIRKAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (ANALISIS SEMIOTIKA). Journal of Social and Economics Research, 5(1), 141-151. https://doi.org/10.54783/jser.v5i1.79