PENERAPAN STRATEGI KONTEN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN BRAND INTEREST DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHATMA COFFEE PT. MAHAT MASAGI UNIVERSITAS PADJADJARAN

  • Mochamad Anshori Fadilah Universitas Padjadjaran
  • M. Raihan Fahreza Universitas Padjadjaran
Keywords: Content Marketing, Social Media Marketing, Brand Awareness, Brand Interest, UMKM, Coffee Shop, Instagram Ads, Digital Marketing

Abstract

Penggunaan media sosial telah mengalami peningkatan yang signifikan, dan berdampak besar pada berbagai sektor ekonomi, termasuk usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta bisnis coffee shop. Kenaikan penggunaan media sosial memberikan peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan brand awareness dan brand interest. Platform seperti Instagram, memungkinkan bisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memanfaatkan fitur-fitur seperti iklan berbayar, dan konten visual yang menarik. Mahatma Coffee merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang food and beverages yang berfokus pada coffee dan non coffee yang terletak di Universitas Padjadjaran Jatinangor, Mahatma Coffee telah melakukan promosi melalui media sosial Instagram. Namun, penggunaan media sosial Mahatma Coffee belum optimal hingga membuat awareness dan interest dari lingkungan Mahatma Coffee rendah. Oleh karena itu, dalam proyek ini, penulis akan mengelola akun Instagram Mahatma Coffee dengan fokus pada konten marketing untuk meningkatkan brand awareness dan brand interest terhadap Mahatma Coffee, yaitu dengan cara memproduksi konten berkualitas, memanfaatkan hashtag yang relevan, berkolaborasi dengan instagram UNPAD, serta menggunakan fitur-fitur seperti instagram stories, post instagram dan video reels untuk menarik perhatian pengikut dan meningkatkan engagement rate Instagram serta menggunakan Instagram ads.

