PERBANDINGAN PENGARUH DIRUMAH DAN TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK: LITERATURE RIVIEW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efek pengasuhan di rumah dan di tempat penitipan anak (TPA) terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak. Kecerdasan emosional merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri serta berinteraksi sosial dengan baik. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah 15 artikel yang relavan dari beberapa jurnal yang dipublikasikan antara tahun 2019 hingga 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dalam perkembangan kecerdasan emosional antara kedua kelompok tersebut. Anak yang diasuh di rumah cenderung menunjukkan tingkat kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang diasuh di TPA. Faktor-faktor seperti kelekatan emosional dengan orang tua dan pola pengasuhan yang konsisten menjadi penentu utama dalam perkembangan kecerdasan emosional anak. Penelitian ini menyarankan perlunya perhatian lebih terhadap kualitas pengasuhan, baik di rumah maupun di tempat penitipan anak, untuk mendukung perkembangan emosional yang optimal pada anak.
References
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
Dewi, N. N. D. P. T. (2020). Mengembangkan kecerdasan emosional anak usia dini melalui media gambar cerita berseri. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 362-369.
Erdaliameta, A., Khurotunisa, R., Nana, N., & Tohani, E. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4521-4530.
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69-80.
Khumaeroh, S., & Widjayatri, R. D. (2022). Pola Asuh Orangtua Generasi Milenial terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1-13.
Laiya, S. W., Sutisna, I., Daud, N., & Shodiq, N. A. M. (2023). Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Kecerdasan Emosi Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(1), 12-25.
Ma'arif, N. N., & Zulia, M. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini: Studi Siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Dungus Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 30-54.
Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak; Analisis Faktor dan Strategi dalam Perspektif Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 85-100.
Munir, Z. (2022). Pengaruh Peran Guru Terhadap Optimalisasi Tumbuh dan Kembang (Sosial) pada Anak Di TPA Ar-Rahmah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jurnal Keperawatan Profesional, 10(2), 144-164.
Rahmi, P. (2020). Mengembangkan kecerdasan sosial dan emosinal anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 19-44.
Sari, N. Z., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2022). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring di Desa Gemiring Lor. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 83-87.
Susanti, V., & Shomedran, S. (2023). Penanaman Sikap Sosial Anak di Taman Penitipan Anak (TPA) Robbani Indralaya Utara. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 182-187.
Syahailatua, J., & Kartini, K. (2020). Pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang berhubungan dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 77-83.
Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 93-107.
Ulyah, H. (2021). Menelisik Tumbuh Kembang Anak di Taman Penitipan Anak (TPA). Noura: Jurnal Kajian Gender dan Anak, 5(1), 10-19.
Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55-65.
Yunita, H., Juraida, I., & Triyanto, T. (2023). Pola Asuh Anak Di Rumah Sos Children’s Village Dalam Perspektif Sosiologi. Jurnal Society: Pengamat Perubahan Sosial, 2(1), 1-10.