EFEKTIVITAS PENERAPAN PELAYANAN E-COURT DI ERA ENDEMI COVID-19 PADA PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN KELAS IA

  • Maya Sofiana Vokasi Administrasi Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI.
  • Endang Supriyadi Vokasi Administrasi Bisnis, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Nurul Giswi Karomah Vokasi Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta.
Keywords: Efektivitas,, Pelayanan,, E-Court,, Model DeLone dan McLeon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama untuk mengetahui gambaran bagaimana efektivitas penerapan pelayanan E-Court di era endemi Covid-19 pada Pengadilan Agama (PA) Pekalongan Kelas IA. Kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat efektivitas penerapan pelayanan E-Court di era endemi Covid-19 pada Pengadilan Agama (PA) Pekalongan Kelas IA. Metode Penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualtitatif. Untuk mengkaji efektivitas pelayanan E-Court, agar mendapat gambaran yang mendalam  maka digunakan model yang dikemukakan oleh DeLone dan McLeon,  yang mana keberhasilan efektifitas pelayanan digital, meliputi 6 (enam) dimensi: Pertama, kualitas informasi. Kedua, kualitas system. Ketiga, kualitas pelayanan. Keempat, kualitas penggunaan system.  Kelima, intensi menggunakan serta tingkat penggunaan, kepuasan pengguna. Keenam, manfaat yang dirasakan. Teknik analisis yang digunakan pada data kualititatif menurut Creswell. Alur-alur tersebut adalah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan data/ kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, penerapan pelayanan E-Court di era endemi Covid-19 pada PA Pekalongan Kelas IA, cukup efektif yang mana sistem cukup  terintegrasi dengan aktivitas pelayanan. Kedua, kendala yang dihadapi dalam penerapan pelayanan E-Court di era endemi Covid-19 pada PA Pekalongan Kelas IA, sistem error sehingga menyebabkan pembayaran panjar perkara pada salah satu bank pemerintah terkendala. Sementara ini E-Court baru dapat diakses oleh pengguna Advokat, sedang Non-Advokat belum dapat mengakses

References

Afrelia Edison, I., Restu Valentina, I., Ariati, P., Nengsih, R., & Cania, R. (n.d.). Efektivitas Pelayanan Pemerintah dengan Implementasi Layanan Berbasis Digital Pada Aplikasi SI-ALEK di Kecamatan Lubuk Begalung Padang Sumatera Barat.

Christian, A. R. (n.d.). “Kecuali Coffee.”

Evrilyan Rozanda, N., Razmi, F., Sistem Informasi, P., Sains dan Teknologi, F., & Suska Riau, U. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. https://publikasi.kocenin.com/index.php/teksi

Hidayah, N. R. (n.d.). EFEKTIVITAS PENERAPAN LAYANAN SISTEM INFORMASI TANDA TANGAN ELEKTRONIK (SITTEK) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN SIDOARJO. www.ombudsman.go.id.

Hidayatullah, M. A., Syamsir, S., Khanaya, P., Owen Tunggara, R., & Nasri, M. H. (2024). EVALUASI PERFORMA PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL DI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG. Jurnal Inovasi Global, 2(1), 90–102. https://doi.org/10.58344/jig.v2i1.45

Intihani, S. N., Arifudin, & Juliani. (2023). EFEKTIVITAS PERSIDANGAN BERBASIS E-COURT PADA MASA PENDEMI COVID 19 PADA PENGADILAN NEGERI BEKASI. Veritas, 8(1). https://doi.org/10.34005/veritas.v8i1.1804

Listyaningsih, E. (2022). Pencabutan Status Pandemi COVID-19 oleh Presiden Jokowi Terhadap Saham-Saham JII di Bursa EfekIndonesia. https://doi.org/10.33024/jrm.v12i2

Mirfaq, R., Gunawan, W., & Akbar, I. (2022). EFEKTIVITAS SISTEM PELAYANAN PERIZINAN ONLINE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2019 (Studi Pada Pemenuhan Komitmen Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra), 1(2). https://doi.org/10.24198/janitra.v1i2.38244

Muhammad Ikhsan, & Azhar Kasim. (2023). ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI DI KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(2), 399–410. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i2.2588

Samara, A., Anggraeni, Rr. D., Sulistiyowati, R., Selfiyan, Wibowo, S., Sutandi, Wi, P., & Pujiarti. (2022). Pelatihan Penerapan Manajemen Persediaan Bagi Pedagang Makanan Minuman Di Era Endemi Covid 19 (UMKM Cihuni Hill Park). Abdi Dharma, 2(2). https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1729

Simanjorang, S. R., Riau, U., Kampus Bina Widya, P., HRSoebrantas, J., & Baru Pekanbaru Riau, S. (n.d.). EFEKTIVITAS PELAYANAN APLIKASI E-COURT DI PENGADILAN NEGERI PEKANBARU. In JOM FISIP (Vol. 9).

Sofiana, M., Seiver Langelo, J., Supriyadi, E., Maulina, A., & Wahyuni, R. (2022). Case Study of Digital-Based Service Innovation for Old Age Insurance (JHT) Claims by BPJS Employment (BPJAMSOSTEK) Pekalongan Branch Office Central Java. Ilomata International Journal of Management, 3(1), 327–342. https://doi.org/10.52728/ijjm.v3i1.302

Sofiana, M., Wahyuni, R., & Supriyadi, E. (2020). Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.797

Supriyadi, E., & Sofiana, M. (n.d.). Analisa Manajemen Strategi Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Menggunakan Metode SWOT (Studi Kasus PT XYZ).

Published
2024-06-21
How to Cite
Maya Sofiana, Endang Supriyadi, & Nurul Giswi Karomah. (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN PELAYANAN E-COURT DI ERA ENDEMI COVID-19 PADA PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN KELAS IA. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 209-221. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.432