References

Abidin, Z., Bungsu, R., Djuddah, M., M. Alamsyah, & Maisah, M. (2020). Analisis Swot Dan Pemetaan Strategi Pada Stie Syari’Ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 160–170.https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i2.381
Andriansyah, G. (Ghana), & Sriwardani, S. (Sriwardani). (2019). Pengaruh Advertising dan E-Wom terhadap Corporate Image Ramayana Department Store. Almana. , vol. 3, no. 3, pp. 596-604, doi:10.36555/almana.v3i3.1259.
Adriansyah, G., & Pramono, A. (2019). Perencanaan Strategi PT. X dengan Pendekatan Manajemen StrategI. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), 37-42.
Alexandra, A. A., & Jaelani, E. (2019). Pengaruh Rebranding Aplikasi Mandiri Online Terhadap Brand Equity pada Pengguna Aplikasi Mandiri Online. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), XI (2), 87–107
Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). Rerbranding Bank KB Bukopin Dalam Membangun Brand Image Perusahaan. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.Clarabridge. (2020). The Ultimate Guide to Customer Journey Mapping
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68-75.
Daryanto, L. H., dan Hasiholan, L. B. The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi” Pak Man Semarang. Journal of Management, Vol. 5, No. 5, 2019.
Enji, E., & Beni, S. (2023). Analisis Usaha Jasa Seventeen Voucher Sebelum dan Setelah Dilakukannya Penerapan Business Model Canvas: Erianti Enji, Sabinus Beni. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 14(1), 1–6.
Effriena Brilliany, & Anton P.W. Nomleni. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsser, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett: The Effect Of Celebrity Endorser, Brand Image and Brand Trust On Consumer Purchase Interest Of Scarlett Products. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F.., Heriyanto, & Saputra, I.. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Hawa, N. A., Harto, B., & Pramuditha, P. (2023). Efektifitas Komunikasi Pemasaran Bisnis UMKM Melalui Fitur Reels Instagram. KOMVERSAL, 5(1), 40-51.
Isamuddin, I., Faisal, F., Maisah, M., Hakim, L., & Us, K. A. (2021). Implementasi analisis swot pada manajemen strategik dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan di madrasah tsanawiyah nurul islam muara bungo. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1034-1050.
Indrapura, P.F.S dan Fadli, U.M.D (2023) Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970–1978. Doi: 10.55681/economina. v2i8.699
Jayatanti, F. D., Isnawati, S. I., & Widagdo, T. H. (2022). Teknik Copywriting Harga Untuk Marketing Online Bagi Pelaku Umkm Kerajinan Dan Souvenir Di Desa Pucang, Kabupaten Magelang. Jurnal Bakti Humaniora, 2(2), 21-27.
Khotimah, Khusnul, and Muhammad Jalari. "Menguji Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo." Maker: Jurnal Manajemen 7.1 (2021): 81-94.
Kusumadewi, F. A., & Revinzky, M. A. (2023). Penggunaan Design Thinking untuk Perancangan Brand Guideline, Content Pillar, dan Content Calendar. Content Pillar, dan Content Calendar (July 13, 2023).
Martha, Z. (2021). Penggunaan fitur media sosial instagram stories sebagai media komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 26-32.
Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y.. (2021). Faktor-faktor yang Mepengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceivedquality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459 Pertiwi, M. K., & Martadi, M. (2023). Perancangan Brand Identity UMKM Jamu Sabay. Desgrafia: Jurnal Desain Grafis, 1(1), 199-212.
Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 39-51.
Rigitta, Nevin Maulana and Auliya, Anisatul (2023) "Tradisi Dugderan Sebagai Strategi Promosi Pemasaran Wisata di Kota Semarang," Jurnal Sosial Humaniora Terapan: Vol. 5: Iss. 2, Article 3.DOI: 10.7454/jsht.v5i2.1025
Riswanto, A., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Gaffar, V. (2019). Empirical assessment of the role of product innovation in dynamic marketing capabilities and company performance. Quality - Access to Success. 20 (173), 64-67
Rasmikayati, E., Afriyanti, S., & Saefudin, B. R. (2020). Keragaan, Potensi dan Kendala pada Usaha Kedai Kopi Di Jatinangor: Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works. Agritekh (Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan), 1(01), 26-45.
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, A., &Simarmata, J. (2020). Digital Marketing Komunikasi Menjadi Lebih Mudah (A. Rikki (ed.); I).Yayasan Kita Menulis
Surono, A., Pramudya, B. P., et.al.(2021). Rebranding UMKM Kafe “Kopiright” Malang Berbasis Analisis Swot, Untuk Meningkatkan Brand Awareness. SAINSBERTEK Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1).
Sigar, D., Soepeno, D., & Tampenawas, J. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 841-850.
Sagiyanto, A., & Sulfiah, A. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Produk Haus Melalui Akun@ Haus. Indonesia. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), 97-114.
Sucipto, K. R., & Yahya, A. F. (2022). jkpStrategikomunikasi pemasaran digital subway Indonesia melalui reels instagram @subway. indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 68-78
Sangen, M. (2019). Pengaruh content marketing, sales promotion, personal selling, dan advertising terhadap minat beli konsumen pada hotel biuti di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirusahaan, 3(1), 42-47.
Wahyudi, S., & Interbus, M. (2022). Copywriting untuk Marketing. Surabaya: Brilian Internasional
Yusuf, R., Hendrayati, H., & Adi Wibowo, L. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506-515. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289.
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2): 89-96. DOI: https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Yuswohady (2020) Consumer Behavior and New Normal After Covid-19., GoRead E- Book PT PMLI, 2020-04-26 14:14:16
Published
2024-10-09
How to Cite
Mochamad Anshori Fadilah, & M. Raihan Fahreza. (2024). PENERAPAN STRATEGI KONTEN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN BRAND INTEREST DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHATMA COFFEE PT. MAHAT MASAGI UNIVERSITAS PADJADJARAN. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 2292-2311. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.542