ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

  • Agoeng Karyanto Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ottow & Geissler Serui
Keywords: Analisis faktor,, keputusan pembelian ikan,, kepulauan yapen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terhadap setiap variabel yang mempengaruhi masyarakat terhadap keputusan pembelian ikan di Kabupaten Kepulauan Yapen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan peneliti temui yang dianggap tepat sebagai sumber data..  Populasi dalam penelitian ini adalah 250 orang di masyarakat kabupaten Kepulauan Yapen. Dengan sampel sebanyak 10 % atau 71 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil uji regresi secara parsial diketahui bahwa variabel keadaan perekonomian (X1) dan variabel persaingan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan tehadap keputusan pembelian ikan dengan masing-masing regresi yaitu, keadaan perekonomian (X1) t hitung > t tabel 2,985 > 2,000 dan persaingan (X3) t hitung > t tabel 2,963 > 2,000 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan variabel permintaan dan penawaran (X2) dan keuntungan (X4) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ikan pada masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen.Nilai F hitung sebesar 13,105 > F tabel sebesar 2,35 maka hipotesis diterima. Maka model regresi menunjukkan bahwa secara simultan keadaan perekonomian, permintaan dan penawaran, persaingan, dan keuntungan mempengaruhi masyarakat terhadap keputusan pembelian ikan di Kabupaten Kepulauan Yapen. Dari hasil koofisien determinasi diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,443 yang artinya 44,3% keadaan perekonomian, permintaan dan penawaran, persaingan, dan keuntungan mempengaruhi masyarakat selaku konsumen terhadap pembelian ikan, sedangkan sisanya (100% - 44,3% = 55,7%) dipengaruhi sebab-sebab lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

References

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Basrowi dan Juariyah, S. 2010. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi & Pendidikian, Vol.7 No.1, Hal. 58-81.
Deming, W. Edwards. 2002. Out of Crisis. Massachussetts Institute of Technology. Cambridge.
Drs. Budiono, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia terbaru, Jakarta : Bintang Indonesia.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.
Husein, Umar. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Kemdikbud (2020), Modul IPS minat konsumen terhadap suatu barang atau jasa.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Koentjaraningrat, S.1997. Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Maftukhah. 2007. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun 2006/2007. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Mulyadi.2008. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Nawawi, H. Hadari. 1983. Metode Penelitian Deskriptif. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Nugroho J. S, 2003, Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Prenada Media, Jakarta.
Polancik, G. (2009) Empirical Research Method Poster. Jakarta:
Suparyadi, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Andi.
Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2013) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Bandung : Citra Umbara, 2007.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Published
2023-05-14
How to Cite
Agoeng Karyanto. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IKAN DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN. Journal of Social and Economics Research, 5(1), 068-077. https://doi.org/10.54783/jser.v5i1.71