PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING PADA WARUNG NASI AYAM SPG BANDUNG
Abstract
Penelitian ini melihat hubungan antara citra merek dan niat beli ulang di toko nasi ayam SPG Bandung, dengan menggunakan kepuasan pelanggan sebagai variabel independen. Horison waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional, dan setidaknya 90 orang berpartisipasi dalam pendekatan survei yang mengumpulkan data inti untuk penelitian ini dengan menggunakan kuesioner online dengan sedikit interaksi dari para peneliti. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak Statistical Program of Social Science (SPSS) versi 25 untuk menguji hipotesis. Salah satu dari lima hipotesis penelitian yang diajukan, mengenai dampak positif secara parsial dan simultan dari citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap niat beli ulang, didukung oleh temuan penelitian ini. Kepuasan pelanggan berperan sebagai mediator dalam interaksi antara citra merek dan niat beli ulang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penelitian selanjutnya dan juga bagi para pemilik warung nasi ayam SPG.
References
UNES Journal of Scientech Research. 2(1): 1-12
Chandra, H., & Siaputra, H. (2020). Pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan, dan citra merek terhadap minat beli ulang di restoran XYZ surabaya dengan kepuasan konsumen sebagai mediator. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(2).
Farahan, F. O., & Lestari, W. D. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Mie Gacoan Di Kota Surakarta). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(16), 263–275. https://doi.org/10.5281/zenodo.8240231
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariant Dengan Program IBM SPSS 21. Edited by 2nd. Semarang: Universitas Diponogoro.
Gunawan & Pramudita. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mie Ayam Atet Palembang) Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen Vol. 4 No. 1
Hapsara et al. (2023). The Effect of Product Quality and Consumer Satisfaction On Repurchase Intention at Seporsi Mie Kari Alam Sutera. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS) Vol. 2, No. 1
http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/Manager/index,
Junaidi (2023). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm- hebat,-perekonomian-nasional- meningkat.html#:~:text=UMKM%20merupakan%20salah%20satu%20pilar,seni lai%208.573%2C89%20triliun%20rupiah
Kosli et al. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Atmosfer Restoran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Kajian terhadap sebuah restoran x di Makassar). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 10.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Maulana & Sukresna. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi: Pada Pelanggan Produk Roti Que Bread Di Kota Bogor). Volume 11, Nomor 1 1-
15http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Mawarsari (2023). Tren Digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan Peluang https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023- tantangan-dan-peluang
Moerdijat (2023) Terus Tingkatkan peran UMKM Dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional https://www.mpr.go.id/berita/Terus-Tingkatkan-Peran- UMKM-dalam-Menopang-Pertumbuhan-Ekonomi-Nasional
P-ISSN: 2528-6218, E-ISSN: 2528-6838
Novitasari, F. D. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ULANG TEH PUCUK HARUM DI DESA KEBONAGUNG KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG.
Nuraeni (2023). Kisah Nama Ayam Goreng SPG di Kota Bandung https://garut.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-527270651/kisah-nama- ayam-goreng-spg-di-kota-bandung-penasaran
Nyarmiati & Astuti. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas layanan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Perceived Value Terhadap Minat beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interverning (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Pondok Bandeng BaBe Kabupaten Pati). ejournal-s1.undip.ac.id, Volume 10, Nomor 2.
Pramesti & Waluyo. (2019). Pengaruh Brand Image dan Customer Value Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 8, No 2 https://doi.org/10.14710/jiab.2019.23643
Prasetyo, M. M., & Wibowo, S. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dinamis, 1(2), 62–79. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.14
Priyanto & Heriyadi. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Suasana Toko dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Ulang KFC di Ayani Mega Mall Pontianak Vol 6 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/article/view/67577/0
Rasmana et al. (2020). pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian ulang konsumen pada Restoran Ayam Asix Semeru Bogor. Vol, No.1114-122
Reynaldi & Santoso. (2019). pengaruh citra merek, promosi dan layanan terhadap minat beli ulang Kukki Deli Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 4, Nomor. 1
Rohman & Naufaldi (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Citra merek, dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Dewantara Volume 6, No 1 53-60 http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/
Santi & Supriyanto. (2020). pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Promosi Online terhadap Minat Beli Ulang Sate Taichan Banjar D’Licious. Vol.
4. No. 1. 47 – 56 http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Method For Business Skill Building Approach Seventh Edition. Chicester, West Sussex: WILEY
Silvia & Salma. (2021). Effect of Brand Image to Customer Satisfaction and Loyalty in
H. Masduki Restaurant in Pekalongan City Vol. 16 No. 2 ISSN 2085-8418; EISSN 2622-9250 http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/
Sugiama, A. G. (2014). Metode riset bisnis dan manajemen. Metode Penelitian.
UNES Journal of Scientech Research. 2(1): 1-12
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suri & Nainggolan. (2022). pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan di pippo Italian senayan restaurant. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume, 6 Nomor. 2
Sutedjo & Saputri. (2023). pengaruh brand image, taste dan trust terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Rocket Chicken Kaliwungu. Journal of Economic, Business and Accounting Volume 6 Nomor 2
Tjiptono, Fandy. (2015). Pemasaran Jasa, Edisi Pertama.Yogyakarta : Penerbit Banyumedia Publishing.