ANALISIS PENGGUNAAN SHOPEE AFFILIATE PROGRAM DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), PERCEIVED TRUST DAN PERCEIVED RISK (STUDI KASUS SELLER SHOPEE AFFILIATE)
Abstract
Melibatkan 400 responden, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Perceived Trust, Perceived Risk, dan pendekatan TAM memengaruhi partisipasi penjual dalam program Afiliasi Shopee. Kuesioner disebarkan secara daring melalui Google Form, sementara analisis jalur menggunakan SEM-PLS 4 dilakukan untuk menguji hubungan antara variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavior Intention to Use, Attitude towards Using, Perceived Trust, dan Perceived Risk. Berdasarkan analisis, diperoleh hasil yang valid dan reliabel, serta terdapat hipotesis dengan pengaruh positif antara variabel, yaitu; Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Trust, Perceived Risk, dan Attitude towards Using memiliki pengaruh positif terhadap Behavior Intention to Use. Selanjutnya, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Trust memiliki pengaruh positif terhadap Attitude towards Using. Namun, Perceived Risk tidak memiliki pengaruh terhadap Attitude towards Using. Variabel Perceived Risk tidak mampu berpengaruh secara langsung terhadap Attitude towards Using dalam program Afiliasi Shopee.
References
Artameviah, R. (2022). Perceived Trust dan Risk. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Ashari, R., & Widayanto. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan ResikoTerhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Pengguna Pada Situs Belanja Online Lazada. Com (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Adminitrasi Bisnis 11, 7(1), 209–219.
Azhar, S. (2022, December 24). BusinessInsight. Retrieved from Kontan.co.id: https://insight.kontan.co.id/news/laju-pertumbuhan-transaksi-e-commerce-di-indonesia-melambat
Bloomenthal, A. (2023, May 23). E-commerce Defined: Types, History, and Examples. Retrieved from Investopedia: https://www.investopedia.com/terms/e/ecommerce.asp
Cintia Aryanti, N., Sihite, M., & Supriyadi, E. (2021). Analisis Attitude Toward Using DALAM Meningkatkan Customer Satisfaction Mobile Payment GoPAY. Mabiska Jurnal, 6(1), 1–12.
Dewi, Y. M. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SPAYLATER MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.
Ferdira, B. G., Asa Partama Nonitehe Gulo, Nugroho, Y. I. D., Fernandes, J., & Andry. (2019). Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi Mobile Mataharimall.Com Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 107–116. https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2790
Gusni, G., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Attitude dan Actual Usage Go-Pay. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3892
Komalasari, Y., & Marjito. (2019). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Attitude Toward Using Pada Ojek Online Uber. Jurnal Computech & Bisnis, 13(1), 11–17.
Kristanto, H., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude toward Using dan Sales Promotion terhadap Repurchase Intention Tiket Bioskop Pengguna Aplikasi TIX-ID. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 226. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11854.
Ma’ruf, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, dan Kenyamanan terhadap Sikap Konsumen dalam Belanja Online. Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 535–549.
Marza, S., Idris, I., & Abror, A. (2019). The Influence of Convenience, Enjoyment, Perceived Risk, And Trust On The Attitude Toward Online Shopping. 64(2001), 588–597. https://doi.org/10.2991/piceeba2-18.2019.40
Meida, L., & Trifiyanto, K. (2022). Pengaruh Perceived Trust dan Perceived Risk Terhadap Behavioral Intention dengan Perceived Ease of Use sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(2), 217–232. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i2.92
Nanda, S. (2023, November 9). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya. Retrieved from brainacademy: https://www.brainacademy.id/blog/penelitian-kuantitatif
Nugraha, S., & Nuraeni, D. (2021). Peran Teknologi Internet Dalam E-Commerce. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i2.1474
Priadana, P. S., & Denok Sunarsi, S. P. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif.
Putra, I. S., & Wardani, N. A. K. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention To Use Penggunaan Software Akuntansi Pada Umkm. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 5(2), 60–74. https://doi.org/10.34128/jra.v5i2.130
Putra, I. S., & Wardani, N. A. K. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention To Use Penggunaan Software Akuntansi Pada Umkm. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 5(2), 60–74. https://doi.org/10.34128/jra.v5i2.130
Ramadhan, D. (2019). Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease Of Use, dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention Melalui Attitude Sebagai Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Gudang Digital Online Yogyakarta). Jurnal EBBANK, 10(2), 41–48.
Ranti, M. (2022). PENGARUH PERCEIVED RISK, PERCEIVED EASE OF USE, DAN CUSTOMER’S ATTITUDE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE E-WEDDING GIFT DI KOTA PADANG.
Setiawan, N., Nurhadi, M., Djuwito, & Diptyana, P. (2018). Analisis Perilaku Penggunaan Learning Management System. Spirit Pro Patria, IV(2), 138–153.
Setyawati, R. E. (2020a). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 3 No. 1 Januari 2020. Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention To Use Dengan Atittude Towards Using Sebagai Variabel Intervening, 3(1), 39–51.
Setyawati, R. E. (2020b). PENGARUH PERCEIVED USEFULLNESS, PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE DENGAN ATITTUDE TOWARDS USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/
Singasatia, D., & Melami, M. (2019). Pengaruh Perceived Usefulness (PU) Dan Perceived Ease Of Use (PEOU) Terhadap Attitude Toward Using (ATU) Serta Dampaknya Terhadap Behavioral Intention To Use (BITU) (Study Kasus : Pengguna Sistem Pendaftaran Online Lomba Tingkat (LT) IV Kwartir Daerah Ger. STT Wastukancana, 1–8.
Tarwiyanti, E. A. (2018). PENGARUH KEPERCAYAAN ( TRUST ) PADA TOKO ONLINE (ONLINESHOP) TERHADAP INTENSI MEMBELI PRODUK SKRIPSI Oleh : Eka Apriliyah Tarwiyanti. 2.
Trihutama, R. P. (2020). Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness , dan Trust Terhadap Behavioral Intention to Use (Studi Pada Pengguna Go-Pay Layanan Go-Jek). 1–15.
Trihutama, R. P. (2020). Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness , dan Trust Terhadap Behavioral Intention to Use (Studi Pada Pengguna Go-Pay Layanan Go-Jek). 1–15.
Tyas, E. I., & Darma, E. S. (2017). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, dan Actual Usage Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi: Studi Empiris Pada Karyawan Bagian Akuntansi dan Keuangan Baitul Maal Wa Tamwil Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 25–35. https://doi.org/10.18196/rab.010103
Wardhani, M. R. T. (2020). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Risk Terhadap Buying Intention Dengan Customer Attitude Sebagai Intervening.
Wulandari, S., Keni, K., & Ping, T. A. (2023). PENGARUH RELATIVE ADVANTAGE DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP ATTITUDE DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL Latar belakang. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 68–79.