PENGARUH SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT KASIH HERLINA KOTA SORONG

  • Wahyu Oktiarto Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Endang komara Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Mira Veranita Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Sistem Pendaftaran Online, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi penting yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem pendaftaran online terhadap kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien di Rumah Sakit Kasih Herlina Kota Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 34 pasien yang diambil dengan menggunakan teknik sampling berupa total populasi. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa ada pengaruh sistem pendaftaran online terhadap kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien di Rumah Sakit Kasih Herlina Kota Sorong (nilai p=0,002 < 0,05).

References

Afdoli, M. (2019). Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Rawat Jalan Di Rsup M Djamil Kota Padang. 25, 359–366.
Alshurideh, M. (2022). Uncertain Supply Chain Management Does electronic customer relationship management ( E-CRM ) affect service quality at private hospitals in Jordan ? 10, 325–332. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.1.006
Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.130
Asmoro, R., P. Rohendi, A. Wahyudi, B. & Jujur, Utang. (2023). Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Pelayanan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pmm/article/download/1034/452/4407
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27576
Nugraha, M., & Sumadi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2), 97–102. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i2.1190
Rohendi, A. (2019). The Service Management Triangle. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/115/107
Saputra, M. G., Nurdiana, F., Mahfiroh, A. P., & Nuriyati. (2020). Hubungan Pendaftaran Online dan Offline dengan Kepuasan Pasien. Johc, 1(1), 1–7.
Sujarwanta, T. H., Syaodih, E., & Rahim, A. H., (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien. http://ejurnal.ars.id/index.php/jsj
Ulumiah. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155
Veranita, M., & Hatimatunnisani, H. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Bandung Selatan. https://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/index.php/E-Bis
Veranita, M., & Hatimatunnisani, H. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center). https://journal.unpas.ac.id/index.php/businesspreneur/article/download/5975/2840
Widuri, W., Komara, E., & Rachman, A. (2024). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kinerja Paramedis Rumah Sakit Khusus Paru Kab. Karawang. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Yu, W., Yu, X., Hu, H., Duan, G., Liu, Z., & Wang, Y. (2013). Use of hospital appointment registration systems in China: a survey study. Global Journal of Health Science, 5(5), 193–201. https://doi.org/10.5539/gjhs.v5n5p193
Zaid, A. A., Arqawi, S., & Mwais, R. A. (2020). The Impact of Total Quality Management and Perceived Service Quality on Patient Satisfaction and Behavior Intention in Palestinian Healthcare The Impact of Total Quality Management and Perceived Service Quality on Patient Satisfaction and Behavior Intenti. April.
Zhao, P., Yoo, I., Lavoie, J., Lavoie, B. J., & Simoes, E. (2017). Web-based medical appointment systems: A systematic review. Journal of Medical Internet Research, 19(4), 1–9. https://doi.org/10.2196/jmir.6747
Published
2024-11-13
How to Cite
Wahyu Oktiarto, Endang komara, & Mira Veranita. (2024). PENGARUH SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT KASIH HERLINA KOTA SORONG. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 2381-2388. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.440