PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI (STUDI PRODUK SCARLETT WHITENING)

  • Tiara Marlina Putri Politeknik Negeri Bandung
  • Koernia Purwihartuti Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Scarlett Whitening, Influencer Marketing, Minat Beli

Abstract

Munculnya era digitalisasi modern telah berdampak besar pada bidang pemasaran. Perusahaan berlomba-lomba menunjukkan keunggulan mereka. Guna beradaptasi dengan era yang berkembang pesat ini, banyak perusahaan telah beralih ke pemasaran online sebagai strategi utama. Scarlett Whitening telah menggunakan taktik bermitra dengan influencer media sosial. Dengan memanfaatkan kekuatan pemasaran digital dan konten berkelanjutan yang disediakan oleh para influencer ini, kemungkinan besar merek tersebut akan secara langsung menarik lebih banyak pembeli untuk produknya. Pada tahun ini Scarlet mengalami penurunan penjualan di ecommerce.  Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kondisi serta dampak Influencer Marketing terhadap kecenderungan pembelian produk Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif rasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling.  Ukuran sampel yakni 174 pelanggan sebagai responden. Alat analisis yang digunakan yaitu mean dan regresi sederhana. Dari pengujian hipotesis, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Influencer Marketing dan minat pembelian. Minat beli 63,8% dipengaruhi oleh influencer marketing, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Kondisi Influencer Marketing dan minat beli konsumen produk scarlet whitening dalam kategori baik.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (n.d.). Retrieved May 19, 2023, from https://apji.or.id/berita/d/survei-apji-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Asmara, A., & Elfiandri, E. (2022). Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Uin Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(6), 342–360. https://doi.org/10.24014/JRMDK.V3I6.16253
Asyikin, N., & Heryenzus, H. (2023). Pengaruh Iklan, Persepsi Kualitas Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Scarlett Di Batam. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 640-648.
Brown, D. (2018). Influencer Marketing: Building Brand Awareness and Sales. New York: Routledge.
Cahya, H. M. (2022). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Di Media Sosial. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38287
Chinomona. R, (2013). The Influence of Brand Experience On Brand Satisfaction, Trust and Brand Affects to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty, Journal of Marketing Vol. 65.
Google Trends. Scarlett Whitening, Influencer Marketing - Explore (n.d.). Retrieved June 20, 2023, from https://trends.google.com/trends/explore?geo=ID&q=Scarlett%20Whitening,influencer%20marketing&hl=en
Hariyanti, N. T., & Wirapraja.A.(2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Jurnal Eksekutif Institut Infromatika Indonesia Surabaya, 15(1), hlm.141
Hasibuan, M. Z., & Siregar, H. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo. Jurnal Mutiara Manajemen, 6(1), 18–24. https://doi.org/10.51544/JMM.V6I1.2116
Helmi. (2015). Perilaku Konsumen: Minat Beli (Vol. 5). (N. Mahanani, Ed.) Jakarta, Indonesia: ERLANGGA.
Hutabarat, J. R. (2020). Pengaruh Influencer Marketing Pada Produk Eiger Sebagai Strategi Pemasaran Era Modern Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa Di Kecamatan Medan Timur).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles Of Marketing Eighth Europe An Edition. Www.Pearson.Com/Uk
Jurnal, H., Uyuun, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174. https://doi.org/10.55606/JEMPPER.V1I2.390
Prasetya, A. Y., Astono, A. D., & Ristianawati, Y. (2021). Analisa Strategi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media, Online Advertising Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(2), 138. https://doi.org/10.36694/jimat.v12i2.357
Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 192-204.
Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 M, Scarlett Terfavorit. (n.d.). Retrieved June 20, 2023, from https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/
Pudrianisa, S. L. G. (2022). Pengemasan Iklan Makro Influencer Scarlett Whitening Di Tiktok Untuk Membangun Brand Awareness. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 2(2).
Sandy, A. R., & Ernungtyas, N. F. (2020). Manajemen Hubungan Influencer Media Sosial: Kesadaran Pengikut Dewi Sandra Akan Dukungan Niat Beli Wardah. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 5(2), 204-221.
Scarlett Whitening - See The Beauty In Everyday Things. (n.d.). Retrieved May 19, 2023, from https://ScarlettWhitening.com/
Stevani, N., & Junaidi, A. (2021a). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita pada Instagram. Prologia, 5(1), 198–203. https://doi.org/10.24912/PR.V5I1.10121
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Tanwar, A. S., Chaudhry, H., & Srivastava, M. K. (2022). Trends in influencer marketing: a review and bibliometric analysis. Journal of Interactive Advertising, 22(1), 1-27.
We are social (Hootsuite): Indonesian Digital Report 2023 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta. (n.d.). Retrieved June 20, 2023, from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Published
2024-07-04
How to Cite
Tiara Marlina Putri, & Koernia Purwihartuti. (2024). PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI (STUDI PRODUK SCARLETT WHITENING). Journal of Social and Economics Research, 6(1), 698-712. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.355