TEKNOLOGI DALAM INOVASI BISNIS DI ERA 5.0
Abstract
Lingkungan perusahaan saat ini, di mana teknologi telah berkembang menjadi semakin penting selama beberapa dekade sebelumnya, ialah kekuatan pendorong untuk studi ini. Perusahaan dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan dan memperkenalkan barang dan jasa baru, serta mengotomatisasi proses dan meningkatkan produktivitas. Tujuannya studi ialah untuk menyelidiki hambatan teknis dan prospek yang dihadapi inovasi perusahaan di Era 5.0. Studi ini memakai jenis studi tinjauan literatur. Kesimpulan dari studi ini memperlihatkan bahwasannya teknologi akan memainkan peran utama dalam masyarakat 5.0. Aplikasi robotika dan IoT akan menjadi signifikan di Era Society 5.0. Beriringan dengan berkembangnya Internet of Things, para pemilik bisnis di Era Society 5.0 juga harus menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan perusahaan mereka. Khususnya dalam konteks Society 5.0, perdagangan digital memungkinkan transaksi keuangan bahkan ketika para pihak tidak bertemu secara fisik. Para pemimpin di industri digital juga harus menjadi inventif dan kreatif karena perubahan yang cepat dan beragam di pasar. Bisnis digital selalu berkembang, membawa serta peluang dan masalah. Peluang bisnis online ini memungkinkan para pengusaha untuk memasarkan dan menjual barang mereka menggunakan media online dan platform online yang telah sering digunakan oleh masyarakat umum.
References
Ardiansyah, W. M. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(1).
Erwin, E., Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., ... & Munizu, M. (2023). DIGITAL MARKETING: Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Erwin, E., Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., ... & Munizu, M. (2023). DIGITAL MARKETING: Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Febriana, H., Andita, K. V., Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2023). Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0. Jurnalku, 3(3), 365-374.
Hidayatullah, D., Rohman, F. F., & Sari, N. K. (2022). Peran Digital Marketing sebagai Skills Kewirausahaan di Era Society 5.0. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 5(2), 163-174.
Hiyanti, H., Nugroho, L., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2020). Peluang dan tantangan fintech (financial technology) syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 326-333.
Hussein, A. S. (2018). Metode design thinking untuk inovasi bisnis. Universitas Brawijaya Press.
Kanedi, I., Siswanto, S., Yupianti, Y., Sari, V. N., & Oktavia, B. (2022). Pemanfaatan Teknologi E_Commerce dalam Proses Bisnis pada Era Society 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 1(2), 99-104.
Martaseli, E., & Maragita, M. (2023). The Impact Of Artificial Intelligence On The Accounting Profession In The Era Of Industry 4.0 And Society 5.0. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 5(01).
Nathaniela, T. C., Afia, N., Firdausi, N., Rosyidah, E., & Purnomo, A. (2022). Inovasi Model Bisnis Berkelanjutan: Teknologi, Gaya Hidup & Keberlanjutan.
Rahadi, D. R. (2017). Tranformasi Inovasi Bisnis Keluarga Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif. Jurnal Ecoment Global, 2(1), 1-11.
Riswanto, A., Joko, J., Napisah, S., Boari, Y., Kusumaningrum, D., Nurfaidah, N., & Judijanto, L. (2024). Ekonomi Bisnis Digital: Dinamika Ekonomi Bisnis di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rosmida, R. (2019). Transformasi Peran Akuntan dalam Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Era Society 5.0. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 206-212.
Salwa, R., & Nasution, M. I. P. (2024). Inovasi Bisnis Organisasi Melalui Pemanfaatan Sistem Dan Teknologi Informasi. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4(1), 21-31.
Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective). JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 22(2), 175-191.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV: Bandung.
Sunarjo, W. A., Ilmiani, A., & Kamila, N. P. (2023). Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital sebagai Upaya Peningkatan Omset bagi UMKM Batik di Era Society 5.0. DIMASEKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-10.
Triansyah, F. A., Wijaya, S. J., Jayanti, E. D., Teapon, N., & Melani, R. (2023). Optimalisasi Literasi Bisnis Digital Pelaku UMKM Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 378-385.
Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan e-commerce sebagai solusi inovasi dalam menjaga sustainability bisnis. Teknika, 7(1), 66-72.
Zeinora, Z. (2020). Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Serta Kebermanfaatan Menggunakan Software Accurate, Myob, Zahir Accounting Dan Penerapannya Di Universitas Indraprasta PGRI. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 6(4), 341-353.