PENGARUH PROFITABILITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2019

  • Rina Asmeri Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang
  • Sri Yuli Ayu Putri Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang
  • Muhammad Hasan Hasbi Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang
Keywords: Profitabilitas, Peluang Pertumbuhan, dan Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial stability, leverage, danĀ  profitabilitas terhadap kemungkinan terjadinya fraudulent financial reporting. pada peruasahaan sektor perbankan yang terdaftar di bei tahun 2017-2019. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017 sampai 2019 sebanyak 47 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sesuai kriteria yang sudah ditentukan Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi logistik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial financial stability berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kemungkinan terjadinya fraudulent financial reporting, leverage berpengaruh signifikan terhadap kemungkinan terjadinya fraudulent financial reporting, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kemungkinan terjadinya fraudulent financial reporting, secara simultan financial stability, leverage, danĀ  profitabilitas berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya fraudulent financial reporting.

Published
2022-06-10
How to Cite
Rina Asmeri, Sri Yuli Ayu Putri, & Muhammad Hasan Hasbi. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2019. Journal of Social and Economics Research, 4(1), 028-043. https://doi.org/10.54783/jser.v4i1.